Desa Wisata Kerajinan Patung Lemahdadi Bantul Yogyakarta

Desa Wisata Kerajinan Patung Lemahdadi Bantul Yogyakarta – Desa wisata di Bantul Yogyakarta banyak sekali. Hampir seluruh daerah di wilayah Bantul Yogyakarta memiliki desa kerajinan. Salah satunya adalah desa kerajinan patung di Lemahdadi Yogyakarta. Tempat ini tidak jauh desa wista krengseng yang memiliki kerajinan  pisau batik dan juga tidak jauh dari desa wisata krebet.

 

Sejarah

Terciptanya industri kerajinan Patung Batu di Lemahdadi tidak bisa lepas dari peran penting para pelopor-nya. Mereka adalah Bapak Sugiman dan Bapak Budi Mulyono. Bapak Sugiman adalah penduduk asli dusun Lemahdadi, sedangkan Bapak Budi adalah pendatang yang sudah lama hidup di dusun tersebut. Kedua orang ini dapat dikatakan sebagai para pendiri Kerajinan Patung Batu dan juga yang paling awal membangun tempat produksi atau bengkel seni Patung Batu di Lemahdadi.

Dahulu, Bapak Sugiman dan Budi Mulyono adalah buruh pengrajin patung batu di daerah Muntilan, Magelang. Perlu diketahui bahwa daerah Muntilan juga merupakan Sentra Kerajinan Patung Batu yang sudah lebih dahulu berkembang dan terkenal. Di tempat inilah, sembari mereka bekerja, mereka juga sedikit demi sedikit mempelajari seluk beluk kerajinan ini, mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembuatan patung, hingga teknik pemasaran dan manajemen.

Dan ketika dirasa sudah cukup memiliki bekal, beberapa tahun sebelum krisis moneter melanda republik, sekitar tahun 1995, mereka berdua mencoba untuk mendirikan produksi patung batu sendiri di kampung tempat mereka tinggal, yaitu Lemahdadi. Bapak Sugiman kemudian mendirikan usaha dengan nama Sanggar Budaya, sedangkan Bapak Budi Mulyono mendirikan Fajar Stone.

Kedua bengkel seni inilah yang menjadi awal berdirinya Sentra Kerajinan Batu Ukir di Dusun Lemahdadi ini.

Produk Unggulan

Di Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi, Patung Buddha adalah patung yang paling banyak dipesan para pembeli. Oleh karena itu, lazim kita temui patung buddha dalam berbagai macam bentuk, seperti buddha bertapa, buddha tidur,dan pose-pose lain. Ukurannya pun beraneka ragam. Mulai dari yang paling kecil, seukuran tangan manusia, sampai yang tingginya hampir sama dengan atap rumah.

Itu baru dilihat dari segi bentuk & ukuran. Masih ada satu aspek lagi yang perlu anda cermati, yaitu finishing. Terdapat belasan jenis sentuhan akhir yang makin memanjakan pilihan anda. Mulai dari warna hitam,yang paling banyak digunakan. Kemudian ada warna batu alam, warna kuning emas, putih, dan masih banyak pilihan warna lainnya.

Faktor lain yang menyebabkan patung buddha begitu poluper adalah dari sisi historis, keberadaan Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi tak bisa dipisahkan dari daerah Muntilan, Magelang. Di daerah tersebut terdapat Sentra Kerajinan Patung yang berdiri jauh lebih dulu daripada Lemahdadi. Dan di Muntilan, patung yang paling banyak dibuat adalah patung buddha. Perlu diketahui bahwa Muntilan dekat dengan candi buddha terbesar di Indonesia, yaitu Candi Borobudur.

Dalam perkembangannya, tentu bukan hanya patung buddha maupun patung tokoh pewayangan kuno saja yang diproduksi di Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi ini. Terdapat model-model patung yang mulai mengikuti permintaan pasar dan perkembangan zaman.

Selain memproduksi beragam bentuk patung dari batu, para pengrajin juga membuat aneka ragam air mancur dan relief yang juga terbuat dari batu.

Pemasaran

Saat ini, berdasarkan Pendataan Industri Kecil dan Menengah yang dibuat awal tahun 2012, terdapat 8 Pengrajin Patung Batu yang telah mampu menyerap ratusan pekerja, baik dari dalam dusun Lemahdadi maupun dari dusun sekitarnya, seperti Salakan dan Kenalan. Dalam satu bulan, para pengrajin patung batu di Lemahdadi rata – rata mampu mengeksport 8 sampai 9 kontainer kepasar dalam negeri (Solo, Bali) dan luar negeri (Eropa, Australia, Amerika dan Timteng).

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com