Gumuk Pasir Parangkusumo ini terletak di dekat Pantai parangtritis dan Pantai Depok, tempat ini mirip dengan gurun sahara. Sehingga menjadi tempat wisata yang diburu anak muda untuk melakukan kegiatan sandboarding di gurun tersebut. Keberadaan gurun pasir mini di Yogyakarta ini sebenarnya ini tidak lepas karena keberadaan Gunung Merapi, Gunung Merbabu yang ada di bagian Utara Yogyakarta. Selain itu eksistensi Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis juga ikut menyumbang terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk pasir ini memang karya seni yang dibuat secara alami oleh alam. Kalian pasti terkesima, ketika pertama kali memasuki kawasan gumuk pasir di dekat Parangtritis ini. Kalian akan melihat lautan pasir luas dengan hiasan berupa gundukan-gundukan pasir alami dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki gundukan pasir dengan ketinggian berbeda – beda.

Disebutkan kalau Gundukan pasir yang terkumpul disini adalah merupakan material yang berasal dari abu vulkanik Gunung Merapi. Aneh kan? Tetapi yang jelas material vulkanik dari gunung yang berada di utara yogyakarta tadi terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis.

Material vulkanik tersebut terbawa hingga lautan, dan terombang-ambing oleh ombak laut selatan yang ganas tanpa arah. Kemudian, perlahan tapi pasti material tadi hancur, menjadi lebih tipis dan berubah menjadi debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai. Yang terjadi kemudian, debu tadi diterbangkan oleh angin.

Proses tadi terjadi secara perlahan dan terus-menerus dan membentuk Gumuk Pasir Parangkusumo. Iya, proses alamiah tadi adalah kreasi alam yang berupa gundukan pasir yang terkumpul di daratan sepanjang pantai Parangtritis hingga Pantai Depok. Setelah bertahun – tahun, Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut akhirnya semakin melebar meninggi karena tiupan angin sepanjang tahun. Gumuk Pasir Parangkusumo ini benar – benar mirip dengan Gurun Sahara.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com