Jembatan Gantung Imogiri Yang Menyimpan Keindahan Alam

Jembatan Gantung Imogiri – Jembatan Gantung Imogiri atau yang sering disebut juga dengan jembatan kuning. JEmbatan ini menghubungkan antara Desa Selopamioro dengan Desa Sriharjo. Awal mulanya jembatan ini bernama jembatan gantung siluk, yang dibuat pada tahunn 2004, terbentang diatas sungai oyo. Jembatan sepanjang 70M dan lebar berkisar 2M ini sebenarnya adalah bukan tempat wisata. Namun yang menjadi menarik disini adalah jembatan ini yang berwarna kuning dengan pemandangan yang sangat indah, sehingga bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Jembatan Kuning Dengan Pemandangan Alam Yang Sangat Indah

Bentuk jembatan gantung yang kalau dilintasi menimbulkan bunyi berkeriut ini sebenarnya bisa dibilang tidak banyak berbeda dengan jembatan gantung pada umumnya. Namun, perpaduan lantai kayu dan besi ber-cat kuning yang sudah mulai memudar dan berkarat justru membuat jembatan ini nampak cantik kalau difoto. Kesan vintage yang diberikan akan membuat komposisi foto menjadi unik.

Karenanya, jembatan ini kerap digunakan sebagai tempat pengambilan foto pre-wedding hingga dijadikan tempat syuting iklan. Untuk berfoto, berjalan-jalan, atau menikmati keindahan alam dari atas Jembatan Gantung Imogiri, anda tidak akan dipungut biaya. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang anda bawa.

jembatan-gantung-imogiri

Tidak hanya jembatan yang insta-friendly, namun pemandangan di sekitar jembatan juga mampu membuat pemburu gambar bahagia mengabadikan keindahan alam yang disuguhkan. Di sekitar jembatan, ada bukit-bukit menghijau, sawah, terasering, dan rumah warga. Sementara di bawah jembatan, mengalir Sungai Oyo yang bisa juga dijadikan tempat untuk berfoto-foto. Apalagi kalau arusnya sedang tidak deras, akan banyak bebatuan terlihat sehingga akan tampak semakin menarik jika difoto.

jembatan-gantung-imogiri

Meskipun awalnya tidak berniat dijadikan tempat wisata, namun melihat antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Jembatan Gantung Imogiri, maka dibentuklah sebuah desa wisata. Nama desa wisata tersebut adalah Srikeminut, yang merupakan akronim dari tiga nama desa di sekitar jembatan tersebut, yaitu Sriharjo, Kedungmiri, dan Wunut. Di desa wisata tersebut, anda bisa menyewa rumah penduduk apabila ingin bermalam di sana.

Selain itu, ada juga wisata air menggunakan ban atau tubing dengan harga IDR35.000 untuk minimal 5 orang dan maksimal 12 orang. Ada pula obyek wisata yang sudah mulai diperkenalkan, yaitu Air Terjun Sangupitu dan Terasering Sangupati.

jembatan-gantung-imogiri

Cara Menuju Jembatan Gantung Imogiri

Letak Jembatan Gantung Imogiri cukup jauh dari pusat kota Jogja, yakni 28 kilometer. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, anda akan lebih mudah mencapainya. Berjalanlah ke arah Jl. Imogiri Timur. Setelah menemui persimpangan di dekat Pasar Imogiri, ambil jalan ke kanan yang mengarah ke Jl. Imogiri – Panggang. Kemudian, ambillah jalan ke kanan dan berjalan sejauh kira-kira 3 kilometer. Begitu menemukan SMP Negeri 2 Imogiri yang letaknya agak masuk atau tidak tepat di pinggir jalan, ambil jalan ke kiri dan berjalanlah terus ke arah timur sejauh 1 kilometer untuk sampai ke Jembatan Gantung Imogiri.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com