Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul ini merupakan bagian dari kawasan Pantai Wediombo yang belum lama dikembangkan menjadi objek wisata. Pemandangan pantai ini terbilang unik karena berupa pantai berkarang dimana terdapat batuan yang menjorok ke tengah laut membentuk daratan seperti pulau kecil yang konon katanya terbentuk dari letusan gunung api purba jutaan tahun yang lalu.

Pantai Watu Lumbung berada di kawasan Gunung Batur, Dusun Widoro, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Lokasi Pantai Watu Lumbung Gunungkidul berada di area sebelah barat Pantai Wediombo. Keberadaan pantai ini jarang diketahui wisatawan dan rata-rata orang yang mengenal pantai ini para penghobi memancing di laut. Akses menuju Pantai Watu Lumbung dengan melewati jalan cor semen ke arah kanan dari pos retribusi masuk Pantai Wediombo yang lama. Jalan setapak yang ada telah diperlebar dan saat ini dapat dilalui kendaraan beroda empat hingga mendekati lokasi. Namun banyak orang belum mengetahui kondisi jalan yang baru tersebut dan masih menganggap akses menuju kawasan tersebut masih sulit.

Batuan yang berada di tepi Pantai Watu Lumbung bukan merupakan batu karang berkapur melainkan batu yang terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Hal ini tampak dari bentuk batu yang bulat dan lonjong seperti batu-batu kali atau batu-batu pasir di tambang pasir lereng gunung berapi.

Area tepi Pantai Watu Lumbung sepenuhnya berupa batuan karang berwarna putih bercampur kecoklatan. Jangan harap menemukan pantai berpasir putih di kawasan pantai ini karena tidak akan menemukannya. Sebagian batu tampak basah karena sebelumnya air laut mengalami pasang. Saat kondisi surut, kawasan pantai Watu Lumbung tampak jelas keindahannya.Belum banyak penelitian mengenai kawasan Pantai Watu Lumbung sebagai salah satu pantai yang terbentuk akibat letusan gunung api purba jutaan tahun yang lalu. Pantai Watu Lumbung diapit Gunug Api Purba Batur dan area Pantai Wediombo. Pantai Watu Lumbung yang masuk dalam kawasan Geopark Wediombo (Geopark Gunung Sewu) seharusnya lebih dikembangkan sebagai kawasan konservasi dan penelitan ketimbang kawasan wisata.

Antara pantai dan Watu Lumbung terdapat area karang dangkal sepanjang 20-30 meter dimana kawasan tersebut akan tenggelam saat air laut pasang. Andrenalin pun sedikit muncul ketika menyebrangi lautan yang surut dimana bisa saja tiba-tiba muncul ombak besar tidak terduga karena ciri khas pantai selatan yang berhadapan langsung dengan samudera.

Posisi Pantai Watu Lumbung menghadap ke arah selatan cukup sulit digunakan untuk menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) ataupun terbenam (sunset) . Namun keunikan Pantai Watu Lumbung menjadikkannya sebagai salah satu spot foto favorit para pemburu foto alam (landscape).

Di sekitar kawasan Watu Lumbung terdapat bekas-bekas peralatan memancing sehingga membuktikan dugaan kami bahwa tempat ini merupakan salah satu lokasi pemancing di tepi pantai atau laut. Dataran di Watu Lumbung sepenuhnya adalah batu lava yang mengeras dari gunung api purba. Sebagian diantaranya tampak sebagai patahan lempeng yang memanjang. Saat mengelilingi Watu Lumbung tidak sengaja kami bertemu dengan pemancing yang kebetulan sedang mencari ikan di tepi karang.

Kawasan Pantai Watu Lumbung memang terlihat menarik dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini terlihat dengan sedikitnya bekas-bekas kunjungan wisatawan seperti sampah yang berserakan. Kawasan ini tampak bersih dan alami karena belum mengalami pembangunan apapun. Ditambah lagi suasana alam disekitar yang masih kelihatan alami dimana masih tumbuh vegetasi tanaman khas tepi pantai. Tidak ketinggalan kami mendengar kicauan burung-burung liar dan monyet kecil yang berlarian di sisi tebing sebelah barat.

Perlahan-lahan pasti keindahan Pantai Watu Lumbung pasti akan dikenal wisatawan dan menjadi destinasi favorit di Gunungkidul. Apalagi ada yang menyebut Pantai Watu Lumbung mirip dengan Pantai Pulau Merahdan Pantai Papuma Jember sehingga ada yang mengibaratkan sebagai Pantai Papumanya Jogja.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com