paket wisata jogjaBAHAYA PANTAI YANG HARUS DIPERHATIKAN

Berlibur ke Pantai – Siapakah diantara Anda yang mempunyai hobi berlibur ke pantai? Sejenak menangkan pikiran Anda di pinggir pantai, atau bahkan bermain pasir dan air di tepi pantai. Namun tahukah Anda, segala hal yang ada di laut dan pantai, memiliki potensi untuk mencederai Anda. Bahkan pasir putih yang terlihat lembut dapat membuat Anda terluka. Karena itu, meski sedang dalam suasana seru, dan terhipnotis oleh pesona pantai, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai.

Perhatikan Hal Ini Ketika Anda Berlibur ke Pantai

Pertama, kondisi pantai itu sendiri. Pantai yang landai belum tentu seluruhnya aman. Ada beberapa bagian pantai yang terlihat seperti pasir biasa tetapi sangat rapuh sehingga ketika diinjak, orang bisa terperosok dan terseret ke laut.

Karena itu, Anda perlu mengawasi daerah sekeliling pantai. Perhatikan rambu-rambu atau tanda bahaya di pantai dan jauhi area tersebut. Sebagai contoh, jika ada tanda larangan berenang atau bermain di area pantai tertentu, sebaiknya taati. Kawasan pantai yang memiliki air tenang bisa jadi bagian bawahnya berarus kuat dan berbahaya jika berenang di sana.

Kedua, ombak. Pantai landai dengan ombak tenang memang memanjakan. Anda dan keluarga bisa bermain air sepuasnya. Akan tetapi, ingatlah jika tiap pantai memiliki waktu pasang dan surut. Saat surut, ombak pantai lebih tenang dan pantai lebih dangkal. Namun, ketika pasang tiba, arus air dan gelombang bisa lebih besar dan kuat.

Untuk orang dewasa, laut pasang di pantai dangkal tidak masalah. Akan tetapi, jika anak Anda masih di bawah umur 10 tahun atau bahkan balita, sebaiknya carilah tempat yang aman ketika laut mulai pasang. Anda bisa mengakalinya dengan mengajak anak istirahat sebentar untuk minum atau makan camilan.

Ketiga, hewan laut yang berbahaya. Contoh yang paling sering dijumpai adalah bulu babi dan ubur-ubur. Sengatan bulu babi atau ubur-ubur bisa membuat kulit tubuh terluka. Bahkan, untuk sengatan spesies tertentu, sengatan hewan laut bisa berakibat fatal karena mengandung bisa. Untuk itu, pastikan terlebih dulu anak-anak bermain di kawasan pantai yang aman.

Jika ada anggota keluarga yang tersengat bulu babi atau ubur-ubur, jangan tunda-tunda lagi. Segeralah bawa orang yang terluka ke pusat kesehatan setempat, baik puskesmas, dokter praktik, ataupun rumah sakit. Penanganan yang cepat bisa mengantisipasi masalah kesehatan yang serius.

Hati-hati pula terhadap jenis ikan tertentu. Beberapa ikan laut yang tampak tidak berbahaya bisa menyengat atau menggigit jika merasa terancam. Untuk itu, pastikan terlebih dulu kawasan pantai aman. Caranya bisa dengan menanyakan pada penduduk setempat atau pemandu wisata tentang kondisi pantai dan hal-hal yang harus dihindari.

Keempat, batu karang yang tajam. Bebatuan karang tampak elok dan megah jika berukuran besar. Jika anak Anda tergolong hiperaktif, awasi mereka ketika tiba-tiba menaiki batu karang. Beberapa hewan bercangkang sering menempel pada batu karang sehingga kaki yang telanjang bisa terluka ketika tergoreng cangkang tersebut. Pastikan mereka berhati-hati dan Anda berada di dekatnya ketika mereka memanjati bebatuan karang.

Namun, beda lagi jika batu karang terbenam dalam air pantai. Batu karang dalam air laut relatif lebih aman karena biasanya terselimuti oleh ganggang atau lumut sehingga lunak ketika diinjak. Meskipun demikian, tetaplah berhati-hati dan awasi anak-anak Anda. Bebatuan berlumut dan berganggang bisa jadi sangat licin. Anak pun bisa tergelincir, terjatuh, dan terkena batu karang yang tajam. Untuk itu, sediakanlah obat-obatan untuk luka gores.

Setiap destinasi wisata menyimpan risikonya sendiri, termasuk pantai. Jadi, ke mana pun tujuan wisata Anda, pastikan untuk selalu berhati-hati. Jangan lupa pula untuk selalu menghormati alam, termasuk dengan menjaga kelestarian dan kebersihannya. Ajari anak untuk tidak membuang sampah sembarangan ketika berada di alam.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com