YUK SNORKELING DI PANTAI NGLAMBOR

Yuk Snorkeling di Pantai Nglambor Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai yang dapat digunakan untuk aktivitas snorkeling. Selain ombaknya yang tenang, pantai ini juga menyimpan keindahan alam bawah laut. Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan, sehingga pos retribusinya menjadi satu dengan Pantai Siung. Dari Yogyakarta Pantai Nglambor bisa ditempuh sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Snorkeling Pantai Nglambor

Selain berburu foto dengan background laut lepas dengan batu karang yang menjulang tinggi, aada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini, diantaranya adalah :

  • Snorkeling
    Snorkeling merupakan magnet utama dari Pantai Nglambor. Kamu bisa memulainya dengan berenang ke tengah dimana air mulai dalam sehingga asyik digunakan snorkeling. Rasakanlah sensasi menyelami kehidupan bawah laut. Kamu bisa melihat aneka ikan kecil warna-warni yang berenang hilir mudir, terumbu karang, juga biota laut lainnya. Sebisa mungkin usahakan agar kaki dan tanganmu tidak bertumpu pada terumbu karang tersebut karena bisa merusak keberadaannya. Ombak yang mengalun pelan akan memberikan sensasi tersendiri. Meskipun asyik snorkeling, ingat selalu untuk tidak berenang hingga melewati batas aman. Ikutilah instruksi guide supaya aktivitas berenang dan snorkelingmu aman.
  • Foto Underwater
    Tak lengkap rasanya jika snorkeling di Pantai Nglambor namun tidak sekalian bergaya di depan kamera. Mumpung sudah berada di kedalaman laut, jangan lupa untuk mengabadikan momen. Kamu bisa bergaya di bawah permukaan air dengan beragam pose suka-suka. Percayalah, saat nanti fotomu diunggah ke social media, teman-temanmu pasti akan banyak yang suka hingga iri. Andaikata kamu tidak memiliki kamera underwater, kamu tak usah khawatir. Jika kamu mengikuti paket snorkeling dari kelompok Bintang Nglambor Snorkeling, biaya yang kamu bayarkan sudah termasuk paket foto underwater.
  • Trekking
    Keberadaan Pantai Nglambor diapit oleh bukit dan tebing-tebing karang. Usai bermain snorkeling, kamu bisa melanjutkan eksplorasi dengan mendaki bukit-bukit tersebut. Dari ketinggian bukit, bentuk dua kura-kura dari pulau karang yang ada di laut akan terlihat semakin jelas. Kamu pun bisa menyaksikan Pantai Nglambor dari ujung hingga ujung. Tak hanya itu, deretan pantai-pantai lain pun terlihat dengan samar, hingga jauh ke Pantai Wediombo. Dari ketinggian bukit ini kamu juga bisa menyaksikan mentari yang perlahan tenggelam di ufuk barat.
  • Susur Pantai
    Jika memiliki waktu luang di akhir pekan dan ingin melakukan kegiatan yang sedikit berbeda, kamu bisa menjajal aktivitas susur pantai. Dimulai dari Pantai Nglambor, kamu bisa melanjutkan perjalanan menyusuri garis pantai ke arah barat atau ke arah timur. Andaikata pilihan pertamamu adalah kearah timur, maka kamu bisa mendaki bukit-bukit di sebelah timur dan melanjutkan perjalanan ke Pantai Siung, Pantai Watu Lumbung, Pantai Wediombo, dan pantai-pantai lainnya. Sedangkan jika memilih ke barat, kamu akan bertemu dengan Pantai Jogan, Pantai Ngetun, Pantai Timang, Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, dan lain-lain. Pastikan dirimu siap untuk menerima semua kejutan di sepanjang perjalanan. Pemandangan yang indah dan rute menantang akan menjadi daya tarik tersendiri. Jangan lupa untuk berkemah di salah satu pantai supaya perjalananmu lebih berkesan.
  • Harga Tiket dan Sewa Alat

    • Tiket masuk: Rp 5.000 / orang (menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung)
    • Jasa Ojek: Rp 5.000
    • Sewa alat snorkel: Rp 35.000 – Rp 50.000
    • Paket snorkeling BNS: Rp 50.000 (fasilitas meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, welcome drink, mushola, ruang ganti dan tempat penitipan barang.