Indahnya Air Terjun Tuwondo Yogyakarta

Paket Wisata Bantul – Daerah Bantul Yogyakarta sangat terkenal dengan wisata air terjunnya. Speperti air terjun Tuwondo ini yang sangat indah dan alamiah. Keunikan air terjun ini memiliki endapan tanah yang tidak hanyut di dasar aliran air terjun. Nah berikut sekilas tentang indahnya air terjun Tuwondo Yogyakarta.

Asal Usul Air Terjun Tuwondo

Asal usul nama dari Air Terjun Tuwondo ini berasar dari kata “tu” yang mempunyai arti watu alias batu dan kata “ondo” yang mempunyai arti tangga. Disebutkan seperti itu karena air terjun ini bertingkat dan menyerupai tangga. Air terjun ini mempunyai bentuk air terjun dengan tingkat tiga dan terbelah menjadi dua aliran. Pada setiap tingkatannya mempunyai ketinggian sekitar 3 sampai 5 meter.

Cuaca sangat mempengaruhi debit air yang ada di Air Terjun Tuwondo. Jika musim hujan, aliran air akan deras dan terlihat sangat indah. Namun jika musim kemarau air terjun ini kering nyaris tanpa air. Air Terjun Tuwondo ini memang tidak begitu jernih jika dibandingkan dengan air terjun  yang ada di Bantul lain atau Kulon Progo. Di kawasan ini air berwarna sedikit kecoklatan merah akibat terdapat partikel halus dari tanah merah yang banyak terdapat air terjun.

Image result for air terjun tuwondo jogja"

Lokasi Air Terjun Tuwondo

Lokasi Air Terjun Tuwondo ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung menuju Air Terjun Tuwondo. Namun lokasi Air Terjun Tuwondo ini lumayan jauh dengan pusat kota Yogyakarta.

Alamat Air Terjun Tuwondo tepatnya berada di Kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan, Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket dan Parkir Air Terjun Tuwondo

Karena objek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat dalam hal ini adalah pemuda karangtaruna, maka di kawasan ini tidak memiliki biaya resmi untuk masuk maupun parkir di wisata Air Terjun Tuwondo ini. Sebagai gantinya para pengunjung akan membayar biaya seikhlasnya untuk memajukan kawasan wisata Air Terjun Tuwondo ini.

Image result for air terjun tuwondo jogja"

Fasilitas Air Terjun Tuwondo

Kawasan Wisata Air Terjun Tuwondo ini belum memiliki kelengkapan fasilitas yang cukup. Disini hanya terdapat beberapa tempat duduk panjang yang terbuat dari bambu yang disediakan untuk istirahat dan duduk-duduk para pengunjung. Meskipun fasilitas disini masih tergolong minim, di sekitar lokasi Air Terjun Tuwondo ini masih ada kamar mandi umum yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Itulah sekilas tentang air terjun tuwondo, semoga bermanfaat.,