Berlibur di Hutan Pinus ?

Paket Wisata Bantul – Hutan Pinus Mangunan merupakan wisata alam yang berada di perbukitan Bantul di sisi sebelah timur. Awalanya hutan ini hanya dikelolah oleh Perhutani, namun seiring berjalannya waktu. Banyak bermunculan tentang foto-foto keindahan hutan pinus ini. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya dan perlahan-lahan dibukalah untuk kawasan wisata.

Daya Tarik

Wisata Hutan Pinus mengambil area hutan pinus yang jarang terdapat semak belukar di sekitarnya. Pohon pinus tumbuh cukup tinggi di area ini dan jarak tanaman yang sama antar pohon. Hal ini menyajikan pemandangan pohon pinus yang tumbuh secara rapidan berjajar membentuk pola. Dasar pinus atau tanah berwarna kecoklatan disekitar area ini tidak ditumbuhi tanaman semak atau ilalang sehingga menimbulkan kesan bahwa tempat ini seperti taman pinus. Daya tarik seperti inilah yang mampu menyedot pengunjung untuk berkunjung ke tempat ini.

Fasilitas

Fasilitas pendukung wisata di Hutan Pinus Mangunan terbilang cukup walaupun belum lengkap. Saat ini telah tersedia kamar mandi umum, warung, dan area parkir. Selain itu di dalam kawasan hutan pinus telah dilengkapi dengan bangku duduk, ayunan, jungkat-jungkit, hingga gasebo buat bersantai. Kondisinya cukup terawat dengan baik dan aman untuk digunakan.

Lokasi

Hutan Pinus Mangunan terletak di dusun Sudimoro, desa Muntuk, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Hutan pinus ini merupakan kawasan hutan lindung di Kabupaten Bantul yang dikelola RPH Mangunan.

Tiket

Pengunjung yang berwisata di Hutan Pinus Mangunan tidak dibebankan retribusi masuk atau gratis. Mereka hanya dibebankan biaya parkir kendaraan sesuai kendaraan yang meraka tumpangi. Untuk parkir motor sekitar Rp 5.000 bila menggunakan mobil dikenakan biaya Rp 15.000 sedangkan rombongan menggunakan minibus dikenakan biaya sekitar Rp 30.000. Bila ingin melakukan pemotretan dikenakan biaya minimal sebesar Rp 75.000 setiap sesi foto.

Nah, hutan pinus mangunan adalah tempat wisata yang cocok untuk kalian yang ingin berwisata dan bersantai bersama keluarga, teman, atau mungkin bersama pasangan kalian kalo ada ya hehe.