Berjelajah Pantai Sinden dan Pulau KalongBERJELAJAH PANTAI SINDEN DAN PULAU KALONG

Paket Wisata – Pantai Sinden dan Pulau Kalong terletak di Kabupaten Gunung Kidul, merupakan salah satu pantai yang wajib di kunjungi bagi para penyuka wahana ekstrim dan suka berjelajah. Yang unik dari Pantai Sinden merupakan jembatan penghubung di atas laut untuk menuju pulau Kalong. Jembatan kayu di atas laut merupakan salah satu tempat menguji adrenalin karena hanya ada kayu sebagai pijaka dan tali sebagai pegangan. Mari lihat informasi mengenai Pantai Sinden dan Pulau Kalong.

Rute Menuju Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul

pantai sinden tugu wisata
Dari kota Yogyakarta Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini berjarak kurang lebih 80km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.
Yogyakarta > Ringroad Ketandan > Jalan Wonosari > Perempatan Sampaan > pertigaan Piyungan > bukit bintang > Patuk > pasar buah Sambipitu > pertigaan Sambipitu (lurus aja) > hutan Bunder > Gading lapangan terbang > pertigaan setelah Lapangan Terbang Gading belok kiri menuju ke kota Wonosari > Playen > bundaran Siono lurus saja menuju kota Wonosari > Pemda Wonosari > pasar hargosari > pertigaan sebelum Polres Gunungkidul belok kanan menuju jalan Baron > Karangrejek > Mulo (ada pertigaan kalau lurus ke Pantai Baron ambil arah ke kiri menuju Pantai Wediombo)  > Bintaos > Tepus (ada pertigaan kalau Kenan menuju Indrayanti ambil arah kiri menuju Pantai Wediombo) > Purwodadi > pertigaan ke kanan Pantai Siung Ambil lurus saja > balai desa Balong > Jepitu (ada pertigaan di depan pasar ambil kanan menuju Wediombo dan Jungwok ) > TPR > Sebelum sampai di Wediombo belok kiri menuju Pantai Jungwok (lihat plakat) > Pantai Jungwok > Pantai Sinden dan Pulau Gelatik.

Ada Jembatan Penghubung Ke Pulau Kalong

pantai sinden tugu wisata

Pulau yang berwarna hijau tersebut, pulau Kalong, ditumbuhi oleh rerumputan hijau yang menarik wisatawan untuk menginjakkan kaki di pulau tersebut. Rupanya adanya jembatan ini mirip dengan pantai Balaikambang yang ada di Malang. Namun bedanya, di pantai Sinden ini jembatan gantunglah yang digunakan dengan tali berwarna biru sebagai tumpuan juga pegangan bagi pengunjung yang melewatinya.

Pulau Kalong ini juga disebut sebagai pulau Gelatik. Mengapa yah? Ternyata dulunya pulau Kalong ini telah dihuni oleh banyaknya burung Gelatik.

Keindahan di pantai Kalong ini semakin menarik dari adanya ddeburan ombak, tebing-tebing bebatuan karang yang mewarnai pantai sebagai lukisan alam yang indah. Terlebih dengan adanya jembatan gantung ini telah dijadikan spot menarik untuk berswa foto alias selfie.

Namun, mendekat atau berada di atas jembatan ini tidak sembarang orang bisa melakukannya. Yang takut ketinggian mendingan tidak perlu deh! Karena kamu akan semakin menjerit ketika ombaknya menggulung menerpa pantai seolah mengejarmu yang berada di atas jembatan, namun seru sih!

Fasilitas dan Tiket

  • Fasilitas di Pantai Sinden dan Pulau Gelatik ini masih sangat terbatas hanya ada warung kecil, lebih baik kala menuju ke tempat ini sebaiknya bawa perbekalan seperti makanan dan minuman.
  • Tiket masuk ke kawasan Pantai Sinden ini yakni Rp.6.000 sudah termasuk pantai yang lain yang berada di area Wediombo.
  • Untuk tiket menaiki jembatan Gantung yakni Rp. 25.000 dan ongkos parkir di Jungwok untuk sepeda motor Rp. 3.000; untuk mobil Rp. 5.000;
Nah semoga Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini menjadi tempat tujuan wisata Anda selanjutnya ketika berwisata ke kabupaten Gunungkidul. Selamat berwisata