HUTAN PINUS JUMPRIT TEMANGGUNG

Hutan Pinus Jumprit Temanggung – Siapakah diantara kalian yang pernah ke Temanggung? Hawanya dindin-dingin gimana gitu kan? hehe Temanggung adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Temanggung sangat identik dengan pemandangan pegunungan yang menawan. Salah satu tempat wisata di Temanggung adalah hutan pinus jumprit. Yuk kepoin wisata alam hutan pinus jumprit!

Tempat Suci yang Memiliki Sejarah Menarik

Mata Air di Umbul Jumprit

Jumprit sebenarnya sebuah sumber mata air di Kecamatan Ngadirejo. Setiap tahunnya, air di sini digunakan untuk upacara Waisak yang diadakan di Borobudur. Tak hanya itu, pemeluk agama Buddha dari berbagai tempat dan negara datang ke sini untuk mengambil air suci. Sumber air bagi Sungai Progo ini diyakini pernah menjadi tempat semedi Ki Jumprit atau putera Prabu Brawijaya hingga akhir hayatnya. Bersama dengan seekor monyet yang bernama Ki Dipo, ia memutuskan meninggalkan keraton lantaran perseteruan politik antara ajaran Suwa-Buddha dan agama Islam yang baru masuk di tanah Jawa.

Pintu masuk Umbul Jumprit

Destinasi Wisata di Tengah Hutan Pinus yang Asri

Pemandangan di Umbul Jumprit

Jumprit awalnya hanya diketahui oleh peziarah yang mengunjungi makam Ki Jumprit. Namun, sekitar tahun 90-an mulai dilirik oleh wisatawan. Bahkan Pemkab Temanggung menetapkan kawasan tersebut sebagai kawasan wana wisata. Hingga saat ini, pengunjung tak hanya ingin berziarah atau membasuh wajah dengan air di Jumprit. Namun, mereka juga asik menikmati hutan pinus yang asri. Apalagi di sudut lain juga terdapat pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Nah, kamu yang rindu dengan alam, boleh nih liburan ke Jumprit.

Hutan Pinus di Umbul Jumprit

Ngopi Asyik atau Kemping di Jumprit

Warung kopi di Jumprit

Desa wisata yang berjarak 26 kilometer dengan pusat kota ini tak hanya menawarkan pemandangan hutan pinus mengagumkan. Di sudut lain terdapat sebuah kedai kopi yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Seperti kafe kece di Dago, Bandung, warung satu ini menyediakan tempat nongkrong yang asyik dengan udara segar. Selain minum kopi, beberapa wisatawan juga banyak yang memilih kemping di sini. Yap, pengelola wisata alam Jumprit menyediakan tempat untuk berkemah. Wah, berminat untuk bermalam di sini?

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com