Mengunjungi Kebun Teh Nglinggo

Wisata Alam –  Wisata alam tidak hanya terdapat di Kota Bantul saja, di Kulonprogo juga pun masih tersimpan banyak wisata alam yang wajib di kunjungi oleh wisatawan. Salah satu wisata alam di Kulonprogo adalah Kebun Teh Nglinggo, pada awalnya belum banyak orang yang mengetahui bahwa di perbukitan atau pegunungan Menoreh Kulonprogo terdapat kawasan perkebunan teh. Kebun Teh Nglinggo ini resmi dibuka sebagai obyek wisata sejak dibentuknya Desa Wisata Nglinggo oleh masyarakat sekitar. Kebun Teh Nglinggo atau dulu dikenal dengan Tanah Misi berada di dalam wilayah dusun Nglinggo, desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Kebun teh ini terletak pada ketinggian sekitar 900-1000 meter dari permukaan air laut.

Lokasi Kebun Teh Nglinggo berada di ujung utara Pegunungan Menoreh yang masih masuk wilayah kabupaten Kulon Progo. Jarak dari pusat kota Yogyakarta menuju perkebunan teh ini sejauh 40 km dengan medan jalan menanjak. Akses jalan terdekat melewati jalan penghubung antara Dekso dengan Samigaluh yang juga mengarah ke Puncak Bukit Suroloyo. Sedang jalan alternatif lain sedikit memutar melewati Goa Kiskendo terlebih dahulu baru menuju ke arah Samigaluh. Rute perjalanan menuju Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo dimulai dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat dengan rute Tugu – Ringroad Barat – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Kenteng. Dari Perempatan Kenteng yang terdapat lampu lalulintasnya ambil ke arah kanan hingga perempatan Dekso yang terdapat tugu dibagian tengah. Dari perempatan Dekso ambil jalan ke arah kiri dan ikuti jalan terus hingga tiba di pertigaan Pasar Plono yang terdapat tulisan arah menuju Desa Wisata Nglinggo. Ikuti papan petunjuk arah yang tersedia hingga tiba di lokasi.

Gerbang masuk Kebun Teh Nglinggo adalah desa wisata Nglinggo yang mengelola wisata di sekitar kawasa tersebut. Pengunjung yang memasuki wilayah desa wisata tersebut ditarik retribusi masuk oleh pengelola kawasan wisata. Daya tarik wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Nglinggo saat ini ada dua macam yaitu Air Terjun Grojogan Watu Jonggol dan Kebun Teh Nglinggo. Beberapa puluh meter setelah melewati gerbang masuk, terdapat jalan bercabang dan pilihlah jalan menuju ke arah Kebun Teh Nglinggo. Kondisi jalan perlahan-lahan cukup menanjak tajam dan mulai terlihat area perkebunan teh di tepi jalan. Kendaraan pengunjung dilarang berhenti disembarang tempat dan telah disediakan lahan parkir di sekitar area kebun teh.

Area Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo tidak seluas perkebunan teh milik PTPN atau milik perusahaan yang luas areanya mencapai puluhan bahkan ratusan hektar. Jangan dibayangkan Kebun Teh Nglinggo memiliki pemandangan perkebunan teh yang luas seperti perkebunan teh Puncak atau perkebunan teh Kemuning. Kawasan Kebun Teh Nglinggo hanya menempati area tanah beberapa hektar saja dan dikelilingi oleh kebun tanaman lain milik penduduk setempat. Rencana kedepannya akan dilakukan perluasan kawasan kebun teh dengan bekerjasama dengan pemilik lahan atau pemilik tanah.

Sempitnya kawasan Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo tidak mengurangi keindahan yang dipancarkan oleh perkebunan teh tersebut. Letaknya yang berada di ujung utara Pegunungan Menoreh memberikan daya tarik alam yang berbukit-bukit dan tidak kalah menarik dibandingkan kebun teh yang lain. Pengunjung dapat menemukan bukit dan lembah yang dipenuhi oleh tanaman teh sama seperti di perkebunan teh yang lain. Selain itu dari kawasan Kebun Teh Nglinggo dapat melihat beberapa puncak gunung besar seperti puncak Gunung Merapi dan Gunung Sumbing. Hanya saja dari puncak perbukitan kebun teh tidak dapat melihat pemandangan Candi Borobudur dari atas ketinggian seperti pada Puncak Bukit Suroloyo yang letaknya berdekatan.

Lahan tanaman teh yang dikembangkan di kawasan Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo merupakan milik masyarakat sekitar atau milik pribadi. Tidak seperti perkebunan teh lain yang hampir seluruhnya merupakan milik perusahaan atau tanah negara. Namun demikian perusahaan pengolahan teh yang menampung hasil pemanenan teh di Kebun Teh Nglinggo tetap memantau dan memberikan pelatihan kepada pemilik lahan tanaman teh.

Pengunjung yang berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo pada pagi hari akan melihat aktivitas memetik daun teh yang dilakukan para petani. Aktivitas memanen atau memetik daun teh dilakukan setelah matahari terbit dan sebelum sinar matahari menyengat. Aktivitas memetik daun teh ini berakhir ketika karung yang dibawa petani telah penuh atau cahaya matahari mulai menyengat, tinggal mana yag lebih dahulu. Daun teh yang dipanen tersebut langsung dibawa menuju pabrik pengolahan teh atau UP Samigaluh yang letaknya berada di sebelah bawah Kebun Teh Nglinggo.UP (Unit Produksi) Samigaluh yang merupakan bagian dari PT Pagilaran diresmikan pada tahun 1987 oleh menteri pertanian Republik Indonesia. UP Samigaluh berada di desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo. Unit produksi ini memiliki luas PIR teh 200 Ha dan luas PIR- Kakao 9.850. Kapasitas produksi mencapai 5.000 Kg pucuk/hari dengan produk utama adalah teh hijau kakao bean dan teh melati.

Unit Produksi Samigaluh menghasilkan beberapa jenis produk teh yang dijual ke pasar lokal dan ekspor. Pengunjung Kebun Teh Nglinggo dapat mencicipi sajian teh hasil olahan pabrik tersebut di warung-warung yang tersebut di sekitar perkebunan teh. Disamping itu pengunjung juga dapat mencicipi teh yang diolah secara tradisional oleh masyarakat Nglinggo yang dikenal dengan nama Teh Sangit Nglinggo.

Di sekitar kawasan Kebun Teh Nglinggo terdapat beberapa puncak bukit yang menarik untuk didaki sebut saja Puncak Gunung Kukusan dan Puncak Gunung Jaran. Selain itu terdapat pula wisata air terjun Grojogan Watu Jonggol dengan medan jalan setapak yang cukup menantang. Bila belum puas dengan daya tarik Kebun Teh Nglinggo, pengunjung dapat mengunjung perkebunan teh lain yang lokasinya berdekatan bernama Kebun Teh Tritis.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com