Paket Wisata BantulPaket Wisata Bantul
Forgot password?

Kunjungi Wisata Museum Sisa Hartaku Merapi Jogja

Kunjungi Wisata Museum Sisa Hartaku Merapi Jogja

Kunjungi Wisata Museum Sisa Hartaku Merapi Jogja

Wisata Sejarah – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif. Salah satunya adalah Gunung Merapi yang terletak di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Pada 5 November 2010 merapi mengalami letusan yang sangat dahsyat sehingga membuat daerah di sekitar merapi mengalami hujan abu serta turunnya awan panas. Daerah terparah yang terkena efek awan panas adalah Dusun Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. kejadian ini menjadi duka mendalam bagi Jogjakarta dan Indonesia. Bencana ini menelan korban tewas kurang lebih 200 orang dan 800 luka-luka.

Masih beberbekas di ingatan kita, kejadian Gunung Merapi pada 5 November 2010. Erupsi Gunung Merapi yang meluluhlantahkan daerah Sleman, Jogjakarta. Gunung Merapi memuntahkan lava pijar yang muncul hampir bersamaan dengan keluarnya awan panas pada pukul 12 siang lebih 5 menit 40 detik, kejadian ini menjadi duka mendalam bagi Jogjakarta dan Indonesia. Bencana ini menelan korban tewas kurang lebih 200 orang dan 800 luka-luka.

Letusan abu panas Gunung Merapi mengahguskan segalanya tanpa terkekecuali, masih banyak manusia yang terjebak dan dan meninggal di tempat, banyak ternak sapi, kerbau kambing dan lainya yang mati karena abu panas dan gas beracun, rumah-rumah, ladang dan sawah warga semua diselimuti oleh abu yang sangat tebal. Banyak benda-benda dan perabot rumah tangga yang meleleh akibat abu panas. Dari banyaknya sisa harta masyarakat yang terkena bencana ini, maka dibangunlah semuah museum sederhana yang di kelola oleh warga sekitar, museum ini dinamakan, Museum Sisa Hartaku. Museum ini ber isikan foto-foto kejadian pada saat Merapi meletus dan barang-barang rumah tangga peninggalah warga yang terkena bencana, ada pula fosil hewan ternak yang mati karena letusan Merapi. Benda-benda ini menjadi saksi bisu bagaimana dasyatnya erupsi Merapi.

Museum Sisa Hartaku Merapi Jogja

Ada banyak barang-barang yang terpampang di meseum ini, seperti televisi atau komputer yang sudah meleleh, ada pula kerangka motor bebek yang sudah berkarat dan masih diselimuti opleh bekas debu Merapi. Saat kita masuk Museum ini kita akan disambut oleh beberapa bangkai sapi yang sudah menjadi tulang belulang, ada juga sisa peninggalan gamelan yang sudah rusak, banyak botol-botol, kendi, penggorengan yang sudah habis dilalap abu volcano. Dari museum ini kita bisa merasakan kepedihan yang meninpa Jogjakarta 7 tahun silam, kesedihan akan terasa pada saat melihat barang-barang yang meleleh akibat letusan Merapi. Untuk Berkunjung ke Museum Sisa Hartaku Merapi Jogja tidak dipingun biaya, hanya saja jika kita mau meberi cuma-cuma kita bisa memberikan uang kita di kotak amal yang tersedia. Jika kita ingin melihat kembali atau mendengar cerita pada saat detik-detik Merapi membuktikan kuasanya, datanglah ke Museum Sisa Hartaku Merapi Jogja, dan belajarlah dari sini bahwa alamt tidak pernah main-main, alam tidak hanya untuk dimanfaatkan tapi untuk dijaga dan dilestarikan.

Lokasi Museum Sisa Hartaku

Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55583

Jam Operasional: 8 pagi sampai jam 5 sore

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com

About Author

230 Posts

You Might Also Like This

Leave a Comment

Your email address will not be published. All fields are required.

WhatsApp chat