Tarian Yogyakarta Yang Hanya Dipentaskan Pada Waktu Tertentu

Wisata Budaya – Yogyakarta dikenal dengan Kota yang memiliki ciri khas dan budaya yang beragam. Mulai dari tempat wisata hingga situs budaya yang begitu menarik untuk di eksplor. Yogyakarta termasuk ke dalam daerah di Indonesia yang masih memegang erat warisan leluhrnya. salah satunya adalah tarian adat. Tarian adat Yogyakarta ada berbagai macam dengan berbagai pesan dan cerita yang terkandung di dalamnya. Ketika mendengar nama D.I Yogyakarta, maka yang terbayang adalah budaya Jawa yang begitu kental serta masyarakat yang masih mengagungkan Sultan sebagai pemimpin keraton sekaligus masyarakat sekitarnya. Selain itu Jogjakarta juga terkenal dengans seni tarinya yang begitu khas seperti tari berikut ini.

Tari Serimpi

Tari Serimpi

Tari ini adalah tari klasik yang hanya ditampilkan di wilayah keraton saja. Ditampilkan oleh 4 orang penari sebagai simbol 4 arah mata angin dan empat unsur dunia (api, udara, air dan tanah). Tari ini hanya ditampilkan di wilayah keraton saja karena dianggap sebagai seni sekaligus pusaka keraton yang luhur.

Serimpi ditampilkan dengan gerakan lemah gemulai dengan diiringi alunan gamelan. Tema yang disuguhkan pada tarian ini adalah pertentangan antara nafsu dan akal serta benar dan salah. Dalam perkembangannya, tari Serimpi saat ini banyak ditampilkan untuk menyambut tamu agung.

Tari Golek Menak

Tari ini juga termasuk dalam golongan tari klasik Jawa. Maksud dari tari golek menak adalah menarikan wayang golek menak. Dimana tari ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX setelah memelihat pementasan wayang golek menak.

Dalam penampilannya, tari Golek Menak ini ditampilkan dalam dua jenis tarian, yakni tari yang menggambarkan perang antara Sudarawerti dengan Sirtupelaeli. Sedangkan tari kedua menggambarkan peperangan antara Raden Maktal dan Prabu Dirgamaruta.

Sesuai namanya, tarian ini menggunakan busana seperti pada wayang golek menak serta menggunakan bahasa Bagongan.

Tari Angguk

Berbeda dengan jenis tari sebelumnya, tari ini termasuk dalam kesenian masyarakat. Di dalam tarian ini juga terdapat pantun-pantun yang menceritakan tentang aspek-aspek kehidupan manusia, mulai dari pergaulan masyarakat, pendidikan dan nasihat serta budi pekerti.

Di dalam tarian ini terdapat dua jenis tari yang ditampilkan, yaitu:

  • Tari Ambyakan

Tari ini ditampilkan oleh banyak orang penari. Terdiri dari 3 macam tari, tari bakti, tari srokal dan tari penutup.

  • Tari pasangan

Tari angguk yang ditampilkan secara berpasangan dan terdiri dari 8 macam tari.

Tari Golek Ayun-Ayun

Tari Golek Ayun-Ayun

Ketika sedang ada tamu agung yang berkunjung ke keraton, maka tari golek ayun-ayun ini tak pernah absen untuk ditampilkan. Tarian ini umumnya ditarikan oleh dua orang atau lebih penari perempuan.

Sama seperti jenis tarian adat Yogyakarta lainnya yang menampilkan keanggunan dan gerakan yang lemah gemulai, begitupun tari ini. Gerakannya terlihat seperti sang penari sedang menyulam kain serta gerakan-gerakan gemulai lainnya.

Tarian ini sendiri menceritakan tentang masa-masa peralihan wanita remaja menjadi dewasa. Pada masa ini para wanita gemar mempercantik diri dan bersolek. Ini juga bisa dilihat dari beberapa gerakan dalam tarian.

Terkenal sebagai daerah dengan berbagai keistimewaannya, Jogjakarta tidak pernah berhenti menunjukkan ciri khas Jawa yang begitu kental. Baik dari segi kehidupan masyarakat maupun dalam kebudayaannya, Jogjakarta masih setia berpegang pada warisan leluhurnya.

Hal tersebut bisa dibuktikan dari banyaknya produk budaya seperti tarian, musik, dan hal-hal lain yang masih menjaga dan berpegang pada warisan leluhur.

Beberapa tarian adat Yogyakarta di atas adalah beberapa contoh warisan leluhur dalam bentuk tarian yang masih dijaga oleh masyarakat Yogyakarta. Karena masih begitu dijaga kelestariannya, tak begitu sulit untuk bisa menemukan tarian-tarian tersebut, walaupun beberapa memang ditampilkan secara terbatas di wilayah keraton saja.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com