Liburan tidak perlu yang mahal, yang terpenting adalah hati senang. Memang liburan memerlukan biaya yang cukup banyak, namun apa salahnya bisa menghemat sedikit uang agar tidak terkesan menghambur – hamburakan uang. Liburan ala backpacker misalnya, bisa menjadi pilihan saat anda akan berlibur yang menyenangkan tetapi menghemat uang. Berikut tips yang bisa anda lakukan ketika akan melakukan perjalanan ala backpacker.

1. Pilih Tujuan Perjalanan

Jika anggaran perjalanan yang dimiliki terbatas, Anda bisa pergi ke tempat yang jaraknya mudah dijangkau dan tak menguras isi kantong. Tak perlu ke luar negeri, pilihlah destinasi tempat wisata di dalam negeri seperti Bandung, Bali, Yogyakarta, Lombok, dan masih banyak lagi. Kota-kota di Indonesia ini tak kalah pesonanya dengan luar negeri kok.

2. Transportasi

Jangan malas untuk mencari info promo tiket pesawat yang ada di travel website setiap harinya. Sebab, hal tersebut dapat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran  saat traveling. Selain itu, minimalkan penggunaan taksi untuk bepergian. Ada baiknya memilih transportasi publik seperti bis atau kereta yang jadwal keberangkatan dan harga tiketnya sudah pasti. Contohnya jika Anda yang tinggal di area Jabodetabek dan akan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk berangkat liburan, manfaatkan layanan Bus Damri yang ada untuk menuju ke sana. Harga tiket Bus Damri ke bandara mulai dari Rp 40ribu – Rp 75ribu. Selain transportasi umum, jika lokasi wisata satu dengan yang lainnya jaraknya cukup dekat, Anda juga berangkat dengan jalan kaki.

3. Makan dan Minum

Bagian ini yang seringkali memakan biaya banyak saat liburan. Untuk menghemat pengeluaran, tekankan diri Anda pada saat traveling tak perlu sering jajan dan mengeluarkan uang. Untuk menghindari hasrat ingin jajan, Anda bisa melakukannya dengan membawa perbekalan dan makanan kering yang cukup dari rumah. Selain itu, jangan lupa membawa botol minum ke mana saja

4. Penginapan

Berlibur ala backpacker tak menuntut Anda untuk menginap di hotel berbintang yang mahal. Menginaplah di tempat sederhana seperti hostel atau homestay. Sebab, biaya sewanya jauh lebih murah jika dibandingkan hotel atau resort. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan dan fasilitas yang ada di hostel agar Anda tetap merasa nyaman saat menginap. Selain itu, ada baiknya untuk memilih tempat yang lokasinya dekat dengan destinasi wisata.

5. Tempat Wisata

Pilih tempat wisata yang tiket masuknya murah meriah bahkan gratis seperti yang ada di pantai atau taman kota. Selain itu, perhatikan musim keberangkatan Anda. Sebab, harga tiket masuk tempat wisata biasanya akan semakin mahal di waktu liburan.

6. Mempelajari Bahasa Setempat

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah dengan transaksi jual beli yang diselingi dengan obrolan berbahasa lokal. Biasanya jika proses tawar menawar dilakukan dengan bahasa lokal, si penjual akan merasa senang dan bangga. Selain itu menggunakan bahasa setempat pun memungkinkan Anda mendapatkan diskon saat melakukan kegiatan jual-beli.

7. Bawa Barang Secukupnya

Sesuaikan barang yang akan dibawa dengan tujuan dan lamanya perjalanan Anda. Jangan terlalu banyak membawa bawaan Anda. Sebab tak hanya membuat repot, terlalu berlebihan dengan bawaan pun membuat Anda berisiko membayar bagasi lebih.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com