Penginapan

Penginapan merupakan hal terpenting saat kita melakukan kunjungan wisata ke kota lain. Di Jogja ada banyak sekali penginapan dengan harga yang bervariasi. Berikut daftar penginapan murah yang ada di Jogja.

1. Wake Up Home Stay

Wake Up homestay ini penampakannya kayak hostel-hostel di luar negeri yang keren, bersih dan private karena ada gorden-nya. Jenis kamar di sini semuanya dormitory, gak ada yang private. Ada dormitory yang isinya 4 bed, ada juga yang isinya 10 bed, juga tersedia dorm khusus wanita. Harga per bed-nya IDR 135.000,- sudah termasuk sarapan. Disini juga ada roof top buat santai-santai sore hari. Lokasinya deket banget sama stasiun Kereta Api Tugu, tinggal jalan kaki 5 menit. Dekat juga dengan malioboro dan tempat-tempat kuliner favorit.

2. Adhisthana Hotel

Selain menyediakan private room, Adhisthana Hotel juga menyediakan Dormitory yang terdiri dari Male dorm dan Female dorm seharga IDR 125.000,- sudah termasuk sarapan. Lokasinya di jalan Prawirotaman yang terkenal sebagai kampung bule dan kafe-kafe kekiniannya, dan makin ngehits setelah dipake lokasi syuting-nya AADC2.

3. Edu Hostel

Edu Hostel ini kayaknya hostel paling populer di Yogyakarta. Selain karena harganya yang murah banget (dorm-nya cuma seharga IDR 80.000 per bed, private room untuk ber-4 seharga IDR 460.000,- termasuk sarapan), tapi hostel ini gak murahan. Tempatnya bagus banget dengan interior plus furniture berwarna-warni, kamar mandinya bersih, lokasinya strategis, dan fasilitasnya lengkap bahkan ada roof top dan kolam renang segala. Dorm-nya terdiri dari Female dorm dan Male dorm.

4. Bhumi Hostel

Kalo baca-baca di beberapa situs booking hotel, Bhumi hostel ini sangat direkomendasikan karena lokasinya yang strategis dan suasana-nya yang homey. Private Room-nya seharga IDR 260.000,- dan Dorm-nya seharga IDR 135.000,- per bed. Ada juga 6 bedroom deluxe seharga IDR 690.000,- bagi yang perginya rame-rame ber-6.

5. Sae Sae Yogyakarta

Termasuk salah satu hostel yang harganya dibawah 100 ribu. Kamar dormitory-nya masing-masing isinya 4 bed (mixed dorm), dengan harga IDR 90.000,- per bed termasuk sarapan. Kamar yang ada di sini gak terlalu banyak, hanya 5 kamar makanya sering penuh. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan stasiun dan malioboro.