Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang ada di Gunungkidul Yogyakarta dan merupakan pantai yang berjejeran dengan pantai – pantai yang lainnya dan tidak terlalu jauh jaraknya. Sekilas pantai ini membentang panjang dengan hamparan pasir putih yang indah.

Letak dari Pantai sepanjang ini terdapat di daerah Tanjungsari , Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Pantai ini sangat berdekatan dengan pantai kukup, pantai sanglen, pantai watu kodok, dan pantai drini, yang hanya berjarak sekitar 1 – 8 Km dari pantai lainnya.

Pantai Sepanjang ini sering kali di kaitkan dengan pantai kuta di Bali, dan masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan sebutan pantai kuta tempoe doeloe di Yogyakarta. Karena suasana di Pantai Sepanjang  ini memang seperti di pantai kuta Bali yang terkenal itu. Hamparan pasir putih yang memanjang, dengan ombak yang tidak begitu besar.

Apa yang menarik dari Pantai Sepanjang ?

Pantai Sepanjang ini memiliki keindahan alam yang sangat memanjakan mata anda, nama sepanjang sendiri bukan hanya sekedar nama namun keadaan relief pada pantai ini memang menggambarkan garis bibir pantai yang panjang, bahkan di klaim pantai ini adalah pantai yang memiliki garis bibir pantai terpanjang diantara pantai yang ada di wilayah Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar, ketika sedang pasang pantai ini tak terlihat memiliki batuan karang yang terletak di pinggiran pantai, tetapi jika air ombak sedang surut maka anda akan melihat keindahan batuan karang yang masih alami dan juga air laut berwarna biru, hal tersebut menandakan jika pantai ini belum banyak terjamah dan sangat bersih bebas dari sampah.

Pantai sepanjang sendiri menyediakan gubug – gubug dengan atap menggunakan daun kering untuk beristirahat menikmati indahnya pantai. Masih banyak sekali hewan biota laut yang dapat anda temui disini seperti hewan laut bintang laut, ikan kecil – kecil, bulu babi, anggang laut dan kerang – kerangan, maka tak heran jika sering kali pantai ini di manfaatkan warga sekitar untuk berburu mencari rumput laut, kerang, ikan, bintang laut dan masih banyak lagi.

Keadaan yang alami di pantai sepanjang ini membuat pesona pantai sepanjang semakin menjadi ketika menjelang sore hari, anda dapat menikmati suasana sunset yang elegan di pantai ini dengan duduk di gubug tempat beristirahat. Sangat cocok untuk anda melepas penat kegiatan sehari – hari dan mengurangi stress dengan aktivitas yang padat. Melihat kekaguman sunset di pantai ini akan membuat anda merasa ingin kembali di waktu liburan yang akan datang, tertarik mencobanya?

Jika anda melakukan foto selfie ataupun foto bersama teman – teman, anda akan mendapatkan background dengan hamparan pasir pantai yang luas. Sehingga akan memperindah foto anda. Nahh.. untuk foto ini, sebaiknya anda menghindari memotret sinar matahari. Akan lebih bagusnya lagi jika anda yang menghadap ke sinar matahari.

Akses Menuju Pantai Sepanjang

Lokasi dari pantai sepanjang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, kurang lebih 65 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 Jam 30 Menit jika keadaan tidak macet.

Dari pusat kota menggunakan jalan Imogiri barat – diteruskan menuju jalan Siluk Panggang terus lurus ke arah tenggara – hingga tertuju ke jalan Pantai sel. Jawa, jika sudah menjumpai pantai sel. Jawa sebaiknya bertanya pada masyarakat sekitar agar tidak menyesat.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi agar lebih sederhana dan juga bebas, tetapi jangan khawatir jika anda berlibur ke kota Yogyakarta tidak menggunakan kendaraan pribadi. Disini anda dapat menggunakan jasa sewa motor jogja atau jasa sewa mobil Jogja untuk mempermudah anda melakukan liburan ke tempat wisata yang dapat anda kunjungi di Yogyakarta.

Fasilitas Pantai Sepanjang

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap seperti fasilitas yang terdapat di pantai lainnya, seperti Toilet, lahan parkir yang luas, Restoran dan rumah makan yang menyediakan sajian kuliner khas Jogja, Seafood, Western food dll, hingga tempat penginapan seperti hotel.

Harga Tiket Masuk Pantai

Harga tiket masuk pantai sepanjang sama dengan pintu masuk Pantai di Gunungkidul

TPR ( Tempat Pemungutan Retribusi ) = Rp 10.000 / org

Parkir mobil Rp. 5.000

Parkir Motor Rp. 2.000