Sendang Ngembel Pajangan Bantul Yogyakarta

Wisata Alam – Bantul mempunyai destinasi wisata yang begitu banyak, terutama wisata alamnya. Salah satu wisata yang ada di Bantul adalah Sendang Ngembel. Objek wisata satu ini memang belum terlalu dikenal oleh banyak orang, akan tetapi sudah mulai ramai pengunjung.

Sendang atau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya dari mata air di dalamnya, biasanya dipakai untuk mencuci dan mandi, airnya jernih karena terus mengalir.

Dahulu, sendang ini kurang terawat dan tidak banyak yang memerhatikan. Tapi, setelah menjadi viral di media sosial, pesona dari Sendang Ngembel ini pun menjadi perhatian. Hingga akhirnya pemerintah pun memberikan bantuan lewat PNPM Mandiri, dengan membangun infrastruktur.

Sekarang, Sendang Ngembel sudah nyaman untuk dikunjungi, tempatnya menjadi enak buat kita berwisata di sana. Dari yang dulunya terkesan mistis dan tidak terawat, menjadi lebih nyaman, indah, dan terawat. Perekonomian dari masyarakat sekitar pun jadi sedikit terbantu dengan dikelolanya sendang di Bantul ini.

Sendang Ngembel Pajangan Bantul

Sendang Ngembel adalah sebuah kolam yang diameternya sekitar 50 meter dengan kedalaman antara 0,5-4 meter. Memiliki pintu air yang letaknya berada di sisi barat dan selatan. Pintu air tersebut berfungsi untuk mengatur suplai air yang kemudian dialirkan ke saluran irigasi untuk sawah masyarakat sekitar.

Di tengah Sendang Ngembel, terdapat sebuah pulau kecil yang berukuran kurang lebih 2,5×2,5 meter. Di pulau itu jugalah terdapat 3 pohon cemara. Selain itu, kamu juga akan menjumpai sebuah bangunan yang bisa digunakan untuk tempat kita duduk dengan bentuk mirip payung.

Bangunan yang berada di pulau ini, dijadikan sebagai penanda kalau di tempat itu terdapat sebuah pathok batu. Konon pathok batu ini ditanam pada zaman Ki Ageng Mangir saat masih berkuasa.

Pulau kecil di tengah sendang ini juga ada sebuah benda yang bentuknya seperti batu datar, terbuat dari semen dan pasir. Di atas benda tersebut terdapat dua buah cekungan, fungsinya biasa dijadikan sebagai tempat sesaji.

Kalau kamu pergi ke sisi barat-utara sendang, ada sebuah rumah kecil atau dikenal juga dengan cungkup. Menurut masyarakat sekitar, cungkup ini digunakan untuk meletakkan sesaji dan juga tempat bertirakat bagi orang yang datang dengan maksud tertentu.

Cungkup tersebut memiliki ukuran sekitar 2×3 meter dan memiliki pintu yang menghadap ke arah barat. Masyarakat sekitar juga memercayai kalau cungkup di sendang ini menjadi kediaman penunggu Sendang Ngembel.

Walaupun banyak cerita yang ada tentang sendang ini, kamu jangan datang ke sini untuk melakukan ritual yang dilarang oleh agama ya. Percaya itu hanya kepada Allah saja, jangan meminta kepada selain Allah ya

Cerita Sendang Ngembel

Altar di tengah pulau di Sendang Ngembel

Penunggu sendang ini disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Kyai dan Ntai Beji. Kyai Beji juga dikenal dengan nama Kyai dan Nyai Temburu.

Sendang Ngembel juga dikenal oleh masyarakat sebagai Sendang Beji. Nama Beji digunakan karena sendang ini berada di Dusun Beji.

Kalau Beji diambil dari nama dusun di mana sendang ini berada, nama Ngembel diambil karena dulu saat ditemukan, sendang ini airnya bercampur dengan lumpur. Dalam bahasa Jawa, lumpur juga bisa disebut mbel. Istilah mbel ini juga lebih mengacu pada lumpur yang pekat, tidak cair atau encer.

Sendang Ngembel ditemukan pertama kali oleh seorang janda bernama Nyai Sariti. Beliau merupakab salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari sendang ini berada.

Alamat Lokasi Sendang Ngembel

Kalau kamu ingin datang ke lokasi tempat Sendang ngembel berada. Langsung saja menuju ke Dusun Beji Wetan, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com