Kampung Rawa Ambarawa

Wisata Semarang – Jika anda pergi ke Semarang Jawa Tengah, lebih tepatnya berada di Ambarawa. Anda akan menjumpai wisata yang mempunyai spot foto instagramable. Salah satu objek wisata yang menarik ini adalah kampung apung ambarawa. Kampung apung ssatu ini berlokasi di Kabupaten Semarang, dekat dengan pintu Tol Sentul City.

Konon, Kampoeng Apung Ambarawa atau Kampung Apung Rawapening ini berawal dari danau Rawa Pening. Rawa Pening adalah danau besar yang dahulu merupakan habitat alami banyak ikan. Maka tak heran jika masyarakat sekitar memanfaatkan danau tersebut sebagai sumber mata pencarihan.

Di sisi lain, ada pula yang mengatakan nama Kampung Apung Rawapening di dapat dari penggagas wisata ini. Wisata ini didirikan berkat kerja keras dari sekumpulan kelompok tani Rawapening yang bekerjasama dengan sebuah Koperasi.

Kampung_Apung_Ambarawa

Agrowisata berlatar belakang 5 gunung

Memasuki gerbang utama Kampung Apung Rawapening, anda langsung disambut dengan panorama alam yang asri. Di sepanjang jalan setelah gerbang, terlihat jelas hamparan sawah yang sangat luas. Kesejukan udara semakin terasa ketika ketika menuju kompleks agrowisata ini.  Sawah hijau berpadu dengan dedaunan teh yang berwarna kuning tertata rapi di sepanjang tepian jalan setapak. Ditambah lagi, latar belakang gunung yang terlihat gagah membuat pengunjung serasa kembali ke desa. Setidaknya ada 5 gunung yang mengapit wisata apung ini. Gunung tersebut antara lain Gunung Merbabu, Merapi, Gajah Mungkur, Telomoyo, dan dataran tinggi Ungaran.

Keunikan agrowisata air

Bukan wisata apung namanya jika rumah makan disini berada di darat. Ciri khas agrowisata yang satu ini adalah rumah makannya yang mengapung di atas air. Jadi untuk menikmati hidangan kuliner di sini, anda wajib menyebrangi air menggunakan rakit. Masalah keselamatan, tidak perlu khawatir. Seorang petugas selalu siap di atas rakit untuk mengantarkan pengunjung.

Berada di Rumah Makan Apung, anda akan dimanjakan dengan kuliner yang menggoyang lidah serta pemandangan asri. Rumah makan ini menyajikan beragam kuliner olahan ikan, ayam hingga minuman unik terbuat dari eceng gondok. Sembari menikmati makanan, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sawah yang mengeilingi mengelilingi rumah makan apung ini.

Kampung_Apung_Ambarawa

Fasilitas Kampung Apung Ambarawa

Selain rumah makan, Kampung Ambarawa juga menyediakan fasilitas hiburan keluarga. Diantaranya permainan air seperti becak air, bebek air, becak mini, jetsky, bendi, ATV, perahu kayu, perahu karet, dan pemancingan. Ada juga permainan darat seperti kereta mini, istana balon dan masih banyak lagi.

Kampung_Apung_Ambarawa

Fasilitas menarik lainnya seperti ruang pertemuan dan panggung hiburan juga tersedia disini. Sehingga bagi yang ingin berwisata ramai ramai bersama rombongan tidak perlu khawatir. Ruang pertemuan gaya joglo ini siap menmpung banyak orang. Panggung hiburan yang terletak di area parkir ini juga mampu menghibur anda di acara acara tertentu.

Jika berwisata bersama keluarga maka tak ada salahnya berwisata di pagi hari. Udara pagi yang sejuk sangat cocok untuk si buah hati. Namun jika berjalan jalan dengan kekasih atau seseorang yang spesial maka akan lebih baik datang di sore hari. Karena suasana wisata air Kampung Rawa ini akan berubah menjadi lebih romantis di sore hari.

Saat mengunjungi Kampung Apung, anda hanya akan dikenakan harga tiket masuk sebesar IDR2.500 dengan biaya tambahan IDR90.000 jika ingin menikmati wahana hiburan di hari biasa. Wisata Kampung Rawapening ini juga dekat dengan berbagai lokasi wisata lainnya seperti Benteng Fort William (Benteng Pendem Ambarawa), Eling Bening dan Bukit Cinta.

Menuju Kampung Apung Rawapening

Kampoeng Rawa yang baru diresmikan tahun 2012 ini dapat ditempuh dengan mobil sekitar 1 jam dari kota Semarang. Dari Kota Semarang, melewati jalan tol baru Semarang – Bawen. Kemudian keluar dari pintu tol Bawen, belok ke kanan mengikuti arah menuju Yogyakarta. Setelah itu, menuju Kota Ambarawa melewati Jalan Lingkar Ambarawa. Tidak jauh dari situ akan terlihat gerbang utama lokasi Kampung Rawapening di sebelah kiri jalan.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com