paket wisata jogjaSIMAK BAGAIMANA CARA MELESTARIKAKN LAUT DAN PANTAI

Melestarikan Laut dan Pantai – Pernahkah Anda berlibur ke pantai atau laut? Tahukah Anda jika di laut atau pantai memiliki keanekaragaaman ekosistemnya berdasarkan tingkat kedalaman laut itu sendiri. Di laut terdapat berbagai macam flora dan fauna laut. Nah yang harus kita tekankan disini adalah bagaimana menyeimbangkan ekosistem-ekosistem di dalam laut ini, karena jika terjadi tidak keseimbangannya ekosistem maka akan berdampak pada kelangsungan hidup makhluk lainnya. Maka dari itu diperlukan menjaga keseimbangan ekosistem dengan cara melestarikan laut, nah kali ini kami paket wisata jogja akan memberikan beberapa tips menjaga kelestarian laut dan pantai, berikut adalah beberapa caranya.

Cara Melestarikan Laut

Ekosistem laut adalah salah satu ekosistem yang penting bagi manusia. Laut memiliki banyak manfaat bagi manusia. Melestarikan laut, akan berdampak pada keseimbangan ekosistem di bumi. Sama seperti di darat, ekosistem laut juga terdiri dari fauna dan flora. Semakin dalam, maka fauna dan flora yang ada di laut juga semakin berbeda. Perbedaan ini akibat adanya perbedaan tekanan bawah laut, serta intensitas cahaya matahari yang ada didalam laut. Sebagai bagian dari ekosistem bumi, menjaga kelestarian laut sangat di butuhkan. Karena laut juga sebagai salah satu sumber air, serta pengatur suhu di bumi. Cara melestarikan laut antara lain:

  1. Ikan adalah salah satu sumber protein bagi manusia. Menangkap ikan tidak boleh memakai bom atau pukat harimau, yang berpotensi merusak laut.
  2. Menghentikan eksplotasi laut. Dengan cara tidak melakukan penangkapan ikan secara berlebihan, dan hanya menangkap ikan dewasa sebagai konsumsi.
  3. Menjaga serta melestarikan ikan yang terancam punah, dengan menghentikan perburuan liar serta membudidayakan ikan yang terancam punah melalui cagar alam.
  4. Melakukan penanaman kembali terumbu karang.
  5. Melakukan hukuman berat kepada pabrik yang membuang limbahnya ke laut.

Cara Melestarikan Pantai

Tidak hanya laut, pantai pun memiliki banyak manfaat bagi manusia. Hanya saja, pantai pun juga mengalami pengerusakan oleh manusia. Ekosistem pantai, tidak hanya berisi manusia, tapi juga terdapat hewan dan tumbuhan yang juga hidup di pantai. Di dalam ekosistem pantai, terdapat ekosistem rawa yang juga memiliki karakteristik yang unik. Untuk mencegah pantai menjadi semakin rusak, berikut cara melestarikan pantai:

  1. Menyediakan tempat sampah dan tukang sampah yang cukup di pantai. Hal ini untuk mencegah orang membuang sampah sembarangan.
  2. Melakukan reklamasi laut dengan menanam hutan bakau di sepanjang pantai.
  3. Memberikan sangsi bagi pengunjung yang membuang sampah sembarangan.
  4. Memberikan himbauan dengan spanduk di sekitar pantai mengenai menjaga kebersihan pantai
  5. Membangun cagar alam di sekitar pantai, untuk melesetarikan hewan- hewan yang hidup di pantai.

Bumi bukan hanya tempat tinggal bagi manusia. Bumi juga tempat bagi flora dan fauna. Menjaga kelestarian fauna dan flora juga penting dilakukan . Salah satu caranya dengan menjaga keseimbangan ekosistem di bumi.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com