PANTAI PARANGKUSUMO, PANTAI CINTA YOGYAKARTA

Pantai – Pantai Parang Kusumo ini memang tidak seramai pantai yang lainnya. Terlebih suasana di sekitar pantai yang terbilang sepi. Namun Pantai ini memiliki keistimewaan yang mana terdapat legenda yang hidup di kalangan masyarakat Yogyakarta khususnya dan juga Jawa mengenai Ratu Laut Kidul yang dikenal sebagai penguasa Laut Selatan yang membantu untuk memberi legitimasi pada kekuasaan Raja-Raja Mataram sejak jaman Panembahan Senopati hingga sekarang ini. Legenda ini lah yang menjadi salah satu satu keistimewaan dari Parang Kusumo ini. Terlepas dari semua legendanya, pantai ini memiliki keistimewaan mulai dari ombak yang cukup tenang, pasir pantai yang sangat halus dan bersih, dan masih banyak lagi.

Lokasi

Pantai Parangkusumo merupakan obyek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Bantul, berjarak sekitar 30 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Tidak terdapat pembatas yang jelas bila kita lihat dari bibir pantainya. Hanya dibagian tepi daratnya terdapat bangunan yang berbeda. Pantai ini secara administratif berada di desa yang sama dengan Pantai Parangtritis, yaitu Desa Parangtritis, Kretek, Bantul Yogyakarta.

Akses

Akses ke Pantai Parangkusumo ini bisa dengan kendaraan pribadi roda 2 ataupun 4 dengan rute Jalan Parangtritis yaitu dari Pojok Beteng Wetan lurus ke Selatan. Atau dengan kendaraan umum dari Terminal Giwangan menggunakan bus jurusan Jogja-Parangtritis dan turun ke sub terminal Parangtritis dengan biaya sekitar Rp. 15.000,-

Cara menuju Pantai Parangkusumo

Dari Jalan Malioboro lurus – Perempatan Titik Nol km belok kiri – Perempatan Gondomanan belok kanan ke Jalan Brigjen Katamso – Perempatan Jalan Parangtritis lurus – Ikuti terus Jalan Parangtritis – Perhatikan terus papan penanda sampai ke Pantai Parangkusumo.

Harga Tiket

Berhubung pantai ini masih satu kawasan dengan pantai Parangtritis maka retribusi masuk ke pantai ini tidak ada karena sudah termasuk retribusi saat masuk ke pantai Parangtritis. Biaya yang akan anda keluarkan sebatas parkir kendaraan dimana anda akan menaruh kendaraan anda tersebut.

Tiket masuk Rp. 3.000,- per orang

  • Tarif masuk motor Rp.1.000,-
  • Tarif masuk mobil Rp.5.000,-
  • Tarif parkir motor Rp. 2.000,-
  • Tarif parkir mobil Rp. 5.000,-
  • Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
  • Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang cukup lengkap antara lain : penginapan atau losmen, toilet umum, masjid, rumah makan dan beberapa kios yang menjual bebagai macam souvenir maupun pakaian. Fasilitas lainnya dipantai ini terdapat menara pengawas dan tim SAR yang selalu berjaga di pantai untuk memberi peringatan bila ada pengunjung yang berenang terlau ketengah. Saat ditepi pantai sambil menikmati keindahan ombak yang bergulung-gulung, anda juga bisa menyewa kereta kuda dengan tarif sekitar Rp.20.000, sekali keliling pantai Parangkusumo.

Batu cinta berbalut mistis

Penamaan batu cinta didasari dari adanya 2 buah batu yang dipercaya menjadi lokasi pertemuan Ratu Pantai Selatan dan Panembahan Senopati. Kedua batu ini tepatnya berada di dalam area Cepuri yang diyakini sebagai pintu gerbang masuk ke kerajaan Ratu Kidul.

Dikisahkan jika suatu hari, Panembahan Senopati sedang melakukan semedi di batu gilang besar (sebelah utara). Panembahan Senopati melakukan pertapaan dengan tujuan meminta bantuan Ratu Kidul untuk menjadi pemimpin Kerajaan Mataram.

pantai-parangkusumo-yogyakarta

Tak disangka, Sang Ratu pun datang menghampiri Panembahan Senopati dan duduk di batu gilang sebelah selatan. Menurut legenda yang dipercaya masyarakat, Ratu Pantai Selatan jatuh cinta pada Panembahan Senopati. Sehingga disetujuilah keinginan Panembahan Senopati untuk memimpin Mataram dan bersedia melindungi kerajaan, dengan syarat mau menjadi suaminya.

batu-cinta-pantai-parangkusumo-yogyakarta
Panembahan Senopati menyetujuinya asalkan dalam pernikahan itu tidak menghasilkan keturunan. Begitulah cerita yang beredar di turun-temurun bagi masyarakat Jawa khususnya Yogyakarta. Kentalnya aura mistis di batu cinta ini semakin kentara saat anda mencium aroma dupa, kemenyan, dan bunga yang diletakkan di sekitar kedua batu gilang ini.

Berbagai ritual hingga kegiatan seru di Parangkusumo

Karena Pantai Parangkusumo dikenal sebagai pantai sakral, beberapa ritual tak pernah absen dihelat di sini. Beberapa di antaranya adalah Upacara Melasti, Labuhan dan Labuhan Ageng, semedi, dan tirakatan. Acara-acara ritual itu diadakan baik oleh masyarakat setempat maupun atas utusan Keraton Yogyakarta. Anda juga berkesempatan menyaksikan ritual labuhan ketika berkunjung di tanggal-tanggal yang dianggap keramat oleh masyarakat Jawa, seperti Selasa dan Jumat Kliwon maupun 1 Suro.

pantai-parangkusumo-yogyakarta

Terlepas dari mitos yang beredar dan berbagai ritual yang digelar, Pantai Parangkusumo juga terkenal dengan pesona sunset yang indah. Pesona ombak bergulung di garis pantai yang panjang, dan pasir yang halus bagaikan beludru hitam menjadikannya pantai yang unik dan melankolis. Di pantai yang termasyur karena cerita Nyi Roro Kidul ini, anda bisa menikmati beberapa fasilitas untuk sekaligus merasakan keseruan bermain di sini. Di Pantai Parangkusumo, anda bisa menyewa ATV yang dihargai IDR50.000/15 menit atau menaiki kereta kuda seharga IDR20.000/sekali putaran. Karena sudah banyak dikunjungi, Pantai Parangkusumo memiliki fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap. Anda akan dengan mudah menemukan penginapan, masjid, toilet umum, rumah makan, serta beberapa kios yang menjajakan bermacam cinderamata untuk dibawa pulang. Tim SAR juga selalu berjaga dan mengamati pengunjung baik di Pantai Parangkusumo maupun Parangtritis.

pantai-parangkusumo-jogja

gumuk-pasir-pantai-parangkusumo-yogyakarta

Jauh-jauh sampai Pantai Parangkusumo rasanya sayang jika tak sekalian sandboarding ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Anda bisa bebas merasakan berseluncur dengan papan di atas pasir atau sekadar berfoto. Gumuk pasir ini memiliki jenis pasir barchan yang sebetulnya adalah sebuah keajaiban berada di daerah tropis. Terlebih Gumuk Pasir adalah lokasi sandboarding satu-satunya di Asia Tenggara. Karena keunikannya ini, beberapa artis, perusahaan iklan, majalah, dan penyanyi turut memanfaatkan lokasi ini untuk melakukan syuting maupun pemotretan. Anda mungkin hanya akan dikenakan biaya sekitar IDR3.000 Sayang sekali ‘kan untuk dilewatkan?

 

 

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0888 0289 8802 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com