Pantai Klayar Pacitan memang menjadi tujuan utama wisatawan yang ingin berkunjung ke Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini sudah menjadi icon wisata jika akan berkunjung ke Pacitan. Pantai Klayar menyimpan sejumlah keindahan alam yang tidak kalaj dengan pantai lain yang ada di Indonesia.

Lokasi Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Pantai Klayar terletak di Pacitan, Jawa Timur berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah.tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Pantai Klayar berjarak sekitar 40 km ke arah barat kota Pacitan. Pantai Klayar masih segaris pantai dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola terlebih dahulu menjadi tempat wisata.

Untuk harga tiket masuk pantai klayar pacitan sangatlah terjangkau. Bagi pengunjung dewasa dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000 saja khusus untuk hari senin hingga jumat dan Rp 7.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Bagi pengunjung anak-anak, harga tiketmasuk pantai Klayar Pacitan pada Hari Senin  hingga Jum’at  hanya Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk Hari Sabtu hingga Minggu.

Jalan Menuju Pantai Klayar Pacitan

Banyak cara menuju Pantai Kalyar Pacitan. Jika kamu berasal dari luar kota Pacitan, kamu bisa menggunakan jalur darat menggunakan kereta atau jalur udara ke bandara Adisutjipto (Yogyakarta) atau bandara Adisumarno (Solo).

Jika kamu dari pusat kota Pacitan, Kamu butuh waktu untuk  menempuh perjalanan sekitar 3 jam menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi. Kamu juga bisa naik kendaraan umum pada pagi hari bersama dengan masyarakat yang ingin ke pasar di kecamatan Pringkuku dengan naik andongan, mobil matuk atau ojek.

Untuk kamu yang ingin ke Pantai Klayar dari arah Yogyakarta, bisa melewati rute paling cepat dan sangat direkomendasikan yaitu dengan mengikuti rute dari arah Gunung Kidul. Melewati daerah Wonosari ke Pantai Klayar di Pacitan hanya memerlukn waktu 2,5 jam. Rute yang harus kamu lalui adalah Wonosari – Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jateng Jatim – Punung – Pantai Klayar.

Bagi yang berangkat dari Solo, Kamu bisa menuju kecamatan Pracimantoro ke pertigaan Giribelah, kemudian ke arah kanan langsung  menelusuri tanjakan panjang hingga ke perempatan Kalak. Perkiraan waktu yang kamu butuhkan yaitu 1 jam perjalanan untuk tiba di Pantai Klayar.

Wisata Pantai Klayar di Pacitan

Keindahan Alam Yang Mengagumkan di Pantai Klayar Pacitan juga didukung fenomena alam seruling samudera. Di tempat wisata pantai klayar pacitan ini terdapat cekungan di bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai. Apabila cekungan itu diterjang ombak laut, maka air laut akan keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela batuan dan menghasilkan bunyi seperti bunyi seruling. Waw, seru bukan?

Selain menikmati lantunan seruling oleh alam, Kamu juga  bisa melihat kehidupan warga lokal yang memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan yang digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan gula jawa. Air yang memiliki rasa manis disebut dengan legen, kamu bisa mencobanya disekiar Pantai Klayar.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di Pantai Klayar adalah berkemah atau camping di sekitar pantai klayar. Merasakan suasana malam hari di sekitar pantai sambil membuat api unggun bersama teman-teman atau keluarga. Untuk melihat view terbaik saat matahari terbit pukul 05.00 – 06.30 WIB dan saat matahari terbenam pukul 16.00 -17.30 WIB.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata Jogja – Paket Wisata Bantul – Paket Wisata Sleman – Paket Wisata Gunung Kidul – Paket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com