curug pucung BantulCURUG PUCUNG, CURUG TERSEMBUNYI DI BANTUL

Paket Wisata – Curug Pucung mungkin masih terdengar asing di telinga kalian, lokasinya yang tersembunyi membuat curug ini kurang terkenal daripada curug atau air terjun lain yang ada di Bantul.

Mengapa Curug Tersembunyi?

Selayaknya sebuah air terjun lainnya, Curug Pucung berada di perbukitan Pundong dan di bawah rerimbunan hutan nan hijau, sehingga membuat suasananya sangat sejuk dan asri. Kondisi Curug Pucung masih dalam tahap pengembangan menjadi sebuah tempat wisata alternatif yang ada di Kabupaten Bantul.
Jika musim kemarau, Curug Pucung debit airnya sangat sedikit, tidak bisa untuk berenang atau bermain air. Akan tetapi, saat musim hujan, debit air di Curug Pucung sangat deras dan jernih. Sehingga bisa digunakan untuk berenang dan bermain air.
Selain sebagai tempat wisata, aliran air dari Air Terjun Pucung juga digunakan untuk mengaliri sawah, atau irigasi. Warga sekitar membuatkan selokan kecil dari bawah area curug, hingga sampai ke sawah-sawah yang ada di sekitar pundong.

Rute dan Akses Menuju Curug

Curug Pucung benar-benar masih alami. Berada di perbukitan Pundong, Bantul yang masih lebat oleh hutan belantara. Perbukitan ini sudah perbatasan dengan laut selatan.

Lokasi air terjunnya jika dari jalan raya harus masuk jalan kampung yang sudah cor block. Akses jalannya hanyacukup 1 mobil. Jika ada mobil dari lawan arah tidak akan cukup. Jadi kami sarankan ke Air terjun pucung menggunakan sepeda motor.

Lokasi : Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751

Akses untuk menuju lokasi ke Air terjun Pucung dari parkiran kita harus tracking jalan kaki di jalan setapak dengan kondisi jalurnya menanjak. Jarak perjalanan dari area parkir kurang lebih 500 meter.

Bagi orang yang tidak pernah olah raga akan sangat terasa berat dan melelahkan. Akan tetapi semua akan terbayar saat kita sampai lokasi air terjun. Karena suasananya yang masih alami dan menyejukan.

Harga Tiket masuk dan Fasilitas yang ada di Air Terjun Pucung, Pundong, Bantul

Wisata di kota Jogja terhitung sangat murah dan bersahabat di dompet, termasuk ke Air terjun Pucung ini. Kamu tidak perlu khawatir memikirkan berapa harga tiket masuk dan biaya lainnya yang ada disini.

Untuk bisa menikmati keindahan dan kesegaran suasana di salah satu wisata air terjun di bantul ini kamu cukup membayar sukarela. Belum ada retribusi masuk, karena memang wisata alam ini terhitung masih baru dan dalam tahap pengembangan. Walaupun belum ada retribusi masuk ke Air terjun, kami sarankan untuk memasukan uang di kota box yang sudah disediakan.

Selain tiket masuk, kita juga cukup membayar karcis parkir sebesar Rp 2.000 per motor.

Tips sebelum berkunjung ke Air Terjun Pucung

Berikut kami infokan beberapa tips sebelum kamu berkunjung ke Air terjun Pucung, Pundong, Bantul

  1. Siapkan sepeda motor yang prima
  2. Siapkan mantel atau jas hujan jika pada saat musim hujan
  3. Siapkan dana uang untuk membayar retribusi masuk atau toilet
  4. Siapkan bekal, minimal air minum
  5. Siapkan pakaian ganti dan tas plastik untuk pakaian basah

Wisata lain terdekat dari Air Terjun Pucung

1. Pantai Parangtritis
2. Gumuk Pasir
3. Goa Gajah
4. Bukit Paralayang Watu Gupit