Asal Usul Thiwul Makanan Khas GunungKidul

Wisata Kuliner – Masing- masing daerah mempunyai makanan khas sendiri. Di Yogyakarta selain gudeg juga masih terdapat makanan khas asal Gunungkidul yaitu Thiwul. Makanan satu ini sudah melegenda sejak dulu bagi msyarakat Jawa, khususnya di Gunungkidul dan Yogyakarta.

Asal Usul Thiwul

Tiwul adalah makanan tradisional dari Gunung Kidul yang terbuat dari olahan singkong. makanan ini sangat unik, selain rasanya yang sangat khas, Tiwul ini juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Makanan ini sudah terkenal sejak jaman dahulu dan menjadi salah satu warisan kuliner bagi masyarakat Yogyakarta, terutama daerah Gunung Kidul.

Tiwul termasuk makanan yang sangat bersejarah karena sudah ada sejak jaman dahulu. Menurut sejarahnya, pada jaman penjajahan dulu makanan ini dijadikan makanan pokok bagi masyarakat dan dimakan bersama lauk pauk serta sayuran. Setelah jaman penjajahan pun, makanan ini masih tetap berfungsi sebagai makanan pokok apabila stok beras habis sebelum masa panen.

Tiwul dibuat melalui beberapa proses. Dalam proses pembuatannya, singkong di kupas dan di jemur hingga kering. Singkong yang sudah kering tersebut oleh masyarakat Jawa biasa di sebut dengan gaplek. Gaplek ini kemudian ditumbuk hingga halus dan menjadi seperti tepung. Lalu tepung tersebut di kukus hingga matang dan menjadi Tiwul. Dalam penyajiannya, biasanya Tiwul di sajikan dengan ditaburi parutan kelapa. Namun bisa juga di sajikan bersama dengan lauk pauk atau sambal.

Tiwul memiliki rasa yang sedikit manis dan memiliki aroma alami dari singkong, sehingga memiliki cita rasa yang khas pada makanan ini. Selain itu teksturnya yang pulen dan menggumpal memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Tiwul ini dipercaya sangat berguna bagi tubuh kita, karena mempunyai kandungan kalori yang lebih rendah dari pada nasi. Tiwul ini juga dapat mencegah penyakit seperti maag dan penyakit perut lainnya.

Selain di Gunung Kidul, Tiwul ini juga telah menyebar ke berbagai tempat di Yogyakarta. Makanan ini sangat mudah kita temukan di pasar – pasar tradisional. Selain itu banyak juga warung makanan khusus yang menjajakan makanan satu ini, dan penyajiannya pun lebih bervariatif dengan cara yang lebih modern. Nah bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, makanan satu ini tentu sangat menarik untuk di coba.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com