Objek wisata pantai di gunungkidul tidak pernah ada habisnya. Banyak sekali pantai – pantai yang menawarkan pesona keindahannya termasuk pantai sundak ini. Wisata Pantai Sundak bersebelahan dengan objek wisata pantai kukup, pantai krakal, pantai drini, pantai baron. Selain mempunyai keindahan alamnya, ternyata pantai ini juga menyimpan legenda atau cerita.

Sebelum disebut pantai sundak, dulunya panai ini bernama Wedimbedah yang berarti pasir yang terbelah.  Karena pada waktu musim hujan, air dari daratan akan mengalir ke pantai dan membelah pasir yang dilewatinya sehingga menjadi sungai kecil. Nama pantai tersebut kemudian diubah sekitar tahun 1976 menjadi Sundak karena ada sebuah cerita yang benar-benar terjadi yang melatar belakangi penamaan tersebut, yaitu karena terinspirasi dari perkelahian dua hewan yaitu anjing (asu) dan landak.

Cerita ini berawal ketika anjing dari penduduk setempat sedang berlarian mencari makan dibibir pantai. Sampai akhirnya anjing tersebut menemukan landak di goa yang terbentuk dari bongkahan karang besar tak jauh dari pantai ini. Selanjutnya terjadilah perkelahian antara kedua binatang itu dan selanjutnya anjing tersebut bisa memenangkan perkelahian tersebut dan berhasil memangsa si landak tersebut. Arjasangku sang pemilik anjing tersebut heran melihat anjingnya keluar dari goa tersebut sambil membawa potongan tubuh landak tersebut dalam keadaan basah kuyup. Tidak disangka ternyata si anjing selain menemukan landak di dalam gua juga menemukan sumber mata air. Ceritapun menyebar ditengah keadaan penduduk setempat yang kekeringan. Mulai saat itu nama pantai Wedimbedah diganti dengan nama Sundak dan wisatawan yang berkunjungpun semakin ramai.

Pantai Sundak menyuguhkan pemandanagan dan suasana yang istimewa diantaranya tebing karang yang berada di sisi timur dan barat. Pasir putih terhampar bersih menambah indahnya pemadangan di pantai ini. Keistimewaan lainya dari pantai ini adalah terdapatnya karang-karang kecil yang tersebar sampai sekitar 30 m dari bibir pantai. Karang-karang tersebut permukaannya tidak kasar akan tetapi halus dan akan terasa lembut di kaki karena permukaan dari karang tersebut di diselimuti tumbuhan laut menyerupai rumput.

Sambil terus menikmati keindahan pantai ini anda bisa mencoba mengunjungi warung-warung makan terdekat. Sebagian besar warung-warung tesebut menyediakan menu makanan ikan bakar, nasi rames dan mie ayam. Anda biasa mencoba mengunjungi sebiah warung yang letaknya paling selatan menjorok ke bibir pantai. Menunya dengan warung makanya lainya sama akan tertapi bila kita bisa berkunjung diwarung ini kita dapat melihat pemandangan di laut lepas.

Lokasi

Pantai Sundak terletak di dusun Pule Gundes, desa Sidoharjo, Tepus Gunungkidul.

Akses

Apabila anda akan menggunakan kendaraan umum, anda bisa mencari bus di Giwangan. Selanjutnya setelah perjalan sekitar 1 jam, maka sampailah anda di pasar Wonosari. Setelah itu menaiki bus kecil jurusan pantai Baron atau Krakal. Selang 40 menit kemudian sampailah anda di Pantai Sundak.

Fasilitas

Terdapat warung atau kedai untuk makan para wisatawan yamh menyajikan menu masakan ikan. Selain itu kawasan ini menyediakan fasilitas kamar mandi dan musholla.

Penginapan ditempat ini belum tersedia, akan tetapi dapat anda temukan di sebelah barat pantai Sundak yakni di pantai Kukup, Krakal atau pantai Baron.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com