Angkringan Pendopo Ndalem Nuansa Keraton YogyakartaAngkringan Pendopo Ndalem Nuansa Keraton Yogyakarta

Wisata Jogja – Jogja memang sangat identik dengan angkringannya. Kebanyakan angkringan identik dengan suasana jalanan. Namun berbeda dengan angkringan pendopo ndalem  nuansa keraton Yogyakarta.

Berlokasi tak jauh dari Tamansari dan Alun-alun Jogja, Pendopo Ndalem Resto punya keunikan yang bikin kangen ke sana. Menunya jajan pasar dan makanan khas Jogja

menunya sangat tradisional

Pendopo nDalem Resto tentu tidak familiar di kalangan anak muda milenial. Resto ini menyajikan menu angkringan yang tampak lebih mewah dari angkringan biasa. Makanan yang disediakan memang nggak beda jauh dengan angkringan biasanya. Pengunjung juga bisa langsung memilih aneka rupa makanan yang sudah diletakkan di meja panjang. Ada beberapa pilihan nasi dalam ukuran mini. Disajikan prasmanan di atas meja, pengunjung bisa memilih menu apa yang akan dimakan lalu diletakkan di piring. Ada sayur brongkos, sayur oseng, nasi kucing, telur puyuh, dan juga berbagai jajanan pasar yang bikin laper mata.

Keunggulan resto yang satu ini adalah desain arsitekturnya yang kraton abis. Makan di sana seolah jadi raja atau kerabat kraton Jogja, hehehe

suasana resto ala kraton

Tempat ini sangatlah luas dengan ornamen-ornamen Jawa yang khas, seperti dua patung pengantin, payung ala kraton, hingga lampu temaram yang menambah syahdunya resto ini. Tempat makan ini bisa untuk segala kalangan, nggak mesti pengunjung berduit yang bisa makan di sana. Meski harganya lebih mahal dari angkringan beneran, namun tidak terlalu jauh kok. Harganya berkisar dari 1000 sampai 12 ribuan aja kok. Biasanya seporsi makan dengan lauk dan minum nggak lebih dari 30 ribuan kok.

menunya sangat khas jogja

Menunya khas Jogja banget dan juga ada bakmi Jawa juga sih. Namun sayang pas datang ke sana makanannya udah tinggal dikit, nggak sebanyak biasanya. Cobain deh pesen minuman khas seperti susu tape, bajigur atau teh rempah. Sama cobain nasi bakar atau sayur brongkosnya. Untuk jajanan pasar, Pendopo nDalem secara konsisten menyajikan aneka jajan pasar menggugah selera yang sudah jarang ditemui atau bahkan tak dikenal lagi oleh generasi millenial. Sebut saja jajanan bernama Clorot, Kipo, Semar Mendem, Lupis, Jadah Manten dan lain sebagainya. Mantep bener deh.

Alamat tempat makan ini memang cukup tersembunyi di balik tembok kraton. Makin kerasa bedanya kan dengan resto lainnya?

gerbang masuk restoran

Dalem Resto berada Jalan Sompilan Nomor 12, Ngasem Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menuju eks Pasar Ngasem dari arah alun-alun Utara. Ketika sampai di pertigaan pasar Ngasem belok kiri. Tepat di tikungan ke kanan ada gapura putih agak masuk ke dalam. Lalu kamu tinggal masuk ke situ aja, di dalamnya nanti tampak banyak kendaraan pelanggan yang parkir.

bumi manusia

Tempat makan ini pernah jadi lokasi syuting film Bumi Manusia yang rilis beberapa bulan lalu. Pendopo nDalem disulap jadi kediaman Bupati Bodjonegoro, ayah dari Minke yang diperankan Iqbaal Ramadhan. Memang tempatnya udah kerasa jadul dan ‘kraton’ banget deh. Makanya cobain deh makan di sana. Usahakan datang sore sampai malam hari karena bukanya memang sebelum maghrib.

Kalau liburan ke Jogja jangan lupa mampir ke sana ya!