Anda pasti sering berbelanja oleh – oleh jika mengunjungi suatu tempat wisata atau dimanapun. Pastinya banyak sekali penjual oleh – oleh tersebut yang menjajakan barang dagangannya dan berlomba – lomba untuk mendapatkan pembeli. Sehingga mereka menawarkan barang dagangannya dengan harga yang rendah hingga harga yang fantastis. Tentunya jika anda ingin membeli perhatikan juga kualitas barang tersebut, dan jangan lupa juga untuk menawar barang yang anda pilih. Karena bisa saja harga yang ditawarkan memang di bandrol dengan harga tinggi, akan tetapi sebenarnya harganya jauh lebih terjangkau. Nah, berikut ini tips untuk menawar barang yang akan anda beli:

1. Bersikaplah Yang Ramah Kepada Penjual

Tips cara menawar barang yang pertama adalah Anda harus bersikap ramah kepada para penjual. Hal ini penting dilakukan, karena dengan sikap yang ramah tentu akan mendekatkan diri Anda kepada penjual. Siapa pun akan senang apabila ada orang lain yang bersikap ramah kepadanya. Bukan tidak mungkin, dari sinilah awal pertemanan Anda untuk mendapatkan teman baru.

2. Berkomunikasi Dengan Baik

Tips cara menawar barang berikutnya adalah Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik saat akan membeli barang di tempat wisata belanja. Jangan gugup dan jangan terbata-bata saat Anda hendak menawar dan memilih barang. Berkomunikasilah dengan baik dan bersuara yang jelas saat negosiasi berlangsung. Hal ini juga akan memberikan suasana yang tenang.

Dengan berkomunikasi secara baik, Anda akan menjalin hubungan yang baik pula kepada para penjual. Lain waktu, jika Anda kembali ke tempat tersebut, bisa saja ada harga khusus untuk Anda. Jika memang Anda kurang bisa berkomunikasi dengan baik, tidak ada salahnya Anda meminta bantuan teman atau saudara yang ikut berbelanja saat itu.

3. Tentukan Pilihan Barang Yang Akan Di Beli

Saat bernegosiasi dan membeli barang, ada baiknya Anda menentukan pilihan terlebih dulu. Jangan gegabah untuk membeli banyak barang saat wisata belanja. Dengan menentukan pilihan, tentunya Anda akan menekan biaya yang harus dikeluarkan, kecuali jika memang dompet Anda tebal.

4. Ajaklah Teman Asli Daerah

Tips cara menawar barang yang keempat adalah mengajak teman yang berasal dari daerah yang sedang kita kunjungi. Tips ini cocok untuk berbelanja ke tempat wisata belanja yang berupa pasar-pasar tradisional di wilayah setempat. Jika Anda berbelanja sendirian, para penjual tersebut mungkin akan mematok harga yang tinggi.

Dengan mengajak teman asli daerah setempat, Anda akan mendapat harga yang jauh lebih murah. Ya, teman anda akan menawar dengan bahasa daerah dan dapat membeli barang-barang incaran Anda dengan harga yang terjangkau. Teman Anda tentunya sudah lebih paham tentang harga dan kualitas barang-barang ditempat tersebut.

5. Berbagi Info Dengan Sesama Wisatawan

Berbagilah info tentang harga barang dengan sesama wisatawan atau teman yang sama-sama sedang berbelanja saat itu. Jangan sungkan berbagi info yang Anda dapatkan dengan orang lain, karena pasti kita juga akan mendapat timbal balik dari orang lain berupa info yang belum diketahui. Dengan berbagi, justru kita akan mendapatkan semakin banyak info. Demikian sekilas info wisata tentang tips cara menawar barang saat wisata belanja, semoga bermanfaat.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com