Gudeg Jogja GUDEG TERKENAL WAJIB DIKUNJUNGI DI JOGJA

Gudeg Jogja – Salah satu ikonik kota Jogja adalah gudegnya. Rasanya yang enak juga membauat orang-orang ketagihan untuk mencobanya lagi. Dengan rasa manis itu, gudeg membuat semua orang mencintainya.

Makanan dengan cenderung memiliki rasa manis itu, terdiri dari bahan utama gori yang diolah menjadi gudeg ditambah ayam suwir, telur , sambel krecek dan tahu memang sangat menggugah selera. Berikut merupakan tempat gudeg legendaris dan wajib dikunjungi jika anda sedang berlibur ke Jogja

 

1. Gudeg Manggar Bu Tinur – Waroeng Joglo

Gudeg Manggar
Gudeg Manggar [image source]

Gudeg biasanya dibuat dari gori atau nangka muda. Namun, beberapa variasinya justru dibuat dari manggar atau bunga kelapa yang dimasak dengan bumbu gudeg pada umumnya. Setelah matang, manggar akan dipotong dan disajikan dengan side dish lain seperti telur atau ayam bacem, sambal, dan krecek yang nikmatnya nendang. Kalau ke Yogyakarta, salah satu kedai gudeg manggar terbaik dikelola oleh Bu Tinur

Beralamat di  Jalan Bibis Raya RT.04, Dusun Gendheng, Bangunjiwo, Kasihan, Bangunjiwo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 20.30 WIB. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 30.000 an saja per porsinya.

2. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum [image source]

Gudeg Yu Djum adalah menu paling melegenda di Yogyakarta dan resepnya sudah diturunkan hingga empat generasi. Dengan sajian gudeg kering, pengunjung bisa membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh atau dinikmati langsung di lokasi. Oh ya, warung ini kerap memperbolehkan wisatawan ke dapur dan menyaksikan proses pembuatan gudeg.

Beralamat di  Jalan Wijilan No. 31 Panembahan, Kraton, Panembahan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 30.000 an saja per porsinya.

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon [image source]

Kalau gudeg lain buka pagi buta dan kerap dikonsumsi sebagai sarapan. Gudeg Pawon justru buka nyaris tengah malam atau pukul 22.00 WIB. Dengan lokasi jualan di pawon (dapur), puluhan orang siap antre untuk menyantap gudeg manis lengkap dengan sambal goreng krecek, ayam, dan juga cabai hijau yang bisa diceplus bersama nasi.

Alamatnya di l. Janturan UH/IV No. 36, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jam operasional hanya 2 jam saja, yaitu pukul 22.00 – 24.00. Tempat ini cocok dikunjungi saat anda melakukan perjalanan malam hari di Jogja dengan harga yang cukup murah, hanya Rp 30.000 an saja per porsinya.

4. Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto

Gudeg Mbah Marto
Gudeg Mbah Marto [image source]

Konsep jualan dari kedai ini nyaris sama dengan Gudeg Pawon. Pengunjung yang datang bisa langsung ambil makanan di dapur sesuai dengan keinginan. Kamu bisa makan gudeg tradisional dengan tambahan telor atau ayam, kemudian menyantap nikmatnya mangut lele yang memiliki aroma sedap. Kalau kamu ingin mencoba makan gudeg campur mangut, bisa banget! Rasakan sensasi manis gudeg bercampur pedas dan gurihnya bumbu andalan Mbah Marto.

Alamatnya di  Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari pukul 11.00 hingga pukul 16.00 WIB saja harga yang ditawarkan sekitar Rp 30.000 an saja per porsinya.

5. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon
Gudeg Mercon Bu Tinah [image source]

Kebanyakan gudeg di Yogyakarta menonjolkan rasa manis dan gurih, tapi buatan Bu Ngatinah justru memberikan rasa pedas yang menggigit. Seporsi menu dari warung yang telah berdiri sejak 1998 ini terdiri dari gudeg yang tidak terlalu manis, krecek super pedas dengan irisan cabai, tumis sayur, dan lauk yang bisa disesuaikan dengan selera.

Beralamat di l. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan jam buka pada malam hari, yaitu pukul 21.00 hingga 01.00 WIB, harga per porsinya lebih murah dibanding gudeg yang lain. Hanya dengan Rp 25.000 saja, kalian bisa mencoba gudeg mercon ini.

6.  Gudeg Bu Tjitro “1925”

Gudeg 1925
Gudeg Bu Tjitro [image source]

Gudeg Bu Tjitro menyediakan dua cara menikmati gudeg. Pertama dimakan langsung di lokasi yang suasananya cukup bersih dan luas. Kedua dengan dibawa pulang dalam bentuk oleh-oleh. Gudeg sudah dikemas dalam kaleng sehingga keawetannya sangat terjamin. Kalau kamu makan di sana, nikmati satu kepal nasi punel ditambah gudeg setengah kering, ayam bumbu santan kuning dan juga krecek agak pedas.

Alamatnya di Jalan Janti No. 330, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jam Operasional mulai pukul 08.00-22.00. Harganya sekitar Rp35.000-Rp50.000,00 per porsi

7. Gudeg Bu Lies

Gudeg Bu Lies
Gudeg Bu Lies [image source]

Gudeg Bu Lies termasuk salah satu warung tertua di Yogyakarta. Nyaris sama dengan Yu Djum, hidangan di sini cenderung lebih kering dari biasanya. Kamu harus menikmati gudeg ini langsung di tempat atau membawanya dalam bentuk oleh-oleh. Satu kaleng dengan berat 300 gram sudah berisi gudeg manis, telor, dan ayam bacem siap santap.

Alamatnya Jl. Wijilan No.5, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jam operasional yang cukup pagi, yaitu pukul 05.00-22.00. Harganya sekitar Rp35.000,00 per porsinya.

8. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan
Gudeg Sagan [image source]

Gudeg Sagan yang sangat nikmat ini memiliki rasa pedas langsung dari bumbunya. Tidak diberi sambal goreng krecek tapi tetap ada baceman dan menggunakan telor bebek sehingga rasa gurihnya semakin terasa. Terakhir, ayam dengan bumbu kuning kental bisa menjadi pelengkap yang sempurna.

Alamat : Jalan Professor Dr Herman Yohanes No.53, Caturtunggal, Kec. Depok, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasional mulai pukul 11.00-24.00. Harganya sekitar Rp30.000,00

9. Gudeg Manggar Ibu Jumilan

Gudeg Manggar
Gudeg Manggar Ibu Jumilan [image source]

Gudeg manggar yang dijual oleh Ibu Jumilan ini sangat khas dan salah satu yang terbaik di Yogyakarta. Buka sejak pukul 05.00, menjadi menu sarapan paling tepat sebelum menjalani aktivitas. Oh ya, kalau kamu mengunjungi Yogyakarta, cobalah meluncur ke warung yang menyajikan gudeg dari manggar, suwir ayam, krecek pedas, dan juga seporsi mangut lele yang rasanya yahud.

Beralamat di Jalan Srandakan Km.8, Mangiran, Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasional : 05.00-14.00. Harganya sekitar Rp25.000,00 saja.

10. Gudeg Batas Kota

Gudeg Batas Kota
Gudeg Batas Kota [image source]

Sedang berada di perbatasan kota Yogyakarta dan Solo di malam hari. Silakan mampir ke Gudeg Batas Kota yang baru buka pada malam hari. Di kedai kaki lima yang sederhana ini kamu bisa menyantap gudeg lengkap yang unik dan nikmat. Setelah pesanan diterima, silakan makan sambil lesehan ditemani teh atau jeruk anget yang juga tersedia di sana.

Beralamat di Jl. Laksda Adisucipto No.29-39, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasional : 21.00-03.00 WIB, dan harganya sekitar RP 30.000 an saja.

Inilah rekomendasi gudeg di Yogyakarta untuk kulineran bareng keluarga. Semoga bisa menambah referensi kulinermu ya!