Cara Mendapatkan Tiket Murah Saat Lebaran

Cara Mendapatkan Tiket Murah Saat Lebaran – Ramadhan tahun 2019 sudah tidak lama lagi. Berbagai macam persiapan yang sudah disiapkan seseorang untuk menyambut bulan suci ini bagi umat islam. Termasuk dengan merancang jadwal kapan mereka akan mudik pulang kampung. Biasanya kebanyakan dari mereka ingin mencari harga tiket yang terjangkau dengan fasilitas yang cukup menyenangkan. Tak jarang juga jika seseorang dapat kehabisan tiket pesawat lantaran sudah banyak orang lain yang memesan tiket tersebut jauh – jauh hari. Sehingga bagi anda yang ingin mencari harga tiket murah sudah tidak kebagian seat. Namun tenang, berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan tiket lebaran dengan harga yang murah.

1. Berburu Tiket Lebih Awal

Menurut data Kementerian Perhubungan, sekitar 55% pemesanan tiket pesawat terjadi pada rentang waktu 30-60 hari sebelum lebaran. Namun, tidak kurang dari 90% tiket penerbangan promo ludes dalam hitungan menit. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkannya?

Salah satu tips-nya adalah memesan tiket lebih awal. Minimal, Anda memulai perburuan sekitar 50-60 hari sebelum hari raya. Saat itu, masih banyak tiket promo lebaran dari berbagai maskapai. Cek halaman ini untuk tiket promo domestik dan internasional, harga tiket termurah di update setiap

2. Memilih Maskapai yang Tepat

Selain jadwal keberangkatan, jenis maskapai pun memengaruhi harga tiket. Anda bisa mendapatkan tarif murah pada maskapai low-cost carrier (LCC) jika membeli lebih awal. Sebaliknya, ketika mendekati hari raya, harga tiket penerbangan LCC cenderung mahal. Beberapa maskapai LCC di Indonesia, yaitu Lion Air, Citilink, dan Indonesia AirAsia.

Jika ingin menjajal maskapai full-service, Anda bisa membelinya tepat di hari lebaran. Penerbangan ini justru memberikan harga tiket lebih murah daripada maskapai LCC. Contoh maskapai full-service, antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Batik Air.

3. Mencari Tiket Online

Kini, pembelian tiket tidak hanya dilakukan lewat situs maskapai, tetapi juga agen travel online. Biasanya, agen-agen tersebut menawarkan berbagai promo tiket murah, terutama menjelang lebaran. Hanya saja, untuk mendapatkan penawaran terbaik, terkadang Anda harus mengunjungi beberapa website agen travel dan membandingkan harganya. Hal ini cukup menyita waktu.

4. Memilih Penerbangan Jelang Dini Hari

Sebagian besar pemudik lebih menyukai penerbangan pada siang atau sore hari. Padahal, beberapa maskapai kerap memberangkatkan pesawat jelang dini hari. Karena peminat penerbangan saat itu sedikit, tiketnya dijual dengan harga murah. Nah, inilah kesempatan Anda untuk menghemat biaya mudik. Jadi, jangan sungkan memilih keberangkatan paling awal di musim mudik lebaran.

5. Pesan Tiket dalam Jumlah Sedikit

Biasanya, maskapai menyediakan promo tiket murah untuk pasangan dan penumpang tunggal. Ketika Anda memilih pemesanan dalam jumlah banyak, nominal harga akan berubah atau tertulis keterangan, sold out. Sebaliknya, saat pembelian satu atau dua tiket, muncul penerbangan yang sama. Mulai dari maskapai, jadwal keberangkatan, hingga rute.

 

6. Melakukan Pemesanan Tiket di Malam Hari

Menurut survei JakPat, sekitar 63% calon penumpang pesawat melakukan pemesanan tiket online. Separuh dari jumlah tersebut kerap memesan mulai pagi hingga menjelang malam. Jadi, sangat sedikit yang berburu tiket saat tengah malam. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tiket murah. Beberapa maskapai LCC biasanya membuka penjualan promo tiket pada pukul 23.00.

7. Mencari Kursi Tambahan dari Berbagai Maskapai

Ketika musim mudik lebaran, beberapa maskapai kerap menambah kursi melalui extra flight. Pasalnya, jumlah penumpang meningkat signifikan saat itu. Sebagai contoh, Sriwijaya Air menyediakan 138.852 kursi tambahan untuk pemudik di tahun 2017. Tidak ketinggalan, Garuda Indonesia pun menawarkan lebih dari 60.000 kursi sekaligus penerbangan ekstra.

8. Menggunakan Rute Alternatif

Satu maskapai biasanya menyediakan dua jenis rute penerbangan untuk tujuan yang sama; connecting dan direct fligth. Nah, jika sulit menemukan tiket murah pada penerbangan langsung, pilihlah jalur alternatif (connecting flight). Misalnya, Anda ingin mudik ke Banjarmasin, berarti gunakan penerbangan alternatif ke Kota Palangkaraya. Perjalanan dari Palangkaraya menuju Banjarmasin bisa menumpang kendaraan darat selama 4 jam.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com