EKSOTISME CANDI PAWON MAGELANG

Paket Wisata  – Jika kalian mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, jangan lupa mampir ke Candi Pawon ya. Karena lokasinya yang dekat dengan candi terbesar di Indonesia itu, banyak wisatawan yang mampir ke Candi Pawon setelah mengunjungi Borobudur. Entah karena mereka ingin mengunjungi atau hanya sekadar ‘sekalian aja mumpung udah disini’.

Sejarah Candi Pawon

Bangunan pemujaan ini termasuk salah satu Candi Buddha yang  diperkirakan didirikan oleh Dinasti Syalendra antara abad VIII – IX Masehi, akan  tetapi waktu pembangunan secara pasti tidak diketahui karena belum ada data-data yang cukup kuat.Saat masa Kerajaan Mataram Kuno, candi ini masih digunakan dan terbukti akan ketahanannya karena hingga saat ini masih terlibat dalam upacara Waisak.

Karena terletak di Pulau Jawa, masyarakat terutama suku Jawa sering menganggap candi ini berarti dapur (bahasa Jawanya ialah ‘pawon’). Namun sebagai bukti bercorak buddha dari masa klasik, Candi Pawon yang berarti pawuan atau tempat abu ini diambil menurut Bahasa Jawa Kuno serta dimanfaatkan sebagai penyimpanan abu jenazah bagi Raja Indra, pendahulu atau ayah Raja Samaratungga pada masa dinasti Syailendra.

Arca dan arsitektur

Berkas:Kalpataru Candi Pawon.jpg

Di dalam bilik candi ini sudah tidak ditemukan lagi arca sehingga sulit untuk mengidentifikasikannya lebih jauh. Suatu hal yang menarik dari Candi Pawon ini adalah ragam hiasnya. Dinding-dinding luar candi dihias dengan relief pohon hayati (kalpataru) yang diapit pundi-pundi dan kinara-kinari (mahluk setengah manusia setengah burung/berkepala manusia berbadan burung).

Lokasi,  Jam Buka Dan Tiket Masuk Candi Pawon

Candi Pawon ini berada di Desa Mendut, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Keberadaan candi yang ada di tengah pemukiman penduduk serta berada di tengah tiga candi Budha di Magelang ini membuat tempat ini wajib untuk dikunjungi wisatawan. Sehingga wisatawan bisa ke Candi Pawon dengan menggunakan sewa mobil di Jogja.

Jam buka dari Candi Pawon ini adalah setiap hari dari jam 06.00 pagi sampai 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 3.500 baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Bagi yang datang dengan membawa kendaraan, sudah tentu dikenakan biaya parkir yang sudah ditentukan.

Transportasi

Transportasi Mengingat Candi Pawon berada tak jauh dari Candi Borobudur, Anda dapat menjadikannya sebagai satu paket wisata bersama-sama dengan Candi Borobudur yang megah dan memesona itu. Berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Yogyakarta, cara termudah untuk sampai ke sana adalah dengan bergabung dengan tur atau menyewa mobil atau motor. Beberapa hotel atau penginapan di Yogyakarta menyediakan jasa sewa tersebut. Anda juga bisa mengambil tur sehari dari Wonosobo ke Borobudur dengan kendaraan wisata yang berasal dari Semarang atau Yogyakarta. Jalur menuju Borobudur, Mendut, dan Pawon sudah terbilang memadai dan mudah diakses. Perjalanan pun akan ditemani udara sejuk dan segar Kota Magelang yang dihiasi pepohonan rindang sepanjang jalan.

Nah, jika kalian ingin mengunjunginya datang pagi ya agar matahari belum begitu terik sehingga dapat menikmati eksotisme salah satu Candi Budha di Magelang ini! Semoga bermanfaat . . .