Cara Menikmati Sunset Di Bali Yang Tepat

Cara Menikmati Sunset Di Bali Yang Tepat – Jika berbicara tentang berlibur tidak akan pernah ada habisnya tempat wisata. Di Indonesia, setiap daerah mempunyai tempaat wisata yang menarirk untuk dikunjungi. Di Bali sendiri memiliki tempat wisata alam yang begitu banyak dan indah untuk dikunjungi. Salah satu wisata yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke Bali adalah dengan menikmati sunset di tepi pantai atau pegunungan yang menghadap langsung menuju laut lepas. Nah berikut ini cara yang tepat untuk anda menikmati sunset di Bali.

1. Berpetualang ke Pantai-Pantai Tersembunyi

Bali adalah surganya pantai tersembunyi. Meskipun keberadaan pantai-pantai itu lambat-laun banyak diketahui, namun tetap saja berkunjung ke pantai-pantai tersebut untuk berburu sunset akan menjadi pengalaman unik tersendiri. Di Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali, Pantai Tegalwangi cocok untuk menjadi destinasi favorit Anda untuk menikmati tenggelamnya matahari. Untuk menuju pantai yang sering dijadikan lokasi foto pre-wedding ini, pengunjung cukup melewati jalan setapak berbentuk karang dari atas bukit sebelum akhirnya sampai ke tanah berpasir putih. Sangat disarankan untuk berkunjung pada sore hari, karena selain bisa menikmati sunset, juga bisa melihat aktivitas penduduk setempat saat memancing atau menjaring ikan.

Satu lagi pantai indah yang tersembunyi di balik batu-batu karang besar adalah pantai Suluban. Berdekatan dengan wisata Pura Uluwatu di Desa Pecatu, Kabupaten Badung, Bali, pantai yang juga terkenal dengan sebutan Blue Point Beach ini terletak di bawah tebing karang yang terjal. Untuk sampai ke sana, wisatawan harus menuruni beberapa anak tangga yang curam sehingga harus berhati-hati agar tidak terpeleset. Di Pantai ini wisatawan akan berjumpa dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih dan ombak besar yang menjadi surganya para peselancar. Pantai Suluban juga memiliki karang-karang kecil yang berisi air laut dan beralaskan pasir lembut yang memberikan sensasi layaknya berendam di Jacuzzi. Keindahan sunset di pantai ini akan memberikan view yang berbeda bila disaksikan dari atas batu karang.

2. Berburu Sunset dari Tebing-Tebing Tinggi

Tidak ada yang lebih menarik daripada menikmati sunset dari tempat yang tinggi. Entah itu dari tebing berformasi batuan kapur atau bongkahan karang di tepi lautan, semuanya layak untuk dijadikan spot favorit berburu sunset. Salah satu cara unik untuk menikmati sunset di Bali adalah melihatnya dari puncak tebing Pantai Melasti Ungasan. Yang menjadi daya tarik pantai yang berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan ini adalah akses jalan menuju lokasi pantai yang berliku-liku karena berada di atas tebing kapur putih yang menjulang tinggi. Biasanya yang sering berkunjung ke pantai yang disebut-sebut sebagai kembaran Pantai Pandawa ini adalah para fotografer yang ingin mengabadikan indahnya formasi batu karang dan dinding kapur setinggi 100-150 meter yang menghiasi jalan berkelok-kelok.

Tidak ada cara yang lebih unik untuk menikmati sunset selain karena keunikan tempat itu sendiri. Keunikan lokasi pura yang berada di atas batu karang besar menjadi daya tarik sempurna dari Tanah Lot. Ikon pariwisata Bali yang terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 1,5 jam dari Bandara Ngurah Rai ini memang terkenal dengan pemandangan sunsetnya. Pura di Tanah Lot dibangun pada dua tempat yang berbeda, yakni di atas bongkahan batu besar dan di atas tebing yang menjorok ke laut. Pada saat air laut pasang, pura akan terlihat seperti berada di tengah laut dan siluet pura saat matahari terbenam akan menambah kesan romantis tempat itu. Datanglah sekitar pukul 17.00 wita karena objek wisata Tanah Lot selalu ramai oleh wisatawan menjelang matahari terbenam.

3. Berpiknik

Salah satu cara unik untuk menikmati matahari terbenam di Bali adalah dengan berpiknik. Duduk-duduk santai di atas rerumputan sambil memandang fenomena alam dapat membuat liburan siapapun berkesan. Apalagi bila pemandangan senja itu ditambah dengan eksotisme laut biru pasti makin tak terlupakan. Datanglah ke Bukit Asah di Desa Bugbug, Karangasem dan rasakan sensasi matahari terbenam yang begitu mengagumkan. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, berpiknik di tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjauh dari hingar-bingar perkotaan. Di atas bukit Asah Anda dapat berkemah sambil menikmati panorama laut Bali dengan formasi pulau-pulau karangnya yang indah.

Piknik di atas rumput yang beralaskan tikar dan bantal-bantal pastilah menyenangkan. Apalagi bila Anda menikmatinya sambil makan camilan enak dan melihat panorama sunset yang cantik, siapa yang gak mau, iya kan? Nah, kalau begitu datanglah ke The Lawn. Ini adalah tempat nongkrong outdoor yang lagi ngehits banget di Canggu. Konsepnya seperti lesehan di rerumputan dengan meja dan bantal-bantal kecil untuk malas-malasan sembari menunggu matahari terbenam. Tersedia beragam makanan dan minuman yang bisa dipesan tanpa minimum pembelian. Di sini juga terdapat ayunan menghadap lautan yang bisa digunakan pengunjung. Stafnya ramah dan suasananya meriah karena ada banyak bean bags warna-warni. Asyik banget, kan?

4. Berlayar atau Bermain Kano

Kalau Anda ingin menikmati sunset dengan cara yang unik, mungkin Anda bisa mencoba bermain kano. Di pantai timur Bali, tepatnya di wilayah kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, pantai Amed yang eksotis bisa menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunset dengan cara yang berbeda. Selain pasirnya yang hitam dan kekayaan bawah lautnya yang menawan, Amed juga memiliki air laut yang jernih dan ombak yang tenang untuk bermain kano. Sambil menunggu momen sunset tiba, Anda dan pasangan bisa menghabiskan waktu berdua mengarungi lautan di atas kano. Instruktur yang berpengalaman akan menemani petualangan Anda mulai pukul 14.30 sampai 18.30. Anda bebas memilih lokasi sunset dari sisi pesisir mana saja, tapi disarankan dari pantai utama Amed.

Cara unik lainnya adalah dengan berlayar bagai bajak laut. Pernah menonton film Hollywood Pirates of The Caribbean? Yup, Anda bisa menikmati momen berlayar membelah samudera seperti Johnny Depp, tapi bukan dengan kapal besar nan mewah, melainkan dengan perahu tradisional alias jukung yang telah dimodifikasi. Paket Sunset Cruise di atas perahu Black Pearl ini berkapasitas 8 orang dan akan membawa Anda menyusuri pantai barat Bukit Peninsula menuju daerah Uluwatu untuk berburu sunset yang menawan. Sepanjang perjalanan Anda diperkenankan untuk berenang di laut lepas, menikmati minuman dingin sambil bersantai di lambung kapal, atau berfoto-foto ria. Jangan lupa membawa sunblock dan kamera waterproof ya !

5. Berolahraga

Anda juga bisa menikmati sunset dengan cara yang sehat, yakni dengan berolahraga. Selain baik bagi kesehatan, menikmati sunset dengan cara ini juga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Bila Anda bosan dengan lari dan renang, bagaimana kalau mencoba berkuda? Pantai Batubelig yang berada di daerah kerobokan sering menjadi spot favorit untuk berkuda lo. Karena ada banyaknya stable kuda di daerah Canggu, pantai yang dekat dengan daerah Petitenget dan memiliki ombak yang tenang ini sering menjadi rute para penunggang kuda pemula untuk memamerkan keahlian mereka. Dengan suasana yang tenang dan pesona sunset yang menawan, berkuda di pantai Batubelig bisa menjadi agenda liburan yang mengesankan dan menyehatkan.

Cara sehat lainnya untuk menikmati sunset adalah dengan beryoga. Nah, olahraga yang satu ini sedang ngetrend di Bali dan mencobanya sambil menikmati sunset pasti akan menjadi nilai plus tersendiri. Bali Green Life di Jalan Raya Kedampang, Pengubengan Kauh, Kerobokan, Bali, mengusung konsep holistik yang tidak hanya akan membuat tubuh Anda bugar, tapi juga akan membantu Anda menikmati sunset dengan cara yang berbeda. Selain menyajikan aneka menu vegetarian yang lezat, restoran yang berbentuk lumbung padi di tengah hamparan sawah hijau ini juga menawarkan kelas yoga yang akan membuat tubuh Anda sehat. Bertempat di dojo semi terbuka yang terletak tepat di samping bangunan utama, Anda bisa mengikuti kelas yoga sore hari dengan latar belakang sunset yang indah. Tertarik mencobanya?

6. Bersantap Malam Romantis

Bersantap malam romantis bersama pasangan adalah cara menikmati sunset yang sempurna. Banyak restoran atau café di Bali yang ramai oleh wisatawan sesaat sebelum matahari terbenam, salah satunya adalah Jimbaran Seafood Cafes. Berlokasi sekitar 10 menit dari Bandara Ngurah Rai atau 30 menit dari Kota Denpasar, restoran di tepi pantai Jimbaran ini banyak dipadati wisatawan yang ingin mencicipi aneka olahan seafood bakar, sekaligus menyaksikan matahari terbenam. Aneka hidangan laut berupa ikan, udang, lobster, kerang dan cumi-cumi disajikan dengan nasi, sayur plecing, sambal matah dan es kelapa muda. Sambil menyantap aneka olahan seafood yang lezat, Anda juga akan ditemani oleh debur ombak dan senja kemerahan di kejauhan. Luar biasa, bukan?

Satu lagi lokasi tempat makan romantis bagi Anda pemburu sunset adalah La Laguna Canggu. Mengusung konsep perkampungan gipsi, lengkap dengan ornamen karnaval dan bantal-bantal bergaya Bohemian, La Laguna akan menjadi spot asyik untuk menikmati tenggelamnya matahari di Bali. Jembatan kayu yang beratapkan tanaman rambat di tempat ini sangat menawan saat senja mulai temaram. Jembatan bergaya pedesaan itu menghubungkan Pantai Kayu Putih dan La Laguna, yang keberadaannya menambah kesan dramatis pada momen Instagram Anda. Jadi buat Anda yang suka makan dan foto-foto, boleh dong ya mampir ke La Laguna. Just try!

7. Bersantai Sambil Menikmati Pertunjukan

Ada kalanya Anda tidak perlu melakukan apa-apa saat menikmati sunset. Anda cukup duduk tenang dan menikmati pemandangan. Namun, bagi beberapa orang hal itu dianggap kurang seru dan jatuhnya membosankan. Tapi, bagaimana bila Anda bisa melakukan keduanya? Anda bisa tetap duduk tenang, namun tidak akan merasa bosan bila lokasi Anda melihat sunset adalah Pura Uluwatu. Pura yang berlokasi di atas tebing dan menghadap lautan ini memiliki kecantikan sunset yang tidak perlu diragukan lagi. Menikmati momen tenggelamnya matahari di tempat ini sangatlah menarik, karena Anda akan ditemani Tari Kecak yang memang dipertunjukkan sesaat sebelum matahari terbenam. Jadi, selain duduk tenang menanti terbenamnya matahari, Anda juga akan terhibur dengan pertunjukan tarian khas Bali.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com