Ini Dia 15 Jajanan Pasar Di Jogja Yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner – Jogja menjadi destinasi wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan semakin membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjungi objek wisata di Jogja ini. Selain dikenal dengan berbagai objek wisata yang menarik, Jogja juga menawarkan wisata kulinernya. Macam – macam olahan makanan tradisional maupun modern juga tersedia di Jogja. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mencoba kuliner khasnya, salah satunya adalah jajanan pasar khas Jogja. Anda bisa menjumpai makanan khas ini di pasar – pasar yang ada di Jogja.

Berikut Ini Jajanan Pasar Di Jogja Yang Wajib Di Coba:

1. Klepon

Klepon atau menyebut onde-onde manis. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang di buat dengan bentuk menyerupai bola-bola kecil dan di isi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Setelah masak lalu digelindingkan diatas parutan kelapa agar melekat sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Ada sensasi yang cukup ngangenin dari makanan ini yaitu ketika klepon anda makan sehingga sampai pada saatnya rasa manis gula menyembur keluar dari dalam klepon pastinya maknyoss yumi terasa lezat menggoda

2. Cenil

Cenil merupakan makanan yang terbuat dari pati ketela pohon atau istilah lainnya kanji. Makanan ini bisa dibuat dalam bentuk bulat-bulat kecil, kotak atau memanjang kemudian diberi warna sesuai selera, dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir. Warna warni inilah yang akan membuat makanan ini lebih menarik dan pastinya ingin mencoba.

3. Arem-arem

Lemper, cukup familier bagi semua orang karena selalu hadir dalam hidanagan pesta atau hajatan. Lemper adalah penganan yang terbuat dari beras ketan dengan isi abon dan dibungkus dengan daun pisang. Abon yang sering digunakan adalah abon sapi atau ayam, atau bisa menggunakan perpaduan isi, tempe dan ayam, tergantung selera, karena cukup berfariasi.

4. Jadah Manten

Jadah Manten, penganan ini cukup menarik dan khas jogja. Kenapa makanan ini dinamakan jadah manten karena selalu hadir disetiap hajatan manten atau pernikahan. Cara menghidangkannya cukup sederhana, jadah sebelum di santap di bakar dulu menggunakan tungku atau bara api, sehingga akan terasa hangat dan ingin segera di santap, akan lebih nikmat sediakan minuman hangat seperti kopi panas atau teh hangat akan terasa maknyus nikmat menggoda

5. Kipo

Jajan Pasar ini adalah jajanan pasar khas kota gede, jika anda berkunjung ke jogja, jangan lupa mampir ke pasar kota gede, anda akan menemukannya. dari beberapa sumber informasi mengatakan bahwa jajan pasar yang satu ini konon pada jaman dahulu kipo adalah makanan para raja. Bahan yang digunakan untuk membuat kipo adalah beras ketan, gula, santan dan garam

6. Wajik

Wajik, terbuat dari bahan seperti beras ketan, santan dan gula merah, dan biasanya akan berwarna coklat, namun saat ini banyak yang mengkreasikan dengan berbagai warna warni yang menarik, jajanan tradisional ini biasanya menjadi salah satu referensi yang harus dibeli ketika kita berburu jajan pasar, rasanya yang manis, murah, familier dilidah orang jawa menjadi pilihan utama.

7. Sawut

Sawut adalah salah satu jajanan tradisional yang dibuat dari singkong yang diparut kasar, kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah. Kemudian dikukus. Walaupun cara membuatnya tidak selalu sama, tapi pada dasarnya penyajian akhirnya adalah campuran dari ketiga bahan tersebut.

8. Nogosari

Nogosari terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang kemudian di bungkus dengan daun pisang. Nogosari memiliki tekstur khas yang lembut sehingga bisa dikonsumsi oleh siapa saja.

9. Jadah tempe bacem

Jadah tempe menjadi jajanan khas jogja yang cukup populer, makanan ini selain bisa anda temui di pasar-pasar tradisioanal, makanan ini juga menjadi ikon khas jogja terutama jika anda berada ditempat wisata daerah kaliurang, makanan ini menjadi hidangan favorit diantara jajanan yang lain.

10. Geblek tempe benguk Kulonprogo

Makanan asli Kulon Progo ini memiliki warna khas dengan putih. Biasanya disantap dengan tempe benguk atau tempe koro. Cara mengolah geblek sangat unik karena makanan ini digoreng dengan cara dimasukan langsung ke dalam wajan semenjak minyak belum panas, makanan ini terbuat dari bahan dasar pati tapioka atau biasa disebut pati kanji.

11. Tiwul

Makanan ini terbuat dari bahan singkong yang sudah dijemur, kemudian direbus jangan lupa ketika anda menghidngkannya taburi dengan parutan kelapa, cukup tradisional karena makanan ini adalah makanan warisan nenek moyang kita dahulu kala, yang turun temurun hingga generasi kita. Kini thiwul telah bisa diolah menjadi berbagai variasi sesuai dengan selera. Bukan hanya itu saja kalau ingin membeli untuk oleh-oleh ada bentuk instan yang tahan lama

12. Krasikan

Kue tradisional atau jajanan pasar ini sebenarnya mirip dengan jenang di Jawa Tengah  atau dodol di Jawa Barat. Namun perbedaanya jika jenang atau dodol memiliki tekstur kenyal dan lembut, sedangkan krasikan memiliki tekstur yang agak kenyal dan sedikit agak kasar. rasanya yang manis dan cukup murah dibandingkan dengan jajanan modern menjadi salah satu pilihan yang harus anda beli untuk jadi oleh-oleh khas jogja.

13. Lapis

Kue lapis merupakan salah satu jajanan pasar atau jenis makanan tradisional yang banyak digemari. Kue yang satu ini termasuk dalam golongan kue basah yang sangat enak. Selain memiliki rasa yang manis, kue basah ini juga memiliki tekstur yang sangat kenyal. Kue lapis adalah kue yang banyak dijumpai dipasaran terutama pasar tradisional dan toko kue. Kue ini memiliki warna-warni yang menarik sehingga dapat membuat anak, menjadi suka. Tidak hanya untuk anak-anak, karena kue ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun bagi yang menyukainya. Adapun bahan dasar jajan pasar yang satu ini adalah tepung beras, gula pasir, santan kelapa dan pewarna makanan.

14. Apem

Kue apem adalah salah satu jenis kue jajanan pasar yang termasuk dalam golongan kue tradisional asli salah satunya berasal dari jogjakarta. Kue ini memiliki rasa manis yang pas juga banyak digemari oleh semua orang terutama orang jawa. Kue apem terbuat dari campuran tepung beras, tape ketan atau ragi instant dan gula juga bahan pelengkap lainnya. Kue ini biasanya dibuat dengan cara dikukus dengan langseng yang sudah berisi air penas atau air mendidih. Untuk proses pembuatan kue basah ini memang memerlukan waktu yang cukup lama karena setelah pembuatan adonan kue ini tidak langsung dikukus tetapi didiamkan terlebih dahulu sampai mengembang. Setelah itu baru adonan siap kukus.

15. Bakpia

Menurut Wikipedia, Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.
Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam. jajanan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas jogja yang paling diburu, diantara jajanan pasar yang lain.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com