Checklist Penting Sebelum Liburan

Checklist Penting Sebelum Liburan  – Liburan adalah suatu momen yang ditunggu – tunggu oleh seseorang. Dengan liburan anda dapat membebaskan beban pikiran yang ada. Anda dapat menghabiskan liburan bersama keluarga, teman, sahabat, atau siapapun. Eits, sebelum liburan sebaiknya anda melakukan list barang bawaan yang harus dibawa. Selain itu, jangan lupakan hal dibawah  ini.

 

 

1 Daftarkan Diri di Online Banking

Untuk siapa saja yang ingin traveling ke luar kota atau luar negeri, sangat penting untuk memiliki akses online banking.

Hal ini ditujukan terutama jika ada keperluan pembayaran yang mendesak dan Anda tidak tahu dimana bisa mengambil ATM.

Apalagi jika kartu atau dompet sampai hilang dan pemblokiran harus segera dilakukan. Dengan sistem online banking ini maka masalah bisa diminimalisasi.

2 Bayar Tagihan Sebelum Berangkat Traveling

Sebaiknya lakukan pembayaran semua tagihan sebelum traveling. Tagihan yang dimaksud adalah tagihan di rumah maupun pembayaran akomodasi di tempat tujuan. Jadi, tidak akan ada orang yang menagih ke rumah dan membuat keluarga bingung.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membawa banyak uang ke daerah baru karena cukup berisiko.

3 Pastikan Semua Kartu Bisa Dimanfaatkan

Bawalah semua kartu yang dapat dimanfaatkan. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa ATM dari bank yang berbeda, pastikan untuk membawa semuanya sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Hal ini mempengaruhi sistem pembayaran di beberapa daerah atau negara yang biasanya hanya melayani bank skala nasional atau internasional.

4 Gandakan Dokumen Penting Apapun

Baik dokumen hardcopy maupun softcopy sangat penting untuk digandakan. Mengapa demikian? Karena tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana dokumen tersebut bisa hilang atau rusak.

Cara menggandakan dokumen softcopy adalah men-copy-nya di beberapa flashdisk, CD, atau hardisk. Jangan lupa miliki pula dokumennya di laptop dan email.

Tetapi pastikan untuk memberikan password yang tidak mudah dibuka sehingga ketika ada orang ingin menyalahgunakannya hal ini dapat menyulitkan.

5 Selesaikan Kepentingan dengan Mailbox

Segala surat menyurat atau lainnya yang berkepentingan dengan pos harus dikoordinasikan dengan keluarga.

Jika Anda tinggal sendiri, maka titipkan dulu semua surat atau paket apapun ke kantor pos. Jadi, tidak akan ada orang yang mengambil surat maupun paket Anda.

Ngomong-ngomong, sudahkah Anda mempersiapkan dana untuk liburan? Bagaimana cara Anda mempersiapkannya? Ada kabar baik untuk kita semua, Aplikasi Finansialku bisa menolong Anda dalam menghitung dana liburan Anda.

Silakan download aplikasi Finansialku! Dengan demikian, Anda bisa merencanakan dan menghitung biaya yang perlu Anda siapkan untuk pergi liburan dengan dana yang sesuai.

6 Akses ATM dan Alat Pembayaran Lainnya

Bawa semua jenis alat pembayaran. Tetapi jangan letakkan di satu tempat, misalnya dompet saja.

Miliki tas atau baju dengan banyak kantong yang mudah diingat dan rapat penutupnya. Jadi, jika dompet sampai ketinggalan atau dicuri pembayaran masih bisa dilakukan.

Jika khawatir dengan risiko membawa uang cash dalam jumlah besar, bawalah uang seperlunya saja. Lalu, sebagai ganti uang bernominal besar Anda dapat memilih cek.

Jadi, jika sampai hilang alat pembayaran ini tidak bisa diuangkan tanpa tanda tangan Anda.

7 Asuransikan Kesehatan dan Keselamatan

Karena liburan dan traveling melibatkan orang, atmosfer, budaya dan lingkungan alam yang baru maka sebaiknya asuransikan kesehatan serta keselamatan.

Hal ini sangat penting mengingat semua risiko bisa terjadi seaman apapun kondisi perjalanannya.

8 Kartu Kredit Harus Ready

Jangan membawa kartu kredit yang hampir memasuki limit atau expired. Pastikan tanggal berakhir dan limit-nya masih banyak sehingga Anda tidak akan mengalami masalah ketika melakukan pembayaran via kartu kredit.

9 Pembayaran Juga Membutuhkan Uang Tunai

Meskipun pembayaran dengan kartu atau sistem online sangat praktis, tetapi ada banyak tempat yang tidak memungkinkan hal ini. Misalnya saja, ketika ke toilet atau wahana liburan yang sifatnya konvensional.

10 Pergi ke Bank Lokal yang Memungkinkan

Jika memungkinkan, pergilah ke bank apabila ada hal-hal yang perlu dilakukan. Namun, karena tidak semua daerah memiliki cabang bank, maka sebaiknya pilih tabungan di tempat yang menyediakan sistem ATM bersama atau internasional.

 

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com