Sejarah Pantai Indrayanti

Sejarah Indrayanti – Pantai Indrayanti gunung kidul merupakan salah satu destinasi wisata yang paling tersohor dan terkenal hingga mancanegara. Lokasi Pantai indrayanti sangatlah strategis terletak tepat di sisi timur pantai sundak. Kedua pantainya dibatasi oleh perkukitan karang. Pantai indrayanti menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lainnya.

Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona dan megahnya perbukitan karang, jernih air laut pun terlihat sangat biru karena masih bersih seolah mengajak para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya. Dipantai ini juga termasuk pantai yag sangat diminati untuk melihat matahari tenggelam. Pantai ini menyuguhkan pemandangan sunset yang begitu indah dan menjadi tempat yang paling baik di jogja.

 

Asal Mula Pantai Indrayanti

Pemberian nama pantai indrayanti gunung kidul ini berasal dari sebuah nama restauran yang ada di kawasan pantai tersebut. Pada waktu itu ada sebuah restoran dengan papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran tersebut sehingga kemudian banyak orang mengira dan lebih mengenal pantai tersebut adalah Pantai Indrayanti. Pemberian nama Indrayanti sempat mengundah kontroversi karena pemerintah gunung kidul telah memberi nama tersebut, yaitu Pantai Pulang Syawal. Akan tetapi, nama indrayanti terlanjur familiar dan dikenal masyarakat lokal maupun wisatawan. Pada akhirnya, pantai di gunungkidul yang terkenal bersih ini lebih populer dikenal dengan nama pantai Indrayanti.

Peran aktif dari berbagai pihak, seperti pihak swasta yang turut ambil bagian dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunungkidul cukup membawa dampak positif dan membuat pantai ini populer. Hal ini dapat terlihat dari keseluruhan kawasan pantau yang terjaga kebersihannya, bahkan hingga sepanjang garis pantai bebas dari sampah. Bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda, hal ini yang mewujudkan pantai bersih.

 

Lokasi Pantai Indrayanti

jalan-menuju-pantai-indrayanti
foto dari @aanendar

Lokasi pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut juga berdekatan dengan pantai lainnya seperti pantai Omandeng, Sundak, Ngandong, dan Sadranan yang berada tepat disebelah timur.

Pantai-pantai terebut juga termasuk yang sering dikunjung oleh wisatawan setelah mengunjungi pantai Indrayanti. Pantai Sadranan juga menawarkan spot menarik untuk melakukan snorkeling.

Selain itu, saat menjelang puasa, pantai ini biasa digunakan sebaga tempat menggelar upacara adat Nyadran.

 

 

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com