Sejarah Candi Sewu Yogyakarta

Wisata Candi – Wisata candi di Jogja tidak hanya di Candi  Borobudur dan Candi Prambanan saja. Di Jogja ternyata mempunyai banyak sekali candi yang penuh dengan sejarah dan legenda masing – masing, sehingga daya tarik itulah yang membuat para wisatawan tertarik. Nah, di area kompleks Candi Prambanan juga terdapat beberapa candi, salah satunya adalah Candi Prambanan yang berlokasi di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Sewu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti seribu (1000). Berdasarkan cerita rakyat Candi Sewu mempunyai 1000 buah candi. Cerita rakyat mana yang dimaksud? Anda tentu familiar dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso kan?

Legenda Roro Jonggrang di Candi Sewu

Candi_Sewu

Konon, Candi Sewu merupakan saksi bisu perjalanan cinta Sang Puteri Roro Jonggrang. Kisah cinta Roro Jonggrang memang terbilang sangat fenomenal, tak heran jika legenda ini dikisahkan kembali dalam bentuk novel, film maupun drama. Legenda ini berawal dari kematian ayahanda Roro Jonggrang, Prabu Boko yang keji.  Prabu Boko gugur di medan perang akibat serangan dari Pangeran Bandung Bondowoso.

Tidak lama setelah kejadian itu, Pangeran Bandung Bondowoso bertemu dengan Roro Jonggrang. Paras cantik jelita Roro Jonggrang membuat Pangeran Bandung Bandowoso terpikat, hingga akhirnya sang Pangeran membulatkan tekad untuk melamarnya. Namun, Roro Jonggrang yang masih berduka dan mengetahui kenyataan bahwa Bandung Bandowoso telah membunuh ayahnya, memilih menolak lamaran itu.

Roro Jonggrang yang tidak ingin menyakiti perasaan Bandung Bandowoso menolak lamaran tersebut dengan memberikan persayaratan mustahil yakni membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Sayangnya, dengan kekuatan sakti, Bandung Bondowoso memanggil makhluk halus untuk membantu pembangunan 1000 candi sehingga dapat diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

Roro Jonggrang yang khawatir akan terwujudnya 1000 candi membangunkan ayam-ayam agar berkokok sebagai pertanda matahari terbit. Mengira matahari telah terbit, para jin segera pergi hanya dengan meninggalkan 999 candi. Bandung Bandowoso yang mengetahui kecurangan Roro Jonggrang, merasa murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi untuk melengkapi candi yang ke-1000.

Fakta menarik seputar candi Buddha terbesar No.2 di Indonesia

Pulau Jawa memang memiliki ribuan bangunan kuno seperti tempat persembunyian zaman penjajahan, tempat keagamaan, relief, dan yang tak kalah penting ialah candi. Di Pulau Jawa, anda akan menemukan candi bercorak Hindu maupun Buddha. Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia dan Candi Prambanan sebagai candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Sejarah membuktikan bahwa dahulu, keberagaman budaya dan agama di Indonesia bisa disikapi dengan sangat baik. Sebagai contohnya, di sekitar candi Hindu Prambanan terdapat pula beberapa kompleks candi Buddha – Candi Sewu. Candi Sewu ini merupakan candi buddha terbesar di Indonesia setelah Candi Borobudur.

Candi berbentuk persegi panjang ini memiliki luas 185 x 165 meter persegi dengan empat pintu masuk di setiap sisinya. Namun, berdasarkan tata letak bangunan maka pintu masuk candi berada di sisi sebelah timur. Memasuki area candi yang satu ini, akan disambut oleh sepasang patung penjaga candi, Drawapala.

Candi_Sewu

Walaupun berdasarkan nama cerita rakyat candi ini memiliki 1000 bangunan candi, namun kenyataannya Candi Sewu hanya terdiri dari 249 candi. Candi-candi tersebut antara lain adalah satu Candi Induk, 8 Candi Apit dan 240 Candi Perwara.

Berbeda dengan candi pada umumnya, pada kompleks Candi Sewu anda juga bisa menemukan sebuah museum yang menceritakan sejarah candi. Bukan hal yang aneh jika museum ini berfokus pada sejarah pemugaran candi, pasalnya, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemugaran sangatlah lama. Bahkan sempat terdengar kabar bahwa pemugaran Candi Sewu baru bisa selesai setelah 200 tahun. Kalau ini memang benar, artinya yang anda saksikan sekarang akan disaksikan cicit anda pula nantinya lho!

Candi_Sewu

Candi-candi yang dilindungi UNESCO

Masih berada dalam kompleks Candi Prambanan, disini juga terdapat kompleks candi lain, seperti Candi Lumbung dan Candi Bubrah. Bahkan Candi Sewu, Candi Lumbung dan Candi Bubrah memiliki sisi lain yang jarang diketahui masyarakat. Selain unik, candi-candi tersebut juga telah diakui oleh dunia. Tak heran jika UNESCO menetapkan Candi Sewu, Candi Lumbung dan Candi Bubrah sebagai warisan budaya.

Untuk bisa mengeksplorasi semuanya, pastikan tubuh anda sehat dan fit untuk mengelilingi seluruh kompleks candi di Candi Prambanan ini. Tapi jangan sampai terlalu asik, karena wisata candi ini hanya dibuka dari jam 06.00 – 17.00 WIB. Untuk mengelilingi seluruh candi di sini cukup merogoh kocek sebesar IDR40.000 untuk orang dewasa.

Tidak perlu khawatir berlama lama di Candi Sewu, karena fasilitas wisata di candi ini juga terbilang lengkap. Tidak hanya terdapat area parkir yang luas, di sini juga terdapat kamar mandi, mushola, panggung hiburan dan yang istimewa adalah penginapan.

Menghabiskan momen di wisata bersejarah ini, tentu tidak ada salahnya membawa uang lebih dan kamera. Karena disini anda bisa menikmati liburan yang tak terduga sebelumnya. Banyaknya kompleks candi di Prambanan membuat anda tidak akan berhenti berkeliling. Apabila lelah, disini tersedia peminjaman sepeda dan juga kereta kelinci yang dapat dinaiki. Untuk peminjaman sepeda harga dimulai dari IDR15.000 sedangkan untuk menikmati berkeliling dengan menggunakan kererta kelinci cukup dengan biaya IDR10.000.

Candi_Sewu

Pertunjukan spektakuler Sendratari Ramayana di area candi

Nah, yang cukup menarik lagi, apabila berkunjung di musim kemarau, anda dapat menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana di panggung besar yang berada dalam kompleks Candi Prambanan ini. Agar mendapatkkan kesan yang benar benar seru, pertunjukan ini berlangsung pukul 20.00 -22.00 WIB.

Candi_Sewu

Setiap minggunya, Sendratari Ramayana diselenggarakan pada panggung yang berbeda. Apabila cuaca terang, pertunjukan akan berlangsung secara outdoor. Namun jika cuaca kurang baik dan diperkirakan akan hujan maka Sendratari Ramayana akan berlangsung secara indoor.

Candi_Sewu

Mencapai Candi Sewu

Candi Sewu yang berada di kompleks Candi Prambanan terletak persis di pinggir jalan besar, membuat candi ini dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bahkan dengan memanfaatkan kendaraan umum seperti bis, anda juga bisa turun persis di depan Candi Prambanan. Jika menaiki bis Trans Jogja, maka naiklah bis no 1A.

Jangan khawatir untuk berlama lama bermain di kompleks candi ini, karena Bis Trans Jogja beroprasi dari dini hari pukul 05.30 sampai 21.30. Sedangkan untuk bis kota umum, naiklah bis dengan rute Yogya-Solo. Bagi yang berkendara motor atau mobil, lokasi candi ini hanya sekitar 7 km dari Bandara Internasional Adi Sucipto. Jadi pastikanlah Candi Sewu masuk dalam destinasi utama libuaran di Kota Yogyakarta.

Dari Bandara Adi Sucipto, berjalanlah ke arah utara menuju Jalan Adi Sucipto. Kemudian belok ke kanan, menyusuri Jalan Raya Solo. Anda pun akan menemukan candi Prambanan berada di kiri jalan.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com