Info Tiket Masuk Gembira Loka Zoo

Wisata Edukasi – Di Yogyakarta terdapat kebun binatang yang sudah dikenal sejak lama. Kebun binatang tersebut bernama Gembira Loka Zoo. Gembira Loka Zoo merupakan sepotong rimba di tengah Kota Yogyakarta. Di tempat ini kamu tidak hanya bisa menyaksikan aneka satwa atau merasakan sejuknya suasana hutan yang dipenuhi pohon-pohon tinggi, tapi kamu juga bisa menjajal berbagai wahana permainan air seperti speed boat dan banana boat.

Kalau kamu mencari tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi oleh wisatawan segala usia, maka Kebun Binatang Gembira Loka alias Gembira Loka Zoo adalah jawabannya. Sebagai one stop recreation, Gembira Loka Zoo terus menerus memperbaiki dirinya supaya tidak membosankan bagi siapapun yang berkunjung.

Kebun binatang yang pembangunannya digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1993 ini sudah mengalami perjalanan yang cukup panjang. Pada tahun 70-an, Gembira Loka Zoo sempat berada di puncak kejayaan dengan jumlah pengunjung nyaris 2 juta orang. Bahkan kebun binatang ini juga menjadi lokasi penangkaran komodo di luar habitat aslinya yang paling berhasil sehingga mendapatkan penghargaan pada Konferensi Komodo Dragon tahun 1998 di Thoiry, Paris.

Namun seiring berjalannya waktu Gembira Loka mengalami penurunan. Hewan-hewan pun banyak yang tak terawat. Puncak dari keterpurukan Gembira Loka adalah pada saat terjadinya gempa bumi tahun 2006. Banyak fasilitas yang hancur dan dibiarkan begitu saja. Gembira Loka mati suri. Berkat keteguhan hati pengelolanya, pada tahun 2009 Gembira Loka pun bangkit lagi dan muncul dengan semangat baru. Menggandeng pihak swasta, Kebun Binatang Gembira Loka mengubah dirinya menjadi Gembira Loka Zoo.

Pulau buatan di Danau Mayang Tirta yang sempat hancur dibangun ulang dan diubah menjadi café terbuka berbentuk perahu. Danau Mayang Tirta juga dikembangkan sebagai lokasi wahana permaian air yang akan menantang adrenalin pengunjung. Tak harus jauh-jauh pergi ke Bali, kini kamu bisa bermain speed boat dan banana boat di Gembira Loka Zoo. Atau jika datang bersama rombongan keluarga, kamu bisa naik kapal katamaran yang mampu menampung lebih banyak orang.

Hewan-hewan yang dulunya lemas dan tak bersemangat kini terlihat ceria. Kandang-kandang dibenahi, fasilitas dilengkapi, dan zona-zona baru dibangun. Jika dulu kamu hanya menyaksikan hewan yang itu-itu saja (orang utan, buaya, gajah, rusa, kudanil, zebra, siamang, dll), kini koleksi hewan di Gembira Loka Zoo semakin bertambah. Aneka reptil, burung nan cantik, hingga penguin Afrika bisa kamu jumpai disini.

Area Gembira Loka Zoo dialiri sungai di tengahnya dan dipenuhi pohon-pohon rindang berusia tua. Tak heran jika suasananya sangat sejuk, bahkan menyerupai suasana rimba raya. Bagi kamu yang narsis dan hobi upload foto ke akun social media, kamu tak perlu khawatir. Gembira Loka Zoo telah dilengkapi dengan free WiFi area. Jadi kamu bisa mengunggah foto-foto piknikmu secara live. Asyik kan?

Resto dan cafe ini berada di atas bangunan berbentuk kapal di tengah-tengah danau Gembira Loka Zoo. Dari atas kapa inil, kamu bisa memandang-mandang sekeliling Gembira Loka Zoo yang asri sekaligus melepas lelah setelah berkeliling kebun binatang. (Benedictus Oktaviantoro/Maioloo.com)

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Gembira Loka Zoo

  • Interaksi Dengan Satwa
    Namanya saja kebun binatang, tujuan utama datang kesini tentu saja melihat binatang dong. Gembira Loka Zoo memiliki beragam satwa yang bisa kamu saksikan secara dekat baik yang ada di balik kandang maupun yang dibiarkan di luar kandang. Bahkan untuk hewan-hewan yang diluar kandang kamu juga bisa memegangnya dan foto bersama. Satwa tersebut antara lain aneka burung, kura-kura, serta beberapa jenis ular. Kamu tak usah khawatir akan diserang, sebab ada pawang yang menjaga hewan-hewan tersebut. Kapan lagi coba bisa foto bersama ular berukuran besar?
  • Melihat Pertunjukan Satwa Pintar
    Pada jam-jam tertentu di Gembira Loka Zoo terdapat pertunjukan satwa pintar yang dilangsungkan di tempat khusus. Berbagai satwa akan menghiburmu dengan tingkah polahnya yang lucu dan menggemaskan. Satwa-satwa tersebut antara lain burung kakaktua yang pandai berhitung, orang utan naik sepeda, berang-berang bermain bola, hingga beruang madu yang malas. Kamu tak perlu membayar tiket khusus untuk melihat pertunjukan ini, alias gratis.
  • Mengunjungi Museum
    Tak jauh dari pintu masuk Gembira Loka Zoo terdapat museum yang menampilkan koleksi deorama serta flora dan fauna yang diawetkan lengkap dengan keterangannya. Dengan mengunjungi museum ini kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru.
  • Terapi Ikan
    Kalau kamu merasa capek, mungkin kamu bisa mencoba terapi ikan. Cara terapi ini adalah dengan memasukkan kedua kakimu ke kolam yang dipenuhi ikan kecil. Nantinya ikan-ikan itu akan menggigit kakimu. Sensasinya geli-geli gimana gitu. Yang pasti setelah terapi ini kakimu menjadi segar dan kulit mati yang menempel hilang karena sudah dimakan ikan.
  • Naik Taring
    Taring alias transpor keliling merupakan wahana menyerupai kereta kelinci yang akan mengitari area Gembira Loka Zoo. Dengan naik Taring kamu tidak perlu capek-capek berjalan kaki. Taring ini tersedia dalam 2 pilihan tiket, yakni satu setop dan multi setop.
  • Naik Sepeda Tandem
    Naik sepeda itu hal yang biasa. Tapi jika naik sepeda tandem di bawah pepohonan rindang di tepi danau sambil melihat aneka satwa hanya bisa kamu lakukan di Gembira Loka Zoo. Selain seru, tentunya badan juga lebih bugar.
  • Naik ATV
    Pengen seru-seruan naik ATV? Bisa banget. Di Gembira Loka Zoo terdapat sirkuit ATV dengan medan yang berkelok-kelok. Kamu harus lincah saat menarik gas atau menginjak rem supaya tidak bertabrakan dengan ATV yang dikendarai pengunjung lain.
  • Naik Kapal Katamaran
    Kapal Katamaran merupakan primadona bagi pengunjung. Kapal yang dilengkapi dengan LCD ini bisa menampung lebih dari 20 orang. Naik kapal katamaran mengitari Danau Mayang Tirta yang sejuk dan asri akan menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan.
  • Bermain Wahana Air
    Di Gembira Loka Zoo kamu tidak hanya bisa melihat aneka satwa, tapi juga bisa seru-seruan mencoba aneka permainan wahana air seperti perahu kayuh, skuter air, dan sepeda air. Jika nyalimu lebih, kamu bisa mencoba speed boat dan banana boat yang akan membuatmu basah kuyup. Khusus untuk anak-anak terdapat permainan perahu senggol di kolam yang lebih kecil.
  • Nongkrong di Cafe Mayang Tirta
    Cafe Mayang Tirta merupakan kafe yang yang terletak di tengah-tengah danau Mayang Tirta. Pulau buatan berbentuk seperti kapal ini terdiri dari beberapa lantai. Kamu bisa nongkrong di cafe ini sambil menikmati suasana Gembira Loka Zoo yang sejuk serta menyaksikan orang-orang yang bermain banana boat atau naik kapal di danau. Pssst, café ini juga asyik dijadikan tempat selfie lho!
  • Hunting Foto
    Memiliki obsesi untuk menjadi fotografer wildlife? Sebelum pergi ke rimba raya yang sesungguhnya, kamu bisa berlatih memotret aneka satwa di Gembira Loka Zoo dulu. Tempatnya yang luas serta satwanya yang beragam membuat aktivitas huntingmu semakin seru. Siapa tau kamu bisa bertemu mbak-mbak cantik atau mas-mas ganteng yang bisa diajak kenalan dan dijadikan model dadakan. Rejeki nomplok kan?

Lokasi dan Akses Gembira Loka Zoo

Kebun Binatang Gembira Loka Zoo terletak di Jl. Kebun Raya No. 2, Kotagede, Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Obyek wisata ini dilalui bus kota jalur 7 dan 4, serta Transjogja jalur 1A dan 1B.

Jam Buka

Gembira Loka Zoo buka setiap hari mulai pukul 07.30 – 17.30 WIB. Sedangkan aneka wahana permainan dibuka mulai pukul 08.30 – 15.30 WIB.

Jadwal Pertunjukan

  • Gelar satwa terampil dan pengenalan perilaku satwa
    Senin – Jumat: pukul 11.00 & 13.00 WIB
    Sabtu: pukul 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 WIB
    Minggu dan hari libur nasional: pukul 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00 WIB
  • Atraksi Gajah: pukul 10.00 WIB (setiap hari minggu dan hari libur nasional)
  • Gajah Tunggang: pukul 09.00 – 15.30 (setiap hari kecuali Jumat)
  • Onta Tunggang: pukul 10.00 – 15.30 WIB (setiap hari minggu dan hari libur nasional)
  • Feeding Time
    Harimau: pukul 12.00 WIB (setiap hari minggu dan hari libur nasional)
    Penguin: pukul 09.30 dan 13.00 WIB (setiap hari minggu dan hari libur nasional)
    Simpanse: pukul 10.30 WIB (setiap hari)
    Arapaima: pukul 11.00 WIB (setiap hari)
    Ular: pukul 11.30 WIB (setiap hari)
    Pecuk Hitam: pukul 11.30 WIB (setiap hari)

Harga Tiket

  • Senin – Jumat: Rp 20.000
  • Sabtu, Minggu/hari libur nasional: Rp 25.000
  • Tiket kapal Katamaran: Rp 10.000
  • Tiket terusan (masuk + naik kapal): Rp 25.000

Semua tiket berlaku untuk anak usia 3 tahun ke atas. Rombongan dengan jumlah minimal 25 orang akan mendapatkan potongan harga jika memberitahukan rencana kunjungan sejak jauh-jauh hari.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com