Fasilitas Di Pantai Sadeng

Fasilitas Pantai Sadeng – Ketika anda mengunjungi pantai sadeng, mungkin pantai ini terlihat sedikit berbeda dengan pantai yang lainnya. Pantai pada umumunya di kelilingi pasir putih yang sangat indah. Namun, di pantai sadeng ini sendiri justru di kelilingi dermaga – dermaga untuk pemberhentian kapal nelayan. Akan tetapi anda tidak usah khawatir karena anda juga bisa menikmati fasilitas yang ada di Pantai Sadeng. Berikut kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Sadeng.

1. Telaga Suling

Telaga Suling merupakan telaga yang diyakini masyarakat setempat sebagai sisa aliran air dari sungai Bengawan Solo Purba. Pendapat ini bukan hanya sekedar opini belaka karena terdapat bukti fisik berupa dua buah perbukitan kapur berbentuk memanjang dengan sebuah lembah di tengahnya. Kini, lembah tersebut telah beralih fungsi menjadi ladang palawija bagi penduduk setempat karena tanahnya yang subur.

Lembah di sekitar Telaga Suling ini memiliki panjang kurang lebih 7 KM. Alurnya berkelok-kelok menuju ke arah utara hingga memasuki wilayah Pracimantoro di Kabupaten Wonogiri. Apabila Anda mengikuti alur ini, maka akan menemui lokasi pembalikan arah muara dari sungai Bengawan Solo. Sementara itu, lokasi muara Sungai Bengawan Solo Purba berada di sebelah timur pantai Sadeng. Kini, lokasi tersebut telah dimanfaatkan sebagai pelabuhan perikanan oleh masyarakat setempat.

2. Aktivitas perkampungan nelayan

Pantai Sadeng memang bukanlah destinasti wisata biasa, disini Anda dapat menyaksikan dari dekat aktivitas para nelayan. Diantaranya adalah mereka yang sedang membersihkan perahu, membawa ikan hasil tangkapan ke tempat pelelangan, hingga menggiling es untuk mengawetkan ikan. Begitu ramainya pantai ini disebabkan keberadaannya sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) utama dan paling maju di provinsi DIY.

Majunya pelabuhan ini dibuktikan dengan perahu motor berukuran besar, terminal pengisian bahan bakar, pondokan hingga koperasi nelayan. Ketika berkunjung ke pantai Sadeng, Anda pun dapat menyaksikan secara langsung proses pelelangan ikan. Berkunjung ke pantai ini jelas sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan Anda tentang aspek historis dan sosiologis masyarakat Sadeng.

3. Wisata kuliner seafood

Tidak hanya dikenal karena kekayaan nilai sejarah dan popularitasnya sebagai penggerak perekonomian masyarakat, restoran seafood di pantai Sadeng juga terkenal. Bagi Anda yang datang ke sebuah pelabuhan dimana semua hasil laut dilelang dan dijual tentu tidak afdal rasanya jika tidak menikmati masakan laut.

Disini, banyak sekali restoran yang berjejeran menawarkan beragam hidangan laut dengan cita rasa yang lezat. Nah, menikmati lezatnya hidangan seafood bersama keluarga sembari menikmati indahnya panorama laut dan hiruk pikuk pelabuhan tentu menjadi harmoni tersendiri. Anda juga tidak perlu khawatir karena beberapa restoran disini menawarkan beragam hidangan laut dengan harga murah.

4. Sensasi menaiki perahu

Perahu-Pantai-Sadeng

Mengingat Pantai Sadeng ini ramai akan nelayan yang mencari ikan ke tengah laut, tak heran jika nantinya disini Anda akan dengan sangat mudah menemukan perahu yang disewakan. Tentunya sensasi menaiki perahu nelayan terapung-apung di tengah laut akan memberikan pengalaman dan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

5. Memancing

Banyak spot-spot memancing yang bisa Anda gunakan, misalnya di dekat dermaga. Pantai Sadeng memang merupakan destinasi wisata yang pas untuk Anda yang hobi memancing, ditambah lagi di tempat ini Anda akan disuguhi pemandangan dermaga yang sangat indah. Banyak ikan yang bisa didapat, diantaranya ikan kakap, ikan tuna, dan ikan kerapu.

Daya tarik utama pantai Sadeng justru terletak pada segi historis dari Telaga Suling, aspek sosiologis pelabuhannya serta kuliner bercita rasa lezat pelabuhannya. Jika Anda bosan dengan suasana wisata pantai yang biasa-biasa saja, maka kunjungan ke pantai Sadeng mungkin dapat menjadi daftar antrian di itinenary. Dijamin, kunjungan ke pantai bekas muara Bengawan Solo Purba ini akan memberikan warna berbeda dalam perjalanan wisata Anda.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com