Apasih yang menarik dari gumuk pasir?

Paket Wisata Bantul – Ada yang pernah mendengar apa itu gumuk pasir? Gundukan pasir yang ada di Parangkusumo Bantul ini menjadi kebanggaan warga yogyakarta. Sebab, gumuk pasir seperti ini hanya ada segelintir jumlahnya di seluruh dunia.

Mayoritas wisatawan hanya tahu bahwa Gumuk Pasir Parangkusumo unik dan bisa digunakan untuk sandboarding. Namun, ada beberapa fakta unik terutama secara geologis yang membedakan Parangkusumo dengan gumuk-gumuk pasir lainnya.

Ingin tau fakta menarik tentang gumuk pasir Parangkusumo? barikut faktanya

Tipe Barchan

Gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo. Meski namanya Gumuk Pasir Parangkusumo, tulisan besar di gerbang masuknya adalah “Gumuk Pasir Barchan”. Rupanya, barchan merujuk pada jenis gumuk pasir tersebut.

Istimewa dan Langka

Terdapat satu fakta yang menarik dari Gumuk Pasir Parangkusumo: tipenya barchan, tetapi iklimnya tropika basah. Hal inilah yang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo langka. Gumuk pasir ini bahkan seharusnya tidak terbentuk karena iklimnya yang tidak sesuai. Inilah yang membuat Gumuk Pasir Parangkusumo istimewa dan langka.

Satu-satunya tempat sandboarding di Asia Tenggara

Meski gumuk pasir tersebar di Indonesia, Vietnam, dan Filipina, hanya Gumuk Pasir Parangkusumo yang menjadi lokasi sandboarding. Dengan merogoh kocek Rp 70.000, wisatawan bisa menyewa papan untuk sandboarding sepuasnya. Harga itu sudah termasuk pemandu yang sigap mengajarkan cara meluncur dari gundukan pasir.

Itu tadi beberapa hal menarik dari gumuk pasir Parangkusumo. Jika kalian sedang berkunjung ke Jogja jangan lupa mampir ke tempat ini ya!