Desa Wisata Kembang Arum Yogyakarta

Paket Wisata Bantul – Tempat wisata  di Jogja memang tak pernah ada habisnya, setiap tahunnya pasti ada yang baru. Kreativitas masyarakat yang mampu mengubah lingkungannya menjadi tempat wisata menjadi salah satu pemicu banyaknya tempat wisata di Jogja.

Sudah pernah berkunjung ke Desa Wisata Kembangarum? Desa Wisata Kembangarum atau yang sering disingkat menjadi dewikembar ini diresmikan tahun 2005.

Lokasi Desa Wisata Kembang Arum

Lokasi Kembang Arum ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Kembang Arum. Namun lokasi Watu Giring ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Kembang Arum tepatnya berada di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemandangan Desa Wisata Kembangarum yang bersih dan tertata rapi ini benar-benar menyegarkan mata dan batin. Pagar batu yg ditata sedemikian rupa rapinya, tampak menyatu dengan alam.. sangat alami dan sederhana.. menyegarkan.

Berbagai tanaman hias banyak ditanam di sepanjang gang. Perpaduan ini jelas membedakan Desa Wisata Kembangarum dari desa lain pada umumnya. Suasananya tenang, dengan perumahan tradisional, pemandangan yg asri, dan udara yang segar.

Desa Wisata Kembangarum ini menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian untuk para pengunjung. Program-program yang dirancang dan di Desa Wisata Kembangarum mengedepankan edukasi atau pendidikan bagi anak-anak khususnya.

Program unggulan di Desa Wisata Kembangarum adalah kursus melukis. Ya, di desa ini ada Sanggar Lukis. Lulusannya sering juara internasional lho 🙂

Desa Wisata Kembangarum juga menawarkan sarana permainan tradisional di halaman pendopo yg dijadikan sanggar lukis. Berbagai permainan tradisional seperti enggrang, engklek, dakon, gobak sodor, dan lainnya dapat dimainkan di pendopo #dewikembar ini.

Sungai di desa ini juga dijadikan sebagai sarana permainan. Kolam pemancingan ikan dan kolam renang alami jg merupakan arena bermain yg tidak kalah menarik.

Yang sangat menarik, Desa Wisata Kembangarum juga memberikan fasilitas penginapan bagi mereka yg ingin tinggal lebih lama. Bermalam di Desa Wisata Kembangarum bisa jadi pilihan bagi yang ingin mendengarkan suara katak/bangkong, kicauan burung dan kunang-kunang di malam hari 🙂

Harga Tiket dan Parkir Desa Wisata Kembang Arum

Harga tiket masuk ke Desa Wisata Kembang Arum saat ini belum dikenakan biaya tetapi para pengunjung harus membayar beberapa fasilitas yang ada.

Sedangkan untuk biaya parkir di Kembang Arum pengunjung harus membayar tarif sebesar Rp 2.000 untuk Sepeda Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Untuk fasilitasnya yaitu:

  1. Biaya Outbond dan Permainan Tradisional
  2. Balap Dingklik : Rp. 15.000/orang
  3. Bambu Salak Glundong : Rp. 15.000/orang
  4. Balap Egrang : Rp. 15.000/orang
  5. Balap Bakiak : Rp. 15.000/orang
  6. Tarik Tambang Lumpur : Rp. 15.000/orang
  7. Bambu Keseimbangan : Rp. 15.000/org
  8. Bambu Pancuran : Rp. 15.000/orang
  9. Tampah Bola : Rp. 15.000/orang
  10. Gebuk Bantal di atas Air : Rp. 15.000/orang
  11. Mencari ikan : Rp. 20.000/orang
  12. Sepak Bola Lumpur : Rp. 15.000/orang
  13. Basket Lumpur : Rp. 15.000/orang
  14. Kenthos Keseimbangan : Rp. 15.000/orang
  15. Volley Geber : Rp. 15.000/orang
  16. Flying fox : Rp. 25.000/orang

Kerinduan terhadap suasana pedesaan yg asri, teduh dan santai memang kerap menyerang warga kota. Terlebih bagi mereka yg sangat sibuk di kesehariannya. Keberadaan Desa Wisata Kembangarum ini dapat menjadi alternatif wisata bagi kita yg ingin melepaskan kepenatan kota.