Manfaat Wisata Budaya Untuk Anak

Wisata Budaya – Indonesia memiliki berbagai ragam kekayaan budaya. Ngara Indonesia memiliki 34 Propinsi dengan berbagai ragam budaya. Pada dasarnya Indonesia merupakan Negara yang kaya akan seni dan budaya. Saat ini wisata budaya sudah cukup digemari oleh masyarakat untuk mempelajari lebih bayak lagi tentang budaya di masing – masing daerah di Indonesia. Wisata budaya memiliki beberapa manfaat diantaranya.

1. Melestarikan budaya

Manfaat wisata budaya yang pertama tentu saja berhubungan dengan budaya. Dengan melakukan wisata budaya atau mengunjungi objek wisata budaya, tentu saja wisatawan bisa turut ambil bagian dalam usaha pelestarian budaya tersebut, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Wisatawan yang datang pastilah memiliki tujuan tertentu. Namun apapun tujuannya, kehadiran mereka ke sebuah objek wisata budaya sudah merupakan salah satu upaya yang baik untuk terus melestarikan budaya yang ada. Hal ini akan membantu bangsa untuk mewariskan budayanya secara turun temurun.

2. Menambah wawasan kebudayaan

Selain bermanfaat untuk melestarikan budaya tertentu, wisatawan yang datang ke sebuah objek wisata budaya sudah pasti memiliki keuntungan bisa menambah wawasan mengenai kebudayaan sebuah daerah atau wilayah secara langsung. Misalnya orang yang datang ke sebuah candi, maka dia pasti akan bisa mempelajari segala seluk beluk candi beserta latar belakang kisahnya. Mereka tentu akan mendapatkan wawasan yang lebih luas dari objek wisata yang dikunjunginya dalam hal kebudayaan yang ada.

3. Mempelajari sejarah

Salah satu jenis wisata budaya adalah wisata sejarah. Dengan melakukan wisata sejarah, tentu wisatawan akan bisa mempelajari sejarah bangsa secara lebih langsung. Misalnya dengan mengunjungi museum, maka wisatawan bisa menelusuri kisah sejarah serta menemui bukti-bukti otentik yang ada di dalam museum tersebut. Hal ini akan membuat wisatawan mampu memahami mengenai sejarah sebuah lokasi. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya. Dan cara untuk menghormati sejarah salah satunya bisa dilakukan dengan wisata budaya.

4. Mengangkat citra bangsa

Seperti yang dijelaskan di atas, bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak budaya dan juga kesenian yang patut untuk dipelajari. Indonesia juga memiliki banyak suku, dan setiap suku pasti memiliki budaya yang berbeda. Kekayaan Indonesia ini lah yang banyak menyedot perhatian turis asing dari berbagai negara. Saat ini, sudah mulai banyak turis dari luar negeri yang datang ke Indonesia dengan tujuan untuk mempelajari budaya, seni, sejarah, bahkan bahasa Indonesia. Tentu saja kondisi ini secara tidak langsung akan mengangkat citra bangsa Indonesia di kancah internasional. Lama kelamaan nama Indonesia akan dikenal oleh banyak negara.

5. Memupuk rasa cinta tanah air

Untuk wisatawan lokal pun, wisata budaya akan mampu memupuk rasa cinta kepada tanah air. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Demikian juga dengan budaya bangsa. Jika tidak kenal, mana mungkin rasa cinta pada budaya bisa meningkat. Sebaliknya, jika mengenal budaya bangsa, maka rasa cinta pada tanah air itu akan meningkat. Dan salah satu cara untuk mengenal budaya atau tanah air adalah dengan berwisata dan melihat secara langsung bagaimana budaya yang ada di masing-masing daerah.

6. Memperkukuh jadi diri

Budaya bangsa merupakan jati diri bangsa. Dan jati diri bangsa haruslah kuat. Jika jati diri kuat, maka identitas bangsa juga akan kuat dan mudah dikenali. Orang-orang dari luar negeri yang datang ke Indonesia pasti sudah memahami mengenai hal ini. Namun, orang-orang Indonesia sendiri bahkan kurang mengenal jati diri bangsanya sendiri. Maka dari itu, wisata budaya merupakan salah satu jembatan bagi wisatawan lokal untuk bisa memperkokoh jati diri bangsa, sehingga bangsa memiliki identitas yang tidak dimiliki oleh negara lain.

7. Mempererat persahabatan antar bangsa

Jika banyak turis asing yang datang ke Indonesia, bukan hanya ekonomi saja yang meningkat, melainkan juga persahabatan antar bangsa bisa terjalin dengan baik. Hal ini akan mempengaruhi citra Indonesia di mata dunia, dimana Indonesia akan terlihat sebagai negara yang ramah.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com