Candi Abang Di Yogyakarta

Wisata Sejarah – Di Yogyakarta mempunyai destinasi wisata yang bersejarah dan juga mempunyai objek wisata menarik lainnya. Salah satunya adalah Candi Abang, candi ini memang tidak terlalu terkenal seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Candi Ratu Boko. Candi Abang tidak seperti candi – candi pada umumnya, karenan ketika wisatawan sampai di candi tersebut, tidak akan melihan bangunan candi yang megah. Akan tetapi, candi abang tersebut masih tertutup oleh bukit yang mirip dengan bukit teletubies.

Letak dan Lokasi Candi Abang

Candi Abang berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto Kecamatan Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yang unik dari Candi Abang adalah material Candi yang tidak seperti candi-candi pada umumnya yang dibuat dengan bahan batu Andesit, Candi yang berukuran sekitar 36 x 34 meter ini terbuat dari semacam batu bata merah. Itulah yang mendasari penamaan Candi ini. (Abang dalam bahasa jawa artinya merah)

Seiring dimakan usia, material candi Abang mulai melapuk dan ditumbuhi oleh rerumputan sehingga sekarang lebih mirip bukit berbentuk piramid.

Sejarah Candi Abang

Tentu ada latar belakang istimewa dari candi ini yang menarik untuk digali, tapi sayangnya catatan sejarah mengenai Candi Abang masih kurang terdokumentasi. Sekelumit fakta sejarah tentang Candi Abang yang diketahui, Candi ini merupakan Peninggalan Agama Hindu.

Mitos Seputar Candi Abang

Ada mitos menarik mengenai Candi ini. Masyarakat sekitar percaya bahwa Candi ini ditunggui oleh Kyai Jagal yang merupakan sesepuh pelindung daerah sekitar Candi Abang dari Kerusakan dan bencana. Itulah mengapa, konon pada jaman penjajahan Jepang Candi ini sering dijadikan tempat berlindung oleh masyarakat sekitar.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com