Berwisata ziarah menjadi pilihan bagi orang yang ingin melakukan perjalanan wisata religi. Mereka bertujuan untuk mendoakan para pahalawan yang telah gugur maupun  pemuka agama yang dahulu telah menyebarkan agama islam. Banyak sekali di Indonesia tersebar makam – makam bersejarah. Kali ini kami akan membahas makam Sunan Kudus. Sesuai dengan namanya, makam Sunan Kudus berlokasi di Jl. Menara No.3-5, Kerjasan, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316. Untuk bisa menuju lokasi tersebut dari Kota Yogyakarta dibutuhkan waktu selama 5 jam.

Setiap hari para peziarah yang datang ke makam ini bisa mencapai ribuan orang. Pengunjung biasanya berasal dari berbagai penjuru, jumlah ini akan terus bertambah jika musim liburan sekolah tiba. Hal ini disebabkan, sekolah-sekolah tertentu menjadikan makam para wali ini sebagai ajang ziarah sekaligus berwisata mengisi liburan. Oleh karena itu, jika musim liburan tiba jumlah kendaraan yang diparkir mencapai ratusan setiap harinya.

Untuk menuju tempat makam Sunan Kudus, peziarah disarankan untuk menaiki Becak, Ojek Motor yang sudah disediakan di area parkir bus. Karena memang jarak yang jauh untuk menuju makam tersebut. Perjalanan menuju ke makam Sunan Kudus cukup mengasyikan dengan pemandangan sudut-sudut Kota Kudus tempo dulu yang masih dapat kita rasakan sampai sekarang.

Pemandangan kota tua dengan bangunan kuno dan juga gang-gang sempit dengan bangunan yang menjulang tinggi. Setelah menikmati pemandangan kota tua selama kurang lebih 20 menit kita akan tiba di Komplek Masjid Menara Kudus dan juga Makam Sunan Kudus yang masyhur berbaur dengan ratusan peziarah yang datang silih berganti.

Di sepanjang jalan berangkat dan pulang makam Sunan Kudus, terdapat banyak pedagang yang menawarkan berbagai oleh – oleh khas Kudus. Diantaranya ada Seni Kaligrafi, Peci, Baju Koko, dan makanan khas Kudus lainnya.

Itulah sedikit info bagi para pembaca yang ingin mengisi waktu liburan sambil berziarah untuk lebih tau mengenai jejak para Walisongo di Kota Kudus.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com