Selain Gunungkidul dan Bantul, Kulonprogo juga mempunyai keindahan wisata alam yang sangat menawan, yang sangat terkenal adalah kalibiru. Namun, di Kulonprogo juga terdapat objek wisata Hutan Mangrove yang menjadi sorotan wisatawan. Hutan mangrove ini terletak di Wana Tirta, Pasir Mendit, Kulonprogo, Yogykarta, tepatnya terletak di tepian anak Sunga Bogowonto. Hutan ini memiliki spot foto yang sangat terkenal, yaitu jembatan api -api.

Selama ini Kabupaten Kulonprogo sering diabaikan oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Mereka lebih memilih untuk mengunjungi Sleman, Bantul, maupun Gunungkidul. Padahal, jika mau bertualang sedikit saja maka kamu bisa menemukan spot-spot wisata yang sangat menarik dan tentu saja fotogenic. Salah satu destinasi yang mulai ngehits adalah Hutan Mangrove Wana Tirta di daerah Pasir Mendit, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo ini terletak di pesisir Selatan Kulonprogo, membentang tak jauh dari Jalan Raya Daendles Selatan. Dari arah Pantai Glagah, kamu cukup berjalan ke barat menuju arah Purworejo. Nantinya sebelum perbatasan Yogyakarta – Purworejo (DIY – JATENG) akan ada penunjuk arah menuju tempat ini.

Sesuai dengan namanya, hutan mangrove, maka kawasan ini dipenuhi dengan tajuk mangrove mulai dari yang masih pendek hingga yang lumayan tinggi. Namun sebaiknya kamu jangan membayangkan hutan mangrove yang rapat dan penuh dengan vegetasi seperti di luar Pulau Jawa. Hutan Mangrove Wana Tirta di Kulonprogo ini areanya tidak terlalu luas dan tidak terlalu rapat.

Sejak jaman dulu tempat ini merupakan ekosistem mangrove alami yang ada di Yogyakarta. Namun Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo ini sempat rusak parah akibat penebangan liar. Warga kerap menebang pohon mangrove guna dijadikan kayu bakar. Mengingat pentingnya keberadaan mangrove sebagai benteng penjaga pesisir dari abrasi air laut, maka ada sekelompok orang yang berinisiatif untuk menghijaukan kembali kawasan ini. Mereka pun mulai menanam berbagai jenis mangrove di tepian Sungai Bogowonto.

Kini hasil kerja keras mereka mulai terlihat, pohon mangrove nan rimbun sudah berdiri berderet-deret di bantaran sungai. Di titik-titik tertentu pohon itu mulai rimbun dan membentuk lorong-lorong gua yang bisa dijadikan lokasi trekking. Untuk mempercantik kawasan ini, beberapa kelompok juga membuat titian bambu, jembatan bambu, saung, serta aneka hiasan menarik yang indah digunakan background foto. Kini tempat yang dulunya terbengkalai sudah berubah menjadi destinasi wisata cantik dan wajib kamu sambangi saat berkunjung ke Yogyakarta.

Lokasi dan Akses Menuju Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo

Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Dari pusat kota Yogyakarta bisa ditempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah. Dari Yogyakarta silakan menyusuri jalan menuju Wates, Kulonprogo. Setelah tiba di Wates lanjutkan perjalanan menuju Pantai Glagah. Sebelum tiba di TPR Glagah, kamu akan menjumpai jalan besar yang dikenal dengan nama Jalan Daendles. Silakan belok kanan dan susurilah jalan tersebut ke arah barat.

Setelah bertemu Jembatan Sungai Bogowonto (perbatasan Kulonprogo dan Purworejo), arahkanlah pandanganmu ke kiri jalan. Begitu menemui SD Jangkaran, pelankan kendaraanmu. Tak jauh dari situ kamu akan bertemu dengan pertigaan kecil menuju kawasan Hutan Mangrove. Ikutah jalan tersebut ke selatan. Nanti akan ada banyak petunjuk arah yang memandumu.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo

Berhubung kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulonprogo ini terbagi menjadi beberapa blok yang dikelola oleh kelompok wisata yang berbeda-beda, maka tiket masuknya pun beragam. Jika ingin masuk ke kawasan hutan yang dikenal dengan keberadaan Jembatan Siapi-api kamu cukup membayar Rp 4.000 per orang. Sedangkan jika ingin masuk ke kawawasan hutan mangrove Wanatirta yang lebih lebat tiket masuknya sebesar Rp 3.000 per orang. Tarif naik kapal sebesar Rp 5.000 per orang.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com