FAKTA UNIK SAM POO KONG

Fakta Unik Sam Poo Kong –  Sudah pasti ada yang kurang jika kalian pergi ke Semarang tanpa mengunjungi Sam Poo Kong yang berada di Semarang. Bangunan pada Sam Poo Kong ini dibangun dengan bangunan megah dan juga artistik sehingga sangat cocok untuk Anda para penyuka foto-foto. Nah berikut ini adalah beberapa fakta unik Sam Poo Kong yang perlu Anda ketahui.

1. Klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan bersejarah megah yang menyimpan unsur islam dalam kebudayaan Tiongkok

klenteng sam poo kong

Banyak orang yang datang ke klenteng untuk berziarah atau bersembahyang. Mereka menganggap Cheng Ho adalah seorang dewa. Padahal, Laksamana Cheng Ho sendiri merupakan umat muslim. Hal ini bisa dimaklumi karena bagi umat tau atau kong hu cu, arwah orang yang telah meninggal bisa memberikan pertolongan kepada mereka.

Inilah keunikan Sam Poo Kong. Bangunan bersejarah megah yang menyimpan unsur islam dalam kebudayaan Tiongkok.

2. Laksamana Cheng Ho seorang pelaut handal yang berlayar mengunjungi berbagai negara sebagai duat perdamaian

klenteng sam poo kong

Cheng Ho memimpin 62 kapal megah dan melakukan pelayaran dari Suzhou menuju Champa, Palembang, Jawa, Srilangka, Kalikut (India). Cheng Ho datangan untuk menyebarkan virus perdamaian.

3. Awalnya, Laksamana Cheng Ho mendarat di pantai utara Jawa (Semarang) untuk mendirikan masjid, bukan klenteng

klenteng sam poo kong

Laksamana Cheng Ho merapat di pantai utara Jawa yang kini bernama Semarang. Setibanya di Semarang, Laksamana Cheng Ho berlindung pada sebuah gua dan mendirikan masjid. Kini, masjid tersebut beralih fungsi sebagai kelenteng yang difungsikan sebagai tempat bersembahyang.

4. Di dalam Sam Poo Kong terdapat jangkar kapal Cheng Ho yang dikeramatkan yang diberi nama Kiai Djangkar

klenteng sam poo kong

Saat berkunjung ke Sam Poo Kong, kamu bisa datang mengunjungi petilasan Kiai Djangkar. Di dalam petilasan terdaoat jangkar milik kapal Cheng Ho yang telah berusia 611 tahun. Karena jangkar kapal tersebut dianggap keramat, banyak warga yang datang untuk berziarah dan bersembahyang.

5. Lalu, di sebelah petilasan Kiai Djangkar berdiri makam Kiai Tumpeng

klenteng sam poo kong

Menurut juru kunci, Kiai Tumpeng adalah juru masak kapal Cheng Ho. Kiai Tumpeng dianggap telah banyak berjasa kepada Cheng Ho. Maka dari itu, masyarakat datang mendoakan dan menghormati makam Kiai Tumpeng.

Entah siapa nama asli Kiai Tumpeng, namun karena juru masak Cheng Ho terbiasa membuat tumpeng, jadilah warga sekitar menyebutnya dengan Mbah Tumpeng atau Kiai Tumpeng

6. Uniknya, terdapat pohon rantai yang berusia 611 tahun

klenteng sam poo kong

Sayangnya, juru kunci Sam Poo Kong kurang tahu nama ilmiah pohon tersebut. Bapak Sukendar, juru kunci, hanya menyebut pohon yang berbentuk seperti rantai itu dengan nama Pohon Rantai. Yang konon usianya sekitar 611 tahun.

7. Kamu bisa tahu kisah Laksamana Cheng Ho dari relief yang terpahat di area klenteng

klenteng sam poo kong

Di bagian bawah relief terdapat inskripsi yang tertuliskan dalam 3 bahasa, Inggris, China, dan Bahasa. Menurut inskripsi tersebut, Laksamana Cheng Ho telah mengunjungi Semarang sebanyak dua kali. Pada tahun 1401 dan 1416 SM.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com