Desa Wisata Gendeng Kerajinan Wayang

Desa Wisata Gendeng Kerajinan Wayang – Di artikel sebelumnya kita sudah membahas desa wisata krengseng dan desa wisata lemahdadi. Untuk kali ini, kita akan membahas desa wisata gendeng yang letaknya masih sastu kelurahan dengan desa wisata krengseng dan lemahdadi. Masing – masing dusun ini memiliki sentra kerajinan yang berbeda – beda. Desa wisata gendeng ini merupakan sentra kerajinan wayang kulit. Dusun Gendeng berbatasan dengan Dusun Ngentak di sisi utara dan Dusun Kalirandu di sebelah barat. Sedangkan di tepi selatan, Dusun Bangen dan Bibis yang menjadi batasnya. Daerah-daerah yang berada di Dusun Gendeng diantaranya bernama Lemah Abang dan Karangjati.

Desa Wisata Kerajinan Gendeng sejak dahulu dikenal sebagai tempat penghasil wayang kulit dengan kualitas terbaik. Di sini terdapat puluhan pengrajin handal yang sampai sekarang tetap mempertahankan teknik membuat wayang kulit, terutama wayang kulit gaya Yogyakarta yang benar-benar berkualitas.

Sejarah

Secara singkat, wayang kulit mulai dibuat di Gendeng pada sekitar tahun 1929. Orang yang mempelopori pembuatan wayang kulit ini adalah (Alm) Bpk. Walijo atau Bpk. Atmo Sukarto. Walaupun bernama Atmo Sukarto, tetapi orang lebih mengenal beliau dengan nama Pak Pujo. Selain sebagai pembuat wayang kulit, beliau juga dikenal sebagai dalang, penari wayang wong dan pengrawit.

Kecintaannya pada kesenian wayang kulit membuat Pak Pujo mendirikan sanggar kesenian yang menjadi wadah bagi orang-orang sekitar untuk ikut belajar bagaimana membuat wayang kulit yang berkualitas. Dari sinilah nantinya murid-murid dari Pak Pujo mampu berkembang dan mendirikan tempat sendiri untuk memproduksi wayang kulit hingga membentuk lingkungan seni kerajinan yang kemudian dikenal sebagai Sentra Kerajinan Wayang Kulit Gendeng.

Dalam perkembangannya, kerajinan wayang kulit sempat berjaya di saat Presiden Soeharto berkuasa. Para pengrajin dapat dikatakan mampu hidup lebih dari cukup dari hasil membuat wayang. Bahkan bisa dibilang upah buruh pengrajin wayang masih lebih tinggi dari gaji guru pada waktu itu.

Faktor terpenting yang membuat wayang kulit bisa berjaya adalah, kala itu apresiasi dan dukungan pemerintah sangat besar . Seperti diikut sertakanya pengrajin wayang dalam pameran-pameran dimana para pengrajin tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, kerena semuanya ditanggung oleh pemerintah. Presiden Soehatro sendiri adalah seorang pecinta kesenian wayang kulit, sehingga beliau juga ikut serta mengenalkan dan mempromosikan wayang kulit di Gendeng ini.

Produk Unggulan

Produk unggulan dari Sentra Kerajinan Tatah Sungging Gendeng ini adalah wayang kulit. Lebih spesifik, wayang kulit dengan gaya Yogyakarta. Pengrajin wayang di dusun Gendeng mampu membuat karya yang benar-benar berkualitas. Bahkan sampai saat ini, masih ada beberapa pengrajin yang hanya mau menghasilkan wayang kulit berkualitas tinggi saja. Karena realita yang ada, sekarang orang cenderung tidak mengerti dan tidak bisa membedakan mana wayang dengan kualitas yang baik dan yang buruk. Karena jika dilihat sekilas, bagi orang awam tentu memang susah untuk menilai kualitas suatu wayang kulit. Sehingga kemudian banyak bermunculan wayang-wayang yang hanya diperuntukkan sebagai souvenir, dengan kualitas biasa atau rendah.

Wayang yang dibuat Barno Surya MH. ini contohnya. Cenderung bercondong ke arah wayang seni, dengan kualitas tinggi. Beliau memang tidak menitik beratkan ke pembuatan souvenir atau semacamnya. Hal ini beliau sampaikan, karena menurutnya usaha wayang kulit tersebut tidak hanya melihat dari keuntungan hasil menjual saja, melainkan beliau menginginkan agar kelestarian wayang kulit khususnya di daerah Gendeng ini mempunyai kualias yang tidak bisa dianggap remeh. Beliau menjamin wayang kulit yang diproduksinya memiliki kualitas dan harga yang sepadan.

Pemasaran

Pada masa kejayaannya, Wayang kulit buatan Gendeng mampu merambah pasar luar negeri. Di nusantara sendiri, khususnya daerah Yogya dan sekitarnya, wayang kulit gendeng mendominasi pasaran.

Saat ini, wayang produksi Gendeng belum mampu mengulang kembali periode kejayaan semasa dulu. Akan tetapi, masih banyak orang yang mencari wayang di Sentra Kerajinan Gendeng ini. Kebanyakan adalah para kolektor seni, yang faham betul tentang kualitas wayang. Walau jumlah pembelinya belum sama banyaknya sepertu dahulu.

Juga, sekarang ini sangat jarang pengrajin wayang di dusun gendeng mengikuti pameran, khususnya pameran wayang dimana mereka dapat menunjukkan keunggulan produk buatannya. Karena dengan begitu, lantas orang akan tahu kelebihan dari wayang kulit produksi Gendeng.

Harga

Sebuah wayang kulit dengan model dan ukuran yang sama dapat memiliki harga yang berbeda. Dikarenakan wayang adalah benda seni, dan jika sudah bicara mengenai seni, maka harga sudah tidak bisa dijadikan parameter lagi. Apalagi di Sentra Kerajinan Gendeng yang notabene-ya sebagai penghasil wayang seni kualitas tinggi. Selain itu, setiap pengrajin pasti memiliki standar tarif sendiri-sendiri. Kualitas bahan baku & finishing juga termasuk faktor penentu mahal tidaknya harga suatu wayang.

Sebagai gambaran, satu buah wayang ukuran 50cm dapat dijual dengan tiga macam harga. Berdasarkan kualitasnya. Untuk kualitas terrendah, dijual dengan kisaran harga 200-300 ribu rupiah. Wayang jenis ini biasa dibeli oleh orang low budget atau orang yang lebih mementingkan harga dibanding kualitasnya.

Kemudian level kualitas sedang, dijual dengan kisaran harga 600-800 ribu rupiah. Wayang jenis ini banyak digunakan oleh para dhalang, khususnya dhalang yang belum mengutamakan kualitas wayang untuk dimainkan.

Untuk wayang dengan kualitas terbaik, harga nya bisa lebih dari 1 juta rupiah per unit. Bahkan ada yang mampu menjual dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah. Para kolektor & peminat seni yang benar-benar mencari wayang kualitas terbaik-lah pembelinya.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com