Hal yang Harus Diperhatikan saat Berburu Sunset

Para travelling pasti tidak hanya mengunjungi obyek wisata saja, tetapi mereka juga menikmati suasana lain dari wisata yang mereka kunjungi.Biasanya mereka melakukan hal seru satu ini, yaitu berburu matahari terbenam atau biasa disebut sunset. Ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berburu sunset.

Cuaca

Cuaca berpengaruh besar terhadap bagus tidaknya bulatan matahari saat terbit atau terbenam. Seringkali awan menutupi sebagian atau seluruh bulatan matahari sehingga hanya tampak lembayung mewarnai awan. Lebih parah lagi bila cuaca hujan apalagi disertai guntur, acara pemotretanpun bisa bubar jalan.

Posisi

Posisi matahari harus di belakang laut jika mengambil foto dari pantai atau gunung jika mengambil foto di kaki bukit. Hal ini berarti pantainya harus menghadap ke timur untuk pengambilan foto sunrise atau barat untuk sunset. Yang membingungkan bila pantainya menghadap ke selatan atau utara, baik sunset maupun sunrise ada di sisi kiri atau kanan pantai. Hal ini tentu menyulitkan karena harus mengambil foto dari sudut, tidak bisa straight lurus ke depan.

Waktu

Kita mengambil saat sore hari menjelang petang, jadi banyak orang beredar sehingga sulit mengambil gambar dengan bersih tanpa terlihat sosok manusia atau sampah yang bertebaran. Kadang saya harus berebut posisi dengan fotografer lain di salah satu sudut agar bisa mengambil gambar yang paling keren.