Goa Selarong, Bantul

Paket Wisata Bantul – Bantul memiliki banyak daerah wisata yang menyimpan banyak destinasi wisata yang indah. Terdapat berbagai macam goa yang ada di Bantul yang dapat para wisatawan nikmati pesona keindahannya. Obyek wisata tersebut adalah Goa Selarong.

Goa Selarong Bantul merupakan goa yang terkenal karena goa ini bekas benteng pertahanan Pangeran Diponegoro dengan pasukannya, oleh sebab itu goa ini juga biasa disebut dengan Goa Diponegoro. Di Goa Selarong ini terdapat patung Pangeran Diponegoro yang diletakkan di gapura sebagai pahlawan Goa Selarong Bantul.

Apa menariknya Goa Selarong ?

  • Mengingatkan pada sejarah. Dulunya goa Selarong merupakan markas Pangeran Diponegoro bersama pasukannya saat melakukan aksi perang gerilya melawan penjajah Belanda antara tahun 1825 -1830.
  • Adem dan sepi. Selain bisa digunakan sebagai tempat belajar sejarah, goa Selarong bisa digunakan untuk menyepi. Selain hari libur, goa Selarong jarang dikunjungi wisatawan.
  • Bisa untuk berdoa. Saat itu pernah ditemui ada bekas bakaran semacam dupa. Kemungkina besar dupa itu digunakan sebagai perlengkapan berdoa.

Pukul berapa bukanya?

Pukul 08.00 – 16.00 WIB

Adakah hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Goa Selarong?

  • Bacalah buku sejarah lebih dulu. Jika kesana berharap mendapatkan objek yang benar-benar menarik secara visual, maka kamu akan kecewa. Berbeda jika sebelumnya sudah membaca sejarah goa Selarong dan kesana untuk napak tilas perjuangan Pangeran Diponegoro dan pasukannya. Selain itu disana tidak ada pemandunya. Jadi harus paham secara mandiri.
  • Bawa air mineral. Untuk bisa melihat goa Kakung dan goa Putri, kamu harus meniti puluhan anak tangga. Jika cuaca pas terik-teriknya, bisa dipastikan kamu akan kelelahan.

Secara keseluruhan, wisata di Goa selarong ini cukup asyik untuk dikunjungi.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan di Paket Wisata Bantul.