Misteri Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Misteri Pok Tunggal –  Pantai pok tunggal merupakan salah satu destinasi wisata Pantai di Gunungkidul Yogyakarta yang keberadaannya belum banyak di ketahui oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Adrenalin anda akan di uji sebelum menuju pantai Pok Tunggal ini, karena akses jalan ini cukup terjal dan juga curam. Terutama saat 2 kilometer sebelum menuju tempat wisata pantai ini, jalan dengan tikungan yang tajam, batu karang raksasa yang terlihat akan tertimpa batuan karang tersebut, hingga jalanan yang relatif sempit untuk dilalui.

Pantai Pok Tunggal terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Seruni, letaknya di masih di sekitaran Gunung Kidul, Yogyakarta. Banyak sekali di daerah Gunung Kidul ini tempat wisata alam pantai, salah satunya adalah pantai Wedi Ombo, pantai Sadranan, Pantai Siung dan pantai lainnya yang tersebar di kawasan Gunung Kidul.

 

Sejarah Pantai Pok Tunggal

Pantai Poktunggal merupakan kawasan pantai yang tidak pernah di”jamah” oleh manusia. Disuatu hari wilayah Desa Tepus mengalami kekeringan yang sangat panjang, dengan demikian daerah tersebut kekurangan air. Dari kejadian itu, ada salah satu warga yang mempunyai inisiatif untuk mencari sumber mataair yang ada dikawasan selatan, karena masyarakat tersebut beranggapan disebelah utara karena sudah tidak ada tanaman yang bisa tembuh.

Setelah beberapa hari mencari dan berjalan di bagian selatan, secara tidak sengaja masyarakat tersebut sampai lokasi dimana yang sekarang tepat di mataair “TUK”. Air tersebut diambil secara terus menurus selama kemarau oleh warga Desa Tepus. Masyarakat selain mengambil air, juga melihat pantai yang sangat indah. Kemudian tokoh masyarakat Desa Tepus melihat memberi nama Pantai tak jauh dengan nama mataair yaitu dengan nama “Poktunggal”. Poktunggal artinya “HANYA SATU” , Maksudnya hanya satu yaitu mataair yang terdapat pada wilayahnya hanya “satu” yang berada di bagian “bawah (Pok)” Desa Tepus.

Berawal dari hal tersebut Pantai Poktunggal, dari awal ditemukan sampai tahun 2000-an belum mengalami berubahan yang banyak dari segi infrastruktur. Mulai Tahun 2005 masyarakat telah membuka Pantai Poktunggal untuk umum. Sampai sekarang berkembang sebagai destinasi yang sangat bagus yang berada di Gunungkidul.

 

Apa yang menarik dari Pantai Pok Tunggal?

Jika pantai Indrayanti terkenal dengan suasana kebersihan pantai dan pemandangan yang memukau, maka Pantai Pok Tunggal memiliki ciri khas yaitu pohon Duras besar yang cukup unik, karena pohon ini terletak di area tengah pantai dan hanya berdiri tegak tunggal. Pohon ini juga menjadi ikon Pantai Pok Tunggal.

Mitos dari masyarakat sekitar jika pohon Duras ini sulit sekali untuk tumbuh dan berkembang, maka satu – satunya pohon Duras di pantai ini di rawat dan di jaga masyarakat sekitar.

Menurut masyarakat sekitar, pohon tersebut adalah pohon yang memberikan gambaran. Jika pohon sedang subur maka masyarakat sekitar pun ikut subur, jika pohon tersebut sulit berkembang maka masyarakat pun ikut merasakan kesulitan dalam bentuk ekonomi.

Maka tak heran jika pohon Duras tersebut dianggap sebagai keramat, dan terus menjaga nya agar tetap subur. Jangan sekali – kali anda mencoba untuk menaiki pohon ini karena anda akan mendapat teguran keras dari para penjaga pohon ini di sekitaran pantai.

Selain itu, Pantai Pok Tunggal ini pun menyajikan keindahan alam yang tidak bisa di ungkapkan oleh kata – kata, untuk sebuah gambaran pantai ini memiliki luas pantai yang tidak terlalu luas ditaburi oleh pasir putih pantai dan lautan lepas berwarna biru jernih.

Relief dari jarak yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai seperti perbukitan yang sedikit menanjak kemudian turun, hal ini memberikan pesona pantai tersendiri dari Pantai Pok Tunggal. Anda juga dapat memesan payung untuk menikmati suasana pantai tanpa kepanasan, yang dapat menampung 2 hingga 3 orang.

Terdapat pula batu karang raksasa di sebelah timur dan barat pantai Pok Tunggal, yang bisa anda gunakan untuk melakukan aktivitas berfoto dengan view yang elegant, terlebih jika anda mengambil foto disaat cakrawala akan terbenam. Layak anda abadikan.

Menjelang malam tiba, anda dapat menyewa tenda yang tersedia pada pengelola pantai, dan membuat tenda senyaman mungkin di pinggir pantai. Tidak lengkap rasanya jika tidak membuat api unggun, sambil bernyanyi dan tertawa, membuat suasana semakin hangat.

Selain itu, anda juga dapat memesan ikan pada masyarakat sekitar untuk menikmati malam anda di pantai. Buat api unggun dan bakar – bakar ikan, sangat seru bukan?? Yupp… Anda harus mencobanya!

senja-di-pantai-pok-tunggal

 

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com