Apem Comal Jajanan Khas Pemalang

Paket Wisata Bantul – Siapa yang pernah ke daerah pesisir utara? Ya tepatnya di Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Di dareah Comal memiliki jajanan khas lho. Nama jajanannya Apem Comal. Comal sendiri adalah salah satu kecamatan di kabupaten Pemalang yang terletak di jalan pantura.

Dialek yang digunakan di Kecamatan Comal ini sangat berbeda dengan di Pemalang bagian kota. Jika Pemalang kota dialeknya adalah ngapak, nah di Comal dialeknya tidak terdengar ngapak, malah lebih ke rada rada medok.

Kuliner khas Pemalang ini merupakan kue basah berwarna coklat tua. Tampilannya unik karena kuenya sudah sepaket dengan alasnya berupa daun pisang yang sudah dibentuk agak bulat.

Cita rasa Apem Comal yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa, sejak dulu memang terus terjaga hingga kini. Rasa manisnya sangat pas dan tidak membosankan selera karena manis-manis legitnya yang khas.

Nama Apemnya sendiri konon merupakan singakatan dariĀ AsliĀ Pemalang meskipun kebenarannya sampai sekarang belum bisa dibuktikan.

Apem Comal dalam pembuatannya masih menggunakan cara-cara tradisional, namun justru inilah kekhasan jajanan ini tetap terjaga. Bahan dasar dari Apem ini berupa tepung beras dan gula merah. Warna coklat tua didapat dari gula merah.

Apem Comal sudah melekat menjadi kuliner khas Pemalang, namun dari beberapa informasi yang masmin baca dan dengar, ternyata pembuatan kue ini dilakukan oleh warga Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Terlepas dari itu Apem Comal bener loh, bener-bener maknyus.

Saking khasnya, ada yang menyebut Comal sebagai kota Apem . Sebutan tersebut sudah akrab di telinga masyarakat Pemalang dan pekalongan. Hal ini mungkin karena kue apem khas Comal ini tidak terdapat di kota-kota lain.

Konon, sebenarnya Apem Comal tidak diproduksi di Comal loh, melainkan dibawa oleh orang-orang dari Kesesi, yaitu salah satu daerah di kabupaten Pekalongan yang berbatasan langsung dengan kabupaten pemalang. Apem mini khusus di jual di pasar comal. Dengan begitu, apem comal sampai sekarang telah menjadi makanan khas Comal, Pemalang.

Untuk merasakan nikmatnya kuliner khas Pemalang ini kita Cuma butuh mengeluarkan Rp 1.000-Rp 2.000/kue. Dimana? Silahkan cari di Pasar Comal atau toko-toko kue di seputaran Kota Pemalang