Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal – Pantai Pok Tunggal identik mempunyai pasir berwarna putih serta keadaan alam yang masih terlihat alami mengundang banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjunginya. Pantai ini berada tidak jauh dari pantai pulang syawal atau lebih sering disebut pantai indrayanti. Pantai ini mulai dibuka oleh masyarakat sekitar tahun 2012.

Setiap tahunnya, Pantai Pok Tunggal selalu mengalami peningkatan pengunjung, hal tersebut tidak terlepas dari pengelolaan yang cukup baik dari masyarakat setempat. Masyarakat setempat di Pantai Pok Tunggal yang juga merangkap menjadi pengelola begitu menjaga kebersihan pantai dari yang namanya sampah.

Pihak pengelola atau pun masyarakat setempat tidak akan segan-segan memberikan sanksi berupa denda kepada setiap wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarang atau tidak pada tempatnya. Denda yang diberikan kepada wisatawan yang membuang sampah sebarangan tersebut sebesar Rp 10.000,00.

 

Asal Nama Pantai Pok Tunggal

Nama “Pok Tunggal” diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama dari pohonnya adalah Pohon Duras.

Pohon (Pokok) Duras yang tumbuh di Pantai Pok Tunggal hanya satu buah saja, oleh sebab itu dinamakanlah pantai tersebut dengan nama Pok Tunggal.

Warga setempat sangat menjaga Pohon Duras, oleh sebab itu ketika Anda datang ke Pantai Pok Tunggal tidak melakukan perusakan atas pohon tersebut.

 

Spot Foto Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah sebuah pantai yang mempunyai panjang pantai cukup panjang, selain itu di pantai ini juga terdapat sebuah bukit yang dapat dinaiki oleh wisatawan.

Keindahannya tidak cukup di situ saja, pasir dari Pantai Pok Tunggal ini begitu putih dan bersih ditambah lagi dengan ombak air pantai yang cukup besar.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Pok Tunggal tidak terlewatkan untuk mengabadikan moment plesiran di Pantai Gunung Kidul ini. Selain itu, Pantai Pok Tunggal juga sering dijadikan tempat camping oleh para wisatawan.

Untuk memberikan gambaran mengenai keindahan dari Pantai Pok Tunggal, berikut kami berikan foto-foto yang pernah diambil oleh wisatawan di Pantai Pok Tunggal.

 

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Menginjak umurnya yang ke empat tahun ini, masyarakat sekaligus pengelola Pantai Pok Tunggal terus berbenah dengan selalu memberikan fasilitas-fasilitas umum. Bisa dibilang cukup bagus dan baik fasilitas yang ada di Pantai Pok Tunggal.

Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Pok Tunggal adalah sebagai Berikut:

 

No
Biaya
Harga
1 Toilet Umum Rp 2.000,00 – Rp 3.000,00
2 Parkir Kendaraan Rp 3.000,00 – Rp 15.000,00
3 Payung Pantai Rp 20.000,00
4 Tenda dome Rp 60.000,00
5 Area Camping Rp 5.000,00 – Rp 10.000,00
6 Warung makan Rp 7.000,00 – Rp 20.000,00

 

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com