EKSOTISME GOA KISKENDO KULON PROGO

Paket Wisata – Goa Kiskendo merupakan salah satu goa di Kulon Progo yang masih belum diketahui banyak orang. Suasana yang ada di Goa Kiskendo ini sangat sejuk dan dingin. Banyak pertapa yang bertapa di Goa ini, goa ini menjadi saksi biksu napak tilas para pertapa.

Seperti yang diketahui, dengan banyaknya pertapa di goa ini sehingga terdapat ruangan khusus untuk para pertapa. Di Goa Kiskendo ini terdapat beberapa tempat untuk bertapa yaitu Pertapaan Tledek, Kusuma, Padasan, Sabtri Tani, Semelong, Selumbung,  Lumbung Kampek, dan masih ada yang lainnya

Goa Kiskendo Yogyakarta

Goa Kiskendo terletak di Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo Kulonprogo, Gua Kiskendo tepatnya berada perbatasan Jogja dan Purworejo.  Di Goa ini terdapat relief wayang yang menggambarkan kejadian tersebut. Goa ini terbentuk karena resapan air yang ada selama ratusan tahun yang memiliki panjang sekitar kurang dari 600 m dengan banyak jalan bercabang dan cahaya yang remang-remang.

Goa Kiskendo merupakan goa yang ada di pegunungan menoreh. Goa ini berada di atas ketinggian 1200 m dari permukaan laut dan berada di tengah-tengah hutan, tetapi hutan tersebut sudah menjadi perkampungan dan jalan alternatif. Suasana yang ada di Goa Kiskendo ini sangat sejuk dan dingin. Goa Kiskendo ini ditemukan pada tahun 1820, lalu pada tahun 1964 goa ini dijadikan sebagai wisata religi. Kemudian pada tahun 1974-1975 Dinas Pariwisata Yogyakarta mengembangkan Goa Kiskendo menjadi tempat wisata yang dikelola secara resmi. Goa ini diresmikan pada tahun 1979.

Goa itu sepanjang 1,5 kilometer goa di dalam bumi Bukit Menoreh. Ada dua percabangan besar di dalamnya dan mengarahkan pengunjung pada bekas tempat banyak orang di masa lalu dalam melakoni pertapaan.

Kisah sejarah yang menarik di Gua Kiskendo, menjadikan Gua tersebut salah satu wisata minat khusus yang digemari banyak wisatwan.

Sejarah Goa Kiskendo

Asal usul dari Goa Kiskendo menurut mitos yang dipercayai masyarakat yaitu sebuah kerajaan guwa kiskenda yang dipimpin oleh Prabu Mahesasura yang merupakan saudara seperguruan dari Jatasura dan Patih Lembusura yang merupakan adiknya. Menurut mitos, mereka berdua merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan sakti. Mahesasura digambarkan dengan makhluk berkepala kerbau dan lembusura digambarkan dengan makhluk berkepala sapi yang keduanya memiliki tubuh manusia yang tinggi dan besar.

Tetapi walaupun mereka memiliki kekayaan dan kejayaan, mereka memiliki sifat yang tamak dan sombong yang akhirnya daat menghancurkan mereka sendiri. Prabu Mahesasura yang merasa bisa menaklukkan raja keturunan dewa, memerintah adiknya Lembusura untuk melamar Dewi Tara yang merupakan wanita cantik dari Bathara Indra. Tetapi Dewi Tara tidak menerima lamarannya dan membuat Prabu Mahesasura dengan Lembusura merasa terhina dan menghancurkan Kahyangan sementara Dewi Tara dibawa ke bumi.

Hal itu membuat para dewa memutuskan untuk meminta bantuan Subali yang merupakan putra resi gotama yang pada saat itu is sedang bertapa di goa tersebut untuk menebus segala perbuatannya. Berikut cerita singkat dari asal usul Goa Kiskenda, tetapi cerita tersebut belum selesa, jika Anda ingin mengetahui cerita lengkapnya Anda dapat berkunjung ke Goa Kiskendo di Kulon Progo.

Harga Tiket Masuk

  • Masuk ke Kiskendo cukup membayar Rp 5.000 per orang.
  • Parkir hanya Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.
  • Pengunjung berkelompok bisa memanfaatkan jasa pemandu susur goa dengan membayar jasa Rp 40.000.